Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapakah Agatha Christie ?


Penamorf -  Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan dilindungi Tuhan selalu. Kali ini admin lagi mengulik seorang Tokoh yang cukup terkenal dan datang dari abad 18. Namanya cukup dikenang karena memiliki karya yang luar biasa  dan pernah meledak di pasaran. 

Bayangkan pada tahun 1900-an. Ada seorang penulis individu yang berhasil menjual lebih dari 100 juta buku terjemahan berbagai bahasa di seluruh dunia. Agatha Christie bahkan didapuk sebagai penulis terlaris sepanjang masa untuk kategori misteri. 

Terus sebenarnya siapa si seorang Agatha Christie? Selain sebagai penulis terkenal bagaimana kehidupannya? Ini dia kisahnya : 

1. Biografi kecil Agatha Christie

Agatha Christie memiliki nama asli Dame Agatha Mary Clarissa Christie. Agatha merupakan perempuan kelahiran 15 September 1890.  Latar belakang Agatha Christie  berasal dari keluarga yang berkecukupan. Orang tuanya memastikan  Agatha mendapatkan pendidikan secara privat. 

Yang mana memudahkan orang tuanya untuk mengawasi bagaimana perkembangan Agatha. Di usia 8 tahun, Agatha sudah bisa belajar membaca. Sejak bisa membaca, Agatha kecil menjadi kutu buku dan menikmati berbagai karya novel ciptaan novelis terkenal kala itu. 

Kondisi berubah ketika Agatha menginjak usia 12 tahun. Dimana ayahnya meninggal karena penyakit ginjal. Alhasil kondisi keuangan mulai goyah dan dengan terpaksa Agatha pindah ke sekolah dengan sistem asrama. 

2. Selesai pendidikan pindah ke Mesir

Pada tahun  1907, Agatha Christie kembali ke ibunya. Setelah lulus sekolah,  ibunya mengalami sakit. Pada akhirnya di awal tahun 1908, Agatha dan ibunya memutuskan pindah ke Mesir. Kala itu Mesir masih dibawah kekuasaan Inggris dan menjadi destinasi utama wisata kala itu. 

Saat usia 18 tahun, Agatha Christie menulis sebuah cerita pendek pertama dengan judul The House of  Beauty. Pada saat tinggal di Mesir, Agatha membuat novel berjulud Snow Upon the Desert. Sayangnya banyak penerbit yang menolaknya.

3. Novel Pertama yang terbit 

Pada tahun 1920, Perang Dunia ke-I masih berkecamuk. Kala itu pekerjaan Agatha menjadi seorang Apoteker. Dari pekerjaannya itulah, Agatha memiliki pengetahuan dan ketertarikan lebih tentang obat dan racun. 

Novel  pertama berjudul Misteri di Styles berhasil dirilis. Karya dengan judul itu membuahkan 30 seri novel  lain dan juga 5 kisah pendek dengan tokoh Detektif Hercule Poirot. Tokoh ini menjadi sosok yang berhasil mengangkat nama Agatha Christie

Selain tokoh Detektif Hercule Poirot, ada juga tokoh Miss Marple. Toko ini berhasil ditulis di 12 judul Novel. Karakter ini yang berhasil membuat nama Agatha Christie semakin terkenal dan memberi warna tersendiri. 

4. Memecahkan Guiness World Record 

Tulisan Agatha Christie memang menjadi favorit dan menyihir banyak pembaca buku.  Pada tahun 1948, Agatha Christie berhasil mencetak 100 ribu eksemplar buku. Dan pada tahun 2020, total karya Agatha Christie tercetak lebih dari 2 miliar eksemplar dalam 44 bahasa. 

Dua tahun sebelumnya tepatnya tahun 2018, Agatha berhasil didapuk oleh Guiness World Record sebagai penulis terlaris sepanjang masa. 

5. Pernah dinyatakan menghilang selama 10 hari

Sebagai  penulis terkenal, Agatha sempat membuat media Inggris heboh. Bulan Agustus 1926, suami pertama Agatha bernama Archie meminta cerai Agatha. Hal tersebut membuat Agatha terpukul dan menghilang dari rumah selama 10 hari. 

Kabar tersebut membuat menteri dalam negeri Inggris mencari keberadaan Agatha. Total ada 1000 polisi dan 15000 sukarelawan yang dikerahkan. Ada yang berpendapat hilangnya Agatha karena ingin mempermalukan suami pertama dan ada juga yang mengatakan terkena gangguan jiwa.

Yap itu dia kisah Agatha Christie.  Beliau meninggal pada tahun 1976 di usia 85 tahun. Kematiannya meninggalkan karya yang sampai saat ini dinikmati banyak orang. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.