Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah-istilah dalam dunia Digital Marketing (Sosial Media)

sosial media marketing

Penamorf - Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam keadaan sehat selalu. Salah satu pekerjaan yang paling dicari dalam era digital adalah digital marketing.

Yap! Seperti yang kita tahu dengan adanya revolusi digital, tentunya pekerjaan versi lama akan digantikan dengan bantuan teknologi. Salah satunya dalam pekerjaan marketing, teknologi benar-benar membantu bidang pekerjaan yang satu ini. 

Pasalnya ada bantuan internet yang bisa mengiklankan produk atau jasa melalui berbagai saluran. Mulai dari iklan, endorse, content review, dan masih banyak lagi. Dalam dunia digital marketing ada banyak istilah asing yang harus kamu ketahui. Berikut adalah istilah-istilah yang ada didunia digital marketing : 

Social Media Marketing

Cost Per Action (CPA)  

Merupakan suatu istilah yang mengartikan apabila ada seorang target marketing  (user) berhasil melakukan sesuatu (action) maka penayang iklan (publisher) mendapat suatu komisi.  Action  yang dimaksud adalah mengisi formulir, membeli produk dan masih banyak lagi.

Cost Per Impression (CPI) 

Merupakan istilah yang digunakan untuk tarif yang dibayar pengiklan  untuk membayar per 1000 tayangan. Jadi per 1000 tayangan suatu iklan entah di platfrom seperti sosial media atau search engine (instagram ads, fb ads, google ads) ada harga tersendiri.

Lookalike Audiences

Adalah suatu istilah yang digunakan saat menargetkan  user sesuai dengan demografis dan ketertarikan user yang serupa dengan pengguna yang dimiliki. Cara ini sering digunakan karena bisa mencari target pelanggan yang potensial. 

Engagement Rate

Merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk tingkat interaksi antara user dengan akun sosial media, blog, atau youtube. Semakin banyak komentar, share, dan like, itu artinya semakin bagus engagement rate yang dimiliki

Click  Through Rate (CTR)

Merupakan jumlah pengunjung yang berasal dari tautan yang ada di situs lain, sosial media, email, hingga iklan di berbagai platfrom. 

Buyer Persona 

Buyer Persona merupakan istilah yang tidak asing dalam dunia digital marketing. Buyer persona merupakan suatu gambaran dari calon pembeli. Mulai dari jenis kelamin, alamat, usia,  hobi. Jadi ada tim reasearch yang harus bisa memiliki dan mengelola data calon pembeli.