Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Kegiatan self healing yang bisa dijadikan rutinitas


Penamorf - Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Usia dewasa ternyata bukanlah masa yang indah seperti masa kanak-kanak. Ada banyak hal yang harus diperjuangkan. 

Perjuangan dalam bidang finansial, percintaan, spiritual, hingga kesehatan mental juga masuk list yang  wajib diperjuangkan. Dan sayangnya tidak semua orang bisa memperjuangkan semuanya secara bermasamaan. Yang paling sering dikorbankan adalah kesehatan mental. 

Mental seseorang menginjak dewasa ternyata dipengaruhi saat kita kecil. Bagaimana kita dididik, bagaimana mental kita dibentuk, dan masih banyak faktor lainnya.  Dan kadang trauma masa kecil juga mempengaruhi kondisi mental saat dewasa.  Trauma tersebut bisa dihilangkan dengan self healing. Apa itu self healing ? 

Pengertian Self Healing 

Self Healing merupakan suatu proses pemulihan dari trauma masa lalu  dengan melibatkan diri sendiri secara penuh.  Trauma dari masa lalu bisa beragam jenisnya. Mulai dari se*ual harassment, bullying, toxic positivity, bahkan KDRT juga bisa menjadi sumber trauma. 

Dan hebatnya ada sebuah fakta menarik yang perlu kalian ketahui. Bahwasanya tubuh manusia bisa menyembuhkan dirinya sebanyak 15 - 75% . Artinya apa ? Trauma masa lalu bisa disembuhkan dengan bantuan diri sendiri. Atau lebih dikenal dengan self healing. Terus seperti apa kegiatan self healing? Berikut pembahasannya :

Kegiatan Self Healing 

Beberapa kegiatan self healing dibawah ini semoga membantu sobat pena kedepannya. Perlu diingat bahwasanya self healing ini perlu dilakukan secara rutin. Agar kamu bisa menjadi lebih baik secara mental dikemudian hari. Dan bila kamu merasa self healing ini kurang membantu, jangan sungkan pergi ke profesional.  Berikut kegiatan self healing yang bisa dijadikan rutinitas sehari-hari :

1. Menulis 

Menulis merupakan hal yang sering disepelekan. Namun salah satu dampak dari menulis adalah bisa membuatmu fokus pada apa yang kamu tulis. Secara tidak langsung menulis sama saja dengan self healing. Kenapa bisa begitu ? Karena menulis menghindarkan kamu dari fokus ke hal negatif. 

Terus kira-kira menulis seperti apa yang bisa membantu untuk self healing. Semua tulisan yang kamu tulis bisa jadi bagian self healing. Namun ada baiknya kalau yang kamu tulis adalah jurnal emosi harian, apa yang kamu lakukan seharian, target harian yang dipenuhi, hingga apa yang akan kamu lakukan besok. Pasalnya menulis beberapa hal diatas bisa membuat pikiranmu fokus mengingat dan merencanakan hal positif. 

2. Meditasi

Ketenangan jiwa merupakan dambaan bagi banyak orang. Salah satu cara self healing agar bisa sembuh dari masa lalu adalah dengan menenangkan jiwa. Meditasi merupakan jawaban untuk membuat jiwa lebih tenang. 

Kamu bisa melakukan meditasi sekitar 15 menit sehari sekali.  Meditasi membuat dirimu hadir dimasa sekarang. Melepas semua beban dari masa lalu dan juga tuntutan pikiran dimasa depan. Jadi tenangkan dirimu dengan meditasi. Rasakan momen yang ada sekarang, tanpa beban dan lepas bebas. 

3. Mandi

Mandi ternyata bisa menjadi indikator kesehatan mental seseorang. Semakin parah depresi, biasanya orang akan jarang mandi. Padahal mandi merupakan salah satu cara self healing yang paling murah. Hal ini bila kita mandi, tubuh kita akan relaksasi. 

Ada sensasi melepas beban dan rasa penat setelah beraktifitas. Mandi dengan air hangat bisa membuat saraf dan otot akan lebih relaks. Sedangkan mandi dengan air dingin bisa meningkatkan kesegaran dan imun tubuh

4. Olahraga 

Olahraga juga bisa menjadu salah satu kegiatan self healing yang bisa dihadikan rutinitas. Alasannya adalah olahraga sendiri akan melepas hormon endorfin. Hormon endorfin sendiri merupakan hormon yang bertanggung jawab atas rasa bahagia. 

Kalau kamu malas olahraga. Bisa juga dengan jalan kaki ketempat sekitar rumah. Entah ke minimarket, ke taman, atau ke area gedung olahraga. 

5.  Mengeluarkan emosi negatif 

Emosi negatif memiliki banyak jenisnya. Mulai dari rasa marah, sedih, hingga benci juga bisa  termasuk dalam emosi negatif. Supaya tidak memendam emosi negatif, ada baiknya mengeluarkan semua emosi negatif  dengan menyalurkannya. 

Bagaimana cara menyalurkan emosi negatif ? Bisa saja dengan curhat dengan teman terpercaya. Atau boleh dengan  menangis. Atau bisa juga dengan latihan memukul / meninju samsak. Apapun emosi negatif itu, keluarkan saja dan jangan dipendam. 

Yap itu dia beberapa kegiatan self healing yang bisa dijadikan rutinitas. Self healing bisa membantumu bangkit dari trauma masa lalu. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.