Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Neo Bank?

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Beberapa hari yang lalu admin Pena sempat scrolling di TikTok. Banyak yang pamer transferan uang dari  sebuah aplikasi.  Nama aplikasinya adalah Neo+

Ternyata aplikasi Neo+ merupakan sebuah aplikasi keuangan perbankan milik Bank Neo Comerce. Kita bisa mendapat uang dengan menggunakan kode referal, bahkan saat mendaftar sudah dapat Rp.20.000.  Fenomena aplikasi keuangan perbankan dengan basis aplikasi ini sudah dibahas oleh seorang Youtuber bernama Dr. Indrawan Nugroho dengan judul "Serangan maut NeoBanks. Inikah Ending Perbankan?"

Disini admin Pena bakal mengupas mengenai Neobank. Apa itu? Bagaimana kerjanya? Kenapa ada Neobank? Ini dia pembahasannya :

1. Pengertian Neobank

Neobank adalah  bank digital yang tidak punya keberadaan fisik satupun dan seratus persen online. Di Indonesia sendiri ada beberapa neobank yang terkenal. Sebut saja seperti Neo+ (Bank Neo Comerce) dan  Jago  (Bank Jago). Di Amerika Serikat ada JUNO dan Axos.  Di Jepang ada Jibuan Bank. Dan masih banyak lagi

2. Perbedaan Neobank dan bank digital

Meskipun memiliki kesamaan yaitu hadir secara digital (online). Neobank dan digital bank sesungguhnya beda. Digital bank sendiri merupakan perpanjangan dari bank konvensional. Maksudnya? 

Mari kita lihat bank konvensional di sekitar kita. Sebut saja ada BCA dan Bank BTPN. Keduanya memiliki bank digital. BTPN memiliki bank digital bernama Jenius, sedangkan BCA memiliki BLU. Jadi bank digital ini tetap ada wujud fisiknya, meski memiliki nama yang beda.

3. Kenapa Neobank bisa bermunculan?

Seperti yang kita ketahui pada dasarnya setiap bank itu ada marketnya (nasabah). Dan tak heran supaya bisa memiliki banyak nasabah harus ada strategi khusus. Entah menawarkan fasilitas baru, atau memiliki biaya admin yang murah. 

Karena perang fasilitas ini, tak heran bank yang satu dengan yang lain saling sikutan.  Neobank hadir sebagai jawaban dari kemajuan teknologi finansial (fintech). Berhasil melangkah lebih maju dari bank konvensional. Yaitu menghadirkan fitur-fitur menarik. Misalkan bisa membuka lima tabungan sekaligus, fitur layanan mata uang asing, dan lain-lain. 

4. Kelebihan Neobank 

Meskipun Neobank sendiri belum 100% dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun pertumbuhan Neobank ini perlahan namun pasti. Harga saham Bank Jago dan Bank Neo Comerce naik diatas 200%. Tentu naiknya saham mereka tidak lain karena penggunanya mulai bertambah. 

Pertambahan pengguna ini, tidak lain didasari oleh  kelebihan fitur yang ditawarkan. Ini dia kelebihan Neobank  yang harus kamu ketahui : 

A. Memiliki suku bunga tinggi dan biaya layanan rendah

Neobank memiliki strategi umum. Yaitu dengan menekan biaya layanan serendah mungkin. Hal ini membuat  banyak pengguna baru yang bergabung. Neobank bisa menekan biaya layanan dan memiliki suku bunga tinggi karena tidak memiliki bank secara fisik. 

B.Keamanan yang unik

Karena neobank merupakan bank 100% akses secara online. Untik keamanan aplikasi sendiri sudah menggunakan teknologi tnggi. Mulai dari pembaca wajah, sidik jari. Bila keduanya baik sidik jari dan pembaca wajah tidak terdeteksi maka tidak bisa login atau melakukan transaksi

C. Tampilan yang menarik

Aplikasi bank Neobank biasanya memiliki UI (tampilan) yang menarik. Selain tampilan menarik pengalaman pelanggan juga menjadi hal yang utama. Dukungan teknologi membuat Neobank sangat perhatian terhadap aplikasi dengan tampilan rapi, mudah dipahami, dan nyaan digunakan.

D. Proses pendaftaran yang mudah dan cepat

Neobank sudah pasti bisa diakses di smartphone. Mereka tentunya mempermudah nasabah dalam pendaftaran. Terutama proses verifikasi data yang hanya perlu waktu beberapa jam saja. Selain pendaftaran, transaksi menggunakan Neobank juga cepat dan tidak memakan waktu lama

Yap itu dia Neobank. Sebuah revolusi teknologi dibidang finansial. Yang mana kedepannya bisa jadi mengubah kebiasaan kita menjadi generasi menggunakan uang digital.