Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah sukses Jeff Bezos


Penamorf- Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan.  Perkembangan teknologi membuat semua transaksi bisnis menjadi serba digital. Tak heran muncul banyak platform marketplace. 

Sebut saja seperti Amazon (Amerika Serikat), Alibaba( China), Rakuten (Jepang), JD.Com (China), Tokopedia (Indonesia). Dan yang paling besar nilainya adalah Amazon.com. Sebuah marketplace asal Amerika Serikat yang berhasil menjadi marketplace global. 

Pemilik Amazon.com sendiri merupakan orang terkaya ke-2 didunia versi majalah forbes. Kalian pasti tahu dong siapa namanya. Yap! Jeff Bezos, pendiri Amazon yang memiiki kekayaan miliaran dolar. Bagaimana kisah suksesnya? Mari kita simak :

1. Biografi Singkat Jeff Bezos 

Jeff Bezos memiliki nama asli Jeffrey Preston Bezos. Lahir pada 12 Januari 1964 di New Mexico, Amerika Serikat.  Saat ini posisi dari Jeff sendiri adalah sebagai Founder dan juga CEO dari Amazon.Inc. 

Amazon sendiri dahulunya hanya fokus menjual buku. Namun berjalannya waktu jenis produkya menjadi bermacam-macam. 

2. Pendidikan dan  Awal Karir

Jeff Bezos semenjak duduk di SMA ternyata termasuk siswa yang kreatif dan aktif. Hal ini dibuktikan dengan mendirikan  Dream Institute. Dream Institure sendiri merupakan sebuah wadah untuk promosi dan pengembangan ide kreatif siswa muda. 

Jeff Bezos melanjutkan pendidikan tingkat tinggi di Universitas Princeton dengan gelar dibidang teknik elektro dan komputer.  Setelah lulus, Jeff bergabung dengan Bank Investasi New York De Shaw &Co ditahun 1990.

Pada tahun itu perkembangan internet (Web) sedang berkembang begitu cepat. Setelah 4 tahun di Bank Investasi, Jeff Bezos memutuskan keluar dan bekerja dengan mendirikan Amazon. Amazon dibangun di garasi rumahnya . 

3. Pernah bekerja di Mc. Donald's 

Kehidupan orang sukses memang tidak 100% mulus layaknya jalan tol. Ada tanjakan, turunan, dan dinamika kehidupan yang harus dilewati.  Di usia 16 tahun, Jeff Bezos bekerja disebuah restoran cepat saji, Mc.Donald

Di Mc. Donald's inilah seorang Jeff belajar bagaimana melayani seorang pelanggan. Dan ternyata fokus terhadap pelanggan ini menjadi cikal bakal kesuksesan sebuah platfrom Amazon.

4. Pendirian Amazon 

5 Juli 1994 merupakan tanggal berdirinya Amazon. Perusahaan ini dimulai di garasi rumah Jeff Bezos dengan fokus menjual buku secara online. Sebenarnya nama yang dipilih pada awal pendirian bukan Amazon, melainkan Cadabra. 

Pendirian Amazon sendiri didukung oleh kedua orang tuanya. Orang tua Jeff sendiri menginvestasikan sekitar 300.000 USD untuk Amazon. Perkembangan Amazon semakin mantap meski banyak pakar bisnis bilang 70% memiliki potensi gagal. 

  • 1997, Amazon dibuat menjadi perusahaan publik melalui IPO. 
  • 1998, Amazon menjual musik dan video secara online
  • 2002, Amazon meluncurkan  Amazon Web Service
  • 2003, Amazon nyaris bangkrut namun berhasil bangkit dengan profit 400 juta USD
  • 2007, Amazon merilis Amazon Kindle
  • 2008, Amazon meraih profit 1 Miliar USD

5. Menjadi orang terkaya no.2 di dunia versi Forbes

Perkembangan Amazon sendiri juga tampak dengan mengakusisi banyak perusahaan. Sebut saja superkmarket Who Foods Market, situs Goodreads, situs film IMDb, marketplace Zappos, situs Alexa, live streaming platform Twitch, dan masih banyak lagi.

Pengakusisian perusahaan tersebut membuat kekayaan seorang Jeff Bezoss semakin tumbuh pesat.  Kekayaan seorang  Jeff Bezos saat ini mencapai 203 Miliar USD. Kekayaan tersebut membuatnya menjadi orang terkaya ke-2 di dunia.