Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu sitelinks blog dan cara mendapatkannya ?



Penamorf - Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan bak-baik saja dan dalam lindungan Tuhan. Dunia bloging memang luar biasa luas. Setiap tahunnya ada yang selalu update, terutama ilmu SEO.

Hari ini admin lagi pengen membahas tentang sitelinks. Bagi blogger pemula pasti sedikit asing dengan istilah tersebut. Atau mungkin ada juga yang sudah tahu tapi bingung bagaimana caranya agar blog bisa punya sitelinks. 

Bagi yang sudah tahu tapi belum bisa memilikinya, semoga nanti bisa dapat sitelinks. Soalnya sitelinks itu bagus untuk blog. Dibawah ini adalah penjelasan detail tentang sitelinks 

A. Pengertian Sitelinks

Apa itu Sitelinks? Sitelinks merupakan daftar link internal blog yang muncul pada landing google page. Intinya kalau kamu ketik nama situs di google maka akan muncul situs tersebut bersama dengan link internal yang ada dibawahnya.

Contohnya adalah seperti sitelinks milik blog Penamorf yang ada dibawah ini.
Sitelinks


Semakin tinggi jumlah link yang ada maka semakin bagus. Saat ini Penamorf memiliki 6 link pada sitelink. Maksimal link pada sitelink adalah 10 buah. 

B. Manfaat dari sitelinks

Ada beberapa manfaat dari memiliki sitelink blog. Dengan adanya sitelink, blog akan semakin diuntungkan dari segi trafik. Selain trafik, berikut adalah manfaat dari sitelink : 

1. Blog memiliki kualitas

Blog juga akan dinilai oleh mesin pencari Google. Blog yang memiliki kualitas tentunya memiliki ciri-ciri khusus. Misalkan tampilan menarik dan kecepatan blog tidak lambat. Selain itu memiliki visitor yang stabil atau meningkat. Dan tentu saja konten yang disediakan juga menjawab pertanyaan orang yang Googling. 

Sitelinks merupakan hadiah dari Google. Tidak semua blog dapat. Apabila  kamu punya blog dan mendapatkan hadiah sitelinks dari Google. Artinya blogmu punya kualitas tersendiri dimata Google. 

2. Menaikan trafic 

Ternyata salah satu dampak dari sitelinks blog adalah menaikan trafic. Kenapa bisa begitu? Alasannya adalah judul link yang menarik akan memancing orang untuk mengklik tautan tersebut. Dengan begitu wajar kalau trafic meningkat berkat adanya sitelink. 

3. Meningkatkan kepercayaan pengunjung 

Logikanya seperti ini. Google saja hanya memberikan hadiah sitelinks kepada situs yang berkualitas. Tentu para pencari web juga akan memilih situs dengan sitelinks yang jumlahnya banyak. Selain itu pengunjung juga dimudahkan untuk mendapatkan informasi lainnya dari adanya sitelink.

4. Meningkatkan RKT atau CTR 

Ternyata dengan adanya sitelinks maka jumlah klik akan bertambah.  Konon pertambahan karena adanya sitelinks berkisar 30% dari trafic yang ada. Angka tersebut bisa dibilang lumayan besar dan mempengaruhi jumlah tayangan blog

C. Cara mendapatkan sitelinks dari Google

Admin pena sendiri tidak memiliki  trik khusus untuk mendapatkan yang namanya sitelinks. Tapi ada banyak kesamaan dari cara beberapa blogger yang mendapatkan sitelinks. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh supaya blogmu segera dapat sitelinks : 

1. Gunakan nama domain unik 

Nama domain unik ternyata membantu mendapatkan sitelinks lebih cepat. Admin sendiri lumayan lama untuk memikirkan nama domain blog ini. Tujuanya adalah supaya beda dan tidak mudah ditiru. Contoh nama domain unik yang terkenal adalah maxmanroe.com. 

Namanya memang tidak ada hubungannya dengan niche atau pembahasan blog. Tapi setidaknya mudah diingat. Hubungannya dengan sitelinks adalah mudah terdeteksi oleh algoritma. Misalkan kalau mengetik kompas, maka akan muncul situs kompas.com

2.  Kesesuaian judul artikel dan permalink

Judul artikel merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan dalam menulis artikel SEO. Kesesuaian judul dengan permalink juga jangan lupa untuk diperhatikan. Alasannya adalah blog akan lebih bagus secara SEO. 

Apabila blog kamu membahas tentang teknologi. Artikel kamu usahakan judul dan  permalink sama. Supaya algoritma Google mempercayai bahwa blogmu benar-benar membahas teknologi dan dikenal sebagai blog teknologi. 

3. Rajin-rajin update artikel

Artikel merupakan pondasi utama dari blog. Supaya blog cepat naik secara peringkat dan dipandang google sebagai situs aktif dan baik, maka update artikel blog harus diutamakan. Admin Pena sendiri menyarankan update blog rutin seminggu tiga kali. 

Kalau bisa dan sempat, usahakan update blog sekitar satu kali dalam satu hari. Dijamin akan lebih efektif dan mudah naik baik secara trafik maupun peringkat alexa

4. Atur menu navigasi dengan baik 

Menu navigasi merupakan deretan menu yang ada diatas maupun dibawah situs. Biasanya menu yang ada dibagian atas blog merupakan kategori artikel. Sedangkan menu bagian bawah biasanya berupa kontak, tentang kami, disklaimer, dan lain-lain.

Sebelum mendapat sitelink, sebaiknya kamu lengkapi dulu menu navigasi. Menu navigasi ini bisa muncul pada sitelinks. Dengan menyiapkan navigasi dengan baik, maka sitelinks bisa muncul suatu saat nanti. 

Yap itu dia pembahasan tentang sitelinks. Semoga bermanfaat buat teman-teman blogger yang ada diluar sana. Sekian dan Terimakasih :)