Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pekerjaan Digital yang paling dibutuhkan


Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Memiliki pekerjaan idaman merupakan impian banyak orang. Dan kita pasti mendambakan pekerjaan yang sesuai dengan pasion kita. 

Selain itu kita sebagai manusia juga tidak mau bekerja diluar keinginan diri sendiri. Misalkan dipaksa orang tua menjadi PNS, dipaksa untuk kerja di pabrik, padahal hati  kecil merasa tidak cocok. Entah karena pekerjaannya atau lingkungannya. 

Di era digital ini ada banyak sekali pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi. Mungkin beberapa pekerjaan dibawah ini bisa cocok dengan apa yang ingin kamu cita-citakan. Ini dia daftar pekerjaan digital yang paling dibutuhkan :

1. Programer

Salah satu pekerjaan yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi adalah programer. Pekerjaan menjadi seorang programer bisa dibilang tidak mudah. Hal ini dikarenakan perlu menguasai beberapa skill penting. Salah satunya adalah dengan menguasai bahasa pemrograman. 

Programmer sendiri memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi. Mereka bisa bekerja di kantor atau di rumah sekalipun. Asalkan ada internet, mereka bisa bekerja dan tetap menghasilkan uang. 

2. Digital Marketer

Profesi selanjutnya yang memiliki prospek tinggi adalah digital marketer. Seperti yang kita tahu era digital mengubah banyak hal. Dahulu profesi marketing harus dilakukan secara offline. Dan saat ini profesi marketing bisa dilakukan secara online.

Pekerjaannya sendiri meliputi pengiklanan via platfrom sosial media. Sebut saja seperti Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok Ads. Selain itu mereka juga menggunakan akun sosial media untuk meningkatkan engagemen atau interaksi dengan pengguna sosial media

3. Desain Grafis

Keahlian menggambar bukanlah milik semua orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menuangkan imajinasi dalam bentuk gambar dengan baik.  Desain grafis juga kompleks. Perlu kreatifitas yang tinggi. 

Selain kreatifitas yang tinggi, tantangan desain grafis adalah patokan harga. Kadang ada klien yang meminta harga lebih rendah. 

4. Copywriter

Dibidang menulis ada juga profesi copywriter. Copywriter merupakan pekerjaan yang menugaskan untuk melakukan soft selling dengan tulisan. Bisa dibilang copywriter menggunakan teknik tulisan dengan membuat psikologis pembaca untuk menggunakan suatu produk. 

Tugas seorang copywriter adalah membuat konten produk pada web perusahaan atau web diluar perusahaan. Membuat slogan, iklan, dan hingga billboard. Konten sosial media juga bisa menjadi salah satu tugas copywriter. Perbedaan content writer dan copywriter bisa dibaca dengan klik link biru.

5. Data Analyst

Menurut beberapa sumber, sumber daya mahal selain minyak adalah data.  Data analyst merupakan sebuah profesi yang bersangkutan dengan banyak data. Dimana data tersebut diolah dan bisa disimpulkan menjadi laporan yang berguna bagi perusahaan. 

Kemampuan data analyst ini harus memiliki analisa yang kuat. Karena setiap keputusan yang diambil berdasarkan laporan data yang sudah dianalisa.