Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membeli buku di Google Play Store

Cara membeli buku di Play Store

Fun Fact : Membeli buku di Google Play Store cukup mudah dan tidak kalah dengan toko konvensional. 

Buku adalah salah satu sumber ilmu yang sampai saat ini penggunaanya masih digunakan. Bayangkan hidup tanpa pengetahuan yang ada di sebuah buku. Wah apa kabar peradaban dunia. Membeli buku itu bisa dimana saja kok. Mulai dari toko konvensional seperti Gramedia, sampai beli secara online.

Saran admin Penamorf, jangan beli buku online di marketplace di Shopee, Tokopedia, dan lainnya. Kenapa dilarang? karena kebanyakan buku bajakan. Kok bajakan? maksudnya ?

Jadi seorang penulis buku itu sudah ditentukan oleh penerbitnya. Mulai dari cetak buku, editor, sampai pemasaran dan penjualan,  penerbit memiliki peran disitu. Lalu yang jualan di marketplace seenaknya sendiri mengcopy buku dan mencetaknya, lalu menjualnya secara bebas. Disitulah ruginya penulis. 

Kenapa buku yang ada di toko resmi itu mahal? karena didalam sebuah buku ada yang namanya pajak, biaya cetak, royalti penulis, dan lain-lain. Pantas saja salah satu penulis ternama Indonesia seperti Tere Liye, J.S Khairen sering mencak-mencak di sosial media. Intinya jangan beli buku bajakan !

Cara mendapatkan buku murah tanpa beli bajakan : 

1. Pinjam

Ini cara yang paling enak dan paling murah. Kita bisa meminjam buku yang ingin kita baca. Dimana kita bisa meminjam? tentunya di perpustakaan atau kenalan. 

2. Membeli di Google Play Store

Nah ini cara yang baru admin coba. Ternyata membeli buku di Google Play Store bisa lebih murah loh. Karena tidak ada buku fisiknya alias e book. Enaknya membeli buku di Play Store adalah bisa dilakukan dimana-mana. Dan buku yang dibeli bisa dibuka dimana-mana, tanpa berat membawanya. 

Keuntungan membeli buku di Google Play Store :

Memang kekurangannya kita tidak bisa mendapatkan buku secara fisik.  Tetapi ada beberapa kelebihan dari membeli buku di Google Play Store.  Berikut adalah kelebihannya : 

1. Harga lebih murah 

Nah ini yang pasti sih. Siapa yang ga suka harga miring. Kalau beli di toko langsung, harganya pasti mahal. Setidaknya lebih dari 15% dari harga buku yang ada di Play Store. Patut banget kan jadi pertimbangan. Hitung-hitung jadi hemat. 

2. Tidak menggunakan kertas

Tahu kan kalau kertas itu dari pohon. Memang tidak semua penerbit menggunakan kertas baru, ada juga yang menggunakan kertas daur ulang.  Dengan membeli buku secara digital, maka sama saja dengan mengurangi penggunaan kertas. 

3. Bisa dibayar dengan berbagai metode

Asiknya membeli di Playstore adalah bisa membeli dengan berbagai metode pembayaran. Dengan Google Play Store bisa membayar melalui kartu debit atau kartu kredit.  Bisa juga dibayar melalui indomart dan alfamart. Atau menggunakan dompet digital DoKu.  

Bagaimana cara membeli buku di Google Play Store ? 

Berikut ini adalah cara yang bisa diikuti untuk membeli buku di Google Play Store.  Tenang aman kok :

1. Pertama gunakan Akun Gmail

Ya namanya juga Google Play Store pasti menggunakan Gmail. 

2. Masuk ke Play Store


Setelah itu masuk ke Play Store, gunakan Gmail yang ada. Pilih bagian Buku di area bawah. 

3. Pilih buku yang akan dibeli

Cara membeli buku di Google Play Store
Selanjutnya cari buku yang akan dibeli di area telusuri

4. Klik Beli

Bayar
Setelah mencari buku dan memilihnya. Maka langkah selanjutnya adalah klik buy atau beli. Kemuadian akan tampil seperti dibawah : 

Pilih Metode pembayaran yang mudah: 

Tinggal bayar, dan kelar (selesai)

Mudah bukan untuk membeli sebuah buku. Tenang tidak ada penipuan kok. Yang penting belinya di Google Play Store. Selain murah, tentunya terpercaya dan tidak perlu ke toko buku. 

Sekedar sharing, beberapa waktu lalu admin membeli sebuah buku di Google Play Store. Transaksinya menggunakan kartu debit. Kalau ada opsi ovo, pasti lebih memilih Ovo. Ternyata menggunakan kartu debit cukup mudah. Tidak perlu masukan kode OTP.  Tinggal masukan nomor kartu dan kode CCV. 

Membicarakan buku yang  admin beli. Buku itu ditulis oleh mbak T. Ya mbak T adalah seorang traveler terkenal di Indonesia. Nama bukunya adalah "The Naked Traveler 8, The Farewell". Buku itu berisi tentang perpisahan dari seorang traveler terhadap penggemarnya. Kemungkinan buku itu adalah seri terakhir. 

Banyak kenangan  dari buku yang terakhir itu. Terimakasih, dari buku tersebut  banyak pelajaran. Bahwa hidup ini memiliki ketidakpastian. Perjalanan panjang yang berliku, tiada henti sampai berakhir untuk dikenang.