Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara meredam rasa insecure


Penamorf  - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Semakin dewasa kita semakin ingin mencapai banyak hal. Mulai dari ingin membeli rumah, ingin tampil glow up, ingin sukses di usia muda, ingin menikah, dan banyak ingin-ingin yang lainnya.

Rasa insecure sendiri merupakan rasa tidak nyaman pada diri sendiri. Tentunya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Mulai dari faktor trauma masa kecil, faktor keluarga, faktor kegagalan, dan banyak faktor lainnya. 

Rasa insecure bisa berdampak kepada kehidupan seseorang.  Mulai dari menjadi perfeksionis, merasa rendah diri, hingga bisa juga berujung isolasi diri. Berikut ini adalah 5 cara meredam rasa insecure secara efektif : 

1. Kurangi scroll sosial media 

Sosial media merupakan bagian dari hidup kita saat ini. Entah untuk mencari barang, membuat bisnis, hingga mencari konten yang postifi. Tapi sayangnya ada beberapa orang yang justru dengan membuka sosial media malah menjadi insecure. 

Rasa insecure tersebut  timbul karena konten yang dikonsumsi. Jadi orang yang melihat keberhasilan orang lain bisa ikut membandingkan dan cenderung merendahkan dirinya sendiri. Kurangi scroll sosial media dan follow akun yang bersifat positif

2. Sadarkan diri bahwa tidak ada yang sempurna

Menjadi diri sendiri adalah hak semua orang. Dan itu harusnya menjadi suatu pegangan yang tidak perlu dirubah. Kalu merasa ada yang salah segera perbaiki dirimu. Tapi jangan pernah menganggap dirimu lebih rendah dari orang yang lebih. 

Lebih kaya, lebih cantik, lebih banyak follower. Ingat tidak ada yang sempurna di dunia ini. Mereka yang lebih cantik belum tentu memiliki rezeki yang bagus. Mereka yang lebih banyak follower belum tentu bahagia hidupnya. Ingat dirimu berharga dan di dunia ini tidak ada yang sempurna. 

3. Dirimu itu juga berharga

Keberhargaan diri bukan hanya ditentukan bagaimana dirimu melindungi dan menghargai diri secara fisik. Tetapi juga bagaimana dirimu menghargai diri secara batin.  Dirimu juga berharga. Kamu bisa merasa berharga bila kamu menolong orang lain. 

Entah  sedekah, membantu ayah, hingga memiliki bisnis dan punya karyawan juga mengartikan kamu itu berharga.

4. Bahagiakan dirimu 

Membahagiakan diri bukanlah hal yang salah. Asal jangan keterusan dan menghamburkan banyak uang hanya demi membahagiakan diri atau self love. Cobalah sesekali bahagiakan dirimu dengan jalan-jalan ke suatu tempat bersama kawanmu.

Atau kamu juga bisa sesekali meditasi untuk membahagiakan jiwamu. Buatlah dirimu bahagia agar kamu mengurangi rasa insecure. 

5. Kelilingi dengan orang-orang tercinta

Salah satu cara mencintai diri dan meredam rasa insecure adalah dengan mengelilingi dirimu bersama orang tercinta. Mereka akan menyayangimu, meningkatkan rasa berharga, dan meingkatkan rasa percaya diri. Bersama mereka rasa insecure akan berkurang.