Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membangun blog di Medium


Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Bagi orang yang memiliki hobi menulis, blogging adalah kegiatan yang menyenangkan. 

Seorang Blogger bisa menghabiskan waktu lama berada didepan laptop. Entah untuk membaca artikel blog milik orang lain, mengedit teks artikel, hingga merapikan tampilan blog. Bagi kamu yang suka blog dengan tampilan bersih tanpa iklan, baiknya kamu ngeblog di Medium.com

Kenapa? 

Yap bener banget, di Medium.com tampilan blog sederhana tapi kualitasnya cukup bagus. Ini bukti blog admin Pena di Medium/Teodorus. Terus bagaimana cara membangun blog di medium

1. Buat akun terlebih dahulu 

Untuk membuat akun Medium sangat mudah. Ada dua syarat, yang pertama adalah kamu punya gmail/facebook dan kamu tahu apa ketertarikan kamu. Saat mendaftar, maka tahap pengisian seperti nama dan lain-lain akan ditanyakan.   Jangan lupa juga pasang foto wajah aslimu.

Setelah itu akan ada icon-icon berisi ketertarikan jenis bacaan. Mulai dari psikologi, ekonomi, fiksi, motivasi, dan masih banyak lagi. Saat memilih icon icon tersebut maka hasilnya nanti timeline medium menyesuaikan apa yang kamu suka.

2. Mulailah menulis

Menulis di Medium.com sangatlah mudah. Kamu bisa mulai dengan klik bagian profil lalu klik write. Tulislah seperti apa yang ingin kamu tulis. Jangan lupa atur ukuran tulisan. Mulai dari judul, sub judul, hingga gambar atau video pendukung. 

Semakin menarik tulisanmu maka semakin banyak juga apresiasi yang kamu dapatkan. Apresiasi di medium.com bisa dilihat langsung dalam bentuk clap atau tepuk tangan. 

3. Follow orang yang menurutmu menarik 

Berbeda dengan platfrom ngeblog yang lain. Selain tidak menampilkan iklan, Medium.com juga menawarkan fitur untuk saling follow satu sama lain. Kamu bisa follow orang-orang atau penulis yang karyanya bagus dan bisa dijadikan contoh inspirasi. 

Di Medium masih berkalu follow to follow. Artinya kamu masih punya peluang besar mendapat follower dengan cara memfollow orang lain. 

4. Menjadi member premium

Medium bukanlah platfrom sembarangan. Jadi Medium ini memiliki  program bagi anggotanya untuk menjadi member premium. Mereka mematok harga 5 Dollar atau setara dengan 70 ribu (kurs saat ini). Dengan menjadi member premium kamu bisa mengakses tulisan yang menarik  dari seluruh penulis medium. 

5. Tingkatkan engagement dan raih 100 follower pertama

Untuk meningkatkan engagement bagusnya tingkatkan kualitas tulisan dan juga tingkatkan frekuensi upload artikel. Pasalnya bila kamu melakukan keduanya maka statistik tulisan akan semakin naik dan naik.  Kamu juga bisa menjadikan medium sebagai platfrom untuk personal branding.