Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan buka bisnis di marketplace


Penamorf -  Halo sobat Pena!  Seperti biasa, admin tidak pernah bosan mengucapkan semoga sehat dan dalam lindungan Tuhan. 5 tahun terakhir marketplace  di Indonesia bergerak dengan cepat. Pergerakan itu terliht dari meningkatnya jumlah transaksi dan meningkatnya pengguna marketplace. 

Marketplace sendiri menjadi opsi bagi para konsumen untuk mencari barang atau produk yang akan dibeli. Begitu pula pebisnis, datangnya marketplace menjadi suatu keajaiban sendiri. Karena ada banyak keuntungan. Tapi disisi lain juga ada kerugian menggunakan marketplace.

Terus apa keuntungan dan kerugian berbisnis di marketplace? Mari kita simak detailnya : 

Keuntungan bisnis di marketplace

Karena marketplace merupakan platfrom jual beli online yang bisa diakses banyak orang dalam satu waktu sekaligus, maka berikut adalah keuntungan bisnis di marketplace : 

1. Memiliki Niche yang jelas

Platfrom marketplace menyediakan banyak sekali kebutuhan bagi konsumennya. Kita bisa membuka bisnis dengan niche (jenis kategori) bisnis yang sudah jelas. Bahkan barang kerajinan tangan sudah memiliki niche sendiri di marketplace-marketplace yang ada di Indonesia. 

Keuntungan dengan adanya niche yang jelas adalah target market sudah pasti ada. Bahkan menjangkau semua penjuru negeri. 

2. Tidak perlu bermodal besar

Keuntungan utama dari mendirikan bisnis di marketplace adalah kita tidak memerlukan modal yang besar. Modal besar yang dimaksud adalah toko fisik (bangunan dan tanah), furnitur display, biaya listrik, dan lain-lain

Dengan menggunakan marketplace, membuka bisnis bisa meminimalisir modal yang bakal keluar nantinya. 

3. Bisa memantau perkembangan bisnis

Marketplace memudahkan owner bisnis untuk memantau perkembangan bisnisnya. Biasanya setiap marketplace memiliki analitik data. Mulai dari trafik, jumlah orderan, engagement, stok barang, dan lain-lain. 

Dengan mengetahui itu semua kamu bisa menentukan stok barang, harga barang, dan rencana kedepannya. Mungkin kamu bisa juga menentukan marketing untuk bulan depan. Misalkan bikin promo, giveaway, bonus, dan lainnya. 

4. Jangkauan lebih luas

Marketplace memungkinkan pemilik bisnis untuk menjangkau pasar yang jauh lebih luas. Jangkauan itu bukan hanya sekedar calon konsumen, melainkan calon supplier, calon rekan bisnis, dan lain-lain. 

Kamu juga bisa menjual barang yang jangkauannya mencapai seluruh negeri. Jadi jangan kaget kalau tiba-tiba ada orderan dari luar pulau yang jauh dari tempatmu tinggal. 

5. Tidak perlu takut kehilangan konsumen

Dengan marketplace yang dalam satu hari saja mendapat jutaan kunjungan. Kamu ak perlu takut produkmu tidak laku.   Menurut kominfo, jumlah pengguna marketplace di Indonesia sendiri mencapai 82 juta jiwa. 

Dalam satu tahun nilai transaksi di marketplace menyentuh angka 300 Triliun rupiah. Hal ini membuktikan masifnya pengguna marketpace. Marketplace sendiri secara tidak langsung mempromosikan produkmu ke calon konsmumen yang jumlahnya sangat banyak