Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memilih laptop yang benar


Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Mengenai kehidupan di era modern, kita sudah familiar dengan yang namanya smartphone dan laptop. 

Keduanya memang diperlukan untuk membantu kehidupan kita. Mulai dari komunikasi dengan orang lain, persentasi pekerjaan, membuat laporan, hingga fungsi mencari hiburan juga bisa dari keduanya. Nah karena laptop merupakan sesuatu yang penting saat ini. Bagaimana kalau kita bahas cara memilih laptop yang benar.

Soalnya saat ini masih banyak kasus salah beli laptop. Banyak yang menyesal membeli laptop baru yang pertama dibeli. Gimana si cara memilih laptop yang benar? Yuk kita simak : 

1. Tujuan beli laptop

Jangan pernah kamu membeli barang tanpa tujuan. Apalagi hanya lapar mata saja atau ingin beli karena barangnya bagus. Pasalnya kalau kamu membeli suatu barang tanpa tujuan maka sama saja buang-buang duit. 

Sebelum membeli laptop. Pastikan kamu tahu kebutuhan yang akan terpenuhi oleh laptop yang kamu inginkan. Misalkan kamu butuh laptop untuk pekerjaan kantor, butuh laptop untuk editing, butuh laptop untuk gaming. Maka laptop yang akan kamu beli harus spesifikasi tinggi dan mahal harganya

2. Dimensi Laptop 

Kamu tipikal orang yang suka laptop besar atau laptop kecil. Laptop kecil biasanya memiliki ukuran 14 inch kebawah. Sedangkan laptop besar memiliki ukuran lebih dari 14 inch keatas. Kenapa harus memperhatikan dimensi laptop? 

Alasannya adalah menyesuaikan dengan kondisimu. Apakah kamu siap bawa laptop besar. padahal kamu orangnya males bawa yang berat. Atau kamu suka yang gede soalnya layarnya lebar dan leluasa. 

3. Spesifikasi (Prosessor dan RAM) 

Sektor dapur pacu merupakan salah satu hal utama yang wajib kita perhatikan. Misalkan kalau kamu ingin beli laptop untuk gaming pastikan RAM diatas 4 GB dan prosessor minimal Intel I5. Atau kamu cuma ingin beli laptop untuk nonton dan ngetik, maka kamu bisa pastikan RAM dibawah 4GB dan prosessor minimal Intel Celeron

Spesifikasi dapur pacu itu penting. Jangan sampai salah spesifikasi. Bisa-bisa nanti kinerjamu untuk editing di kantor keganggu. Atau kamu beli laptop spesifikasi tinggi padahal niatnya untuk pekerjaan ringan

4. Vendor atau Merk

Brand atau merk juga patut banget kamu pertimbangkan. Apakah kamu tipikal orang yang suka barang branded dan kesan mewah. Di Indonesia kamu bisa beli Apple sebagai produk yang memiliki kesan mewah. Atau kamu ingin membeli yang biasa- biasa saja tapi bagus. Kamu bisa pilih Acer, Asus, dan lainnya. 

5. Harga

Harga menjadi salah satu yang wajib banget kamu pertimbangkan. Kecuali kamu tajir melintir, beli laptop berapapun dan seperti apapun tidak masalah. Harga laptop brand yang satu dengan yang lain meski spesifikasi sama bisa saja berbeda. 

Dan biasanya tempat membeli laptop juga berpengaruh loh. Misalkan kamu beli di toko resminya, maka bisa saja nilainya lebih mahal. Intinya belilah harga yang sesuai dan jangan pernah beli laptop yang harganya tidak nalar. Misalkan laptop branded tapi harganya miring. Hati-hati, bisa saja laptopnya sudah diganti dalamnya.