Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Dampak Negatif Penggunaan Sosial Media Berlebihan

Dampak Negatif Sosial Media

Sosial Media merupakan hal yang lumrah saat ini. Banyak sekali yang menggunakan sosial media, baik itu kalangan tua sampai kalangan muda. Sosial Media yang dimaksud Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter, Memang menggunakan sosial media bisa menjadi penggunanya tahu apa yang trend. Tetapi ada juga efek negatifnya. 

Sosial Media sebenarnya memiliki dampak positif. Misalnya bisa digunakan untuk media promosi,  media komunikasi dengan teman lama,  Atau bisa juga mencari sumber inspirasi dan juga  mencari hiburan. Apa jadinya bila menggunakan sosial media secara berlebihan. Tentunya ada dampak negatif yang merugikan, Ini dia daftarnya : 

1. Depresi dan Anxiety 

Sosial Media sebagian besar menampilkan sisi sempurna. Tidak ada orang yang memposting saat-saat dirinya sedang terjatuh dan bersedih. Tetapi bila kita menghabiskan waktu untuk melihat hal tersebut (kesempurnaan orang lain).  Maka suasana hati akan merasa semakin buruk.

Karena kita membandingkan hidup kita dengan hidup sempurna milik orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain bisa meneyebabkan kecemasan dan depresi. Ada tekanan psikologis yang membuat kita merasa rendah diri. Kurangi penggunaan sosial media, maka bisa mengurangi depresi dan anxiety. 

2. Pola Tidur Tidak Sehat

Sejumlah penelitian juga mengatakan bahwa, menggunakan terlalu banyak waktu di media sosial bisa menyebabkan kekuarangan tidur. Penggunaan sosial media memberi dampak negativ pada kualitas tidur. 

Penggunaan ponsel dan memeriksa sosial media sebelum tidur cukup mengganggu. Mata dan pikiran akan terus bekerja mengolah informasi yang ada di sosial media. Maka dari itu akan susah tidur sampai pagi buta. 

3. Kecanduan Umum

Media sosial memiliki algoritma (pengaturan) agar banyak orang berlama-lama disitu.  Konsepnya mirip sekali dengan rokok dan alkohol. Saat kita sedang kosong atau bersedih, tinggal buka sosial media. Disana bisa saja menghibur, tetapi ingat waktu. 

Kalau sudah terbiasa menghibur diri dengan sosial media. Jangan sampai membuatmu ketagihan dengan hal tersebut. Sebab sama seperti alkohol dan rokok, susah dihentikan sekali kecanduan. Perlu waktu untuk kembali agar tidak kecanduan. 

4. Cyber Bullying

Dampak negatif sosial media lainnya adalah Cyber Bullying. Biasanya bullying dilakukan secara offline saja.  Tetapi  dengan perkembangan jaman, bullying bisa dilakukan dengan cara online.

Biasanya dengan menyerang sosial media. Komentar-komentar kasar dengan mengintimidasi fisik atau hal buruk lainnnya, bisa membuat korban menderita secara mental. Kejahatan cyber bullying bukanlah hal sepele. Saat ini sudah banyak yang menjadi korbannya.

5. Citra Tubuh Negatif

Filter adalah salah satu fitur yang  ada di Instagram. Memang tidak ada salahnya menggunakan fitur tersebut. Tetapi apa jadinya kalau membuatmu merasa tidak good looking. Hargailah dirimu apa adanya. 

Jangan pandang citra tubuhmu negatif. Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki sekarang. Secantik atau setampan apapun, kadang sosial media hanya memanipulasi pengelihatanmu. Tidak ada orang yang bangun pagi seperti supermodel.

Menggunakan sosial media itu boleh kok. Asalkan tahu aturannya dan tidak berlarut-larut. Karena kelima dampak diatas hanya beberapa saja dari dampak negatif menggunakan media sosial. Gunakan media sosial dengan bijak.