Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana cara menemukan jati diri

bagaimana cara menemukan jati diri

Penamorf - Halo semua, bagaimana kabarmu ? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Menemukan jati diri adalah sebuah proses yang bagi beberapa orang bukanlah hal yang mudah. 

Sebelum mengenal orang lain alangkah baiknya mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Pasalnya kalau tidak mengenal diri sendiri, kamu akan menjadi orang lain. Dan menjadi orang lain itu belum tentu bahagia.

Pengertian Menemukan jati diri 

Menemukan jati diri adalah usaha seseorang untuk memahami karakter, sifat, kepribadian, kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. Proses mencari jati diri perlu waktu yang panjang dan penuh lika-liku. 

Bisa dibilang proses mencari diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Karena banyak percobaan dan kesalahan yang bakal ditemui. Proses ini akan menguras banyak tenaga termasuk kesehatan mentalmu

Jika kamu sudah mengenal dan menemukan jati diri. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa menentukan kebahagianan yang akan kamu ciptakan. Kamu akan membuka sudut pandang yang luas.  Hal-hal yang membuatmu stress dan banyak pikiran juga akan berkurang drastis. 

Cara menemukan jati diri

Kenali nilai yang ada pada dirimu 

Poin penting dalam menemukan jati diri adalah seberapa jauh kamu kenal dirimu sendiri.  Tes kepribadian akan sangat membantumu untuk mengetahui nilai-nilai yang ada pada dirimu.  Tes kepribadian memang tidak membawa hasil sempurna. 

Tetapi dengan hasil yang ada, setidaknya kamu tahu berbagai aspek yang ada didalam dirimu. Kamu akan terhindar dari pikiran negatif pada dirimu, karena kamu tahu nilai yang ada pada dirimu. 

Menemukan hobi

Menentukan hobi bisa menjadi salah satu cara untuk menemukan jati diri. Hobi bisa kamu temukan pada aktivitas yang bisa kamu lakukan dalam waktu lama tanpa merasa lelah. Dari hobi, kamu bisa memiliki banyak perubahan. 

Usahakan kamu memiliki 3 jenis hobi. Hobi yang membuatmu semakin sehat, hobi yang membuatmu semakin kreatif, dan hobi yang membuatmu semakin kaya. Jadi, sekarang tentukan hobimu!

Mengetahui jenis kepribadian yang ada pada dirimu

Apa jenis kepribadian yang kamu miliki? Menemukan diri sendiri tentu belum lengkap bila kamu tidak tahu apa kepribadianmu. Kepribadian sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu inrovert, ambivert, dan ekstrovert. 

Jika kamu belum tahu apa jenis kepribadian yang kamu miliki. Kamu bisa dibantu dengan tes MBTI. Apa itu test MBTI? Test Myers Briggs Type Indicators merupakan test yang bisa mengidentifikasi kepribadianmu. Tapi jangan jadikan hasilnya sebagai patokan absolut.

Mengenali performa produktif 

Setiap orang mengetahui performa profuktifnya masing-masing. Kapan kamu harus beristirahat? Kapan kamu bisa semangat bekerja? Ada dua tipe orang yaitu night owl dan early birds. 

Seorang early birds akan produktif dipagi hari sampai sore. Sedangkan seorang night owl akan produktif dari sore sampai pagi hari.  Mengenali performa produktid akan membantumu melakukan pekerjaan lebih efektif dan tentunya membantumu mencari jatidiri dalam pola kerja.

Ketahui kekuatan dan kelemahanmu

Gunakan waktumu untuk mengenal siapa dirimu. Menyendiri dan renungkan sebenarnya apa kelebihan dan kelemahanmu. Gunakan kelebihanmu untuk meningkatkan rasa percaya diri dan juga akui bahwa itu kelebihanmu.  Kelebihan itu ada berbagai macam mulai dari mengatur emosi, kecerdasan, karakter, komunikasi, dan kemampuan yang lain. 

Bagaimana dengan kelemahan? Akui saja kelemahanmu. Tapi jangan sampai kamu merendahkan diri. Fokuslah pada kelebihan yang kamu punya.

Bermimpilah dan capailah mimpimu

Salah satu yang membuat kita hidup adalah kita punya harapan dan mimpi. Dengan mimpi itu kita jadi tahu apa tujuan hidup yang sebenarnya. Bukan hanya mengehar karir dan kesejahteraan finansial. 

Tujuan hidul lebih ke pencapaian yang bermakna dan tentunya menjadi sarana yang bisa bermanfaat bagi seluruh umat manusia. 

Menyelesaikan masalah sendiri 

Dalam proses mencari jati diri, masalah akan datang bertubi-tubi. Cobalah selesaikan dengan sebaik mungkin. Jangan sampai kamu menghindari masalah. Semakin dewasa kita harus bisa menyelesaikan masalah tanpa harus kabur atau lari dari masalah itu. 

Jauhi mereka yang toxic

Dalam pencarian jati diri, apalagi dimasa labil, lingkungan sosial akan sangat berpengaruh. Perlu diingat tidak semua orang yang pernah dekat itu baik. Jauhilah tipe teman yang toxic. Teman yang tidak menerima dirimu apa adanya dan membuat dirimu merasa negatif.

Hidup ini jangan pesimis karena belum bisa menemukan jati diri. Jati diri sebenarnya ada pada dirimu dan perlu kamu cari lagi. Jati diri tertimbun oleh pikiran negatif, tekanan, dan obsesi semata.  Semoga bermanfaat