Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian UI UX design dan perbedaan UI UX

pengertian UI UX dan perbedaannya

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Kali  ini admin Pena ingin membahas salah satu  jenis pekerjaan yang ada karena perkembangan teknologi.

Namanya adalah UI & UX designer. Nah keduanya baik UI dan UX ini kerap kali digabung karena saling berkaitan. Meski berkaitan pada dasarnya UI dan UX sendiri berbeda.  Kira kira apa bedanya UI dan UX? Apa definisi UI UX? ini dia penjelasannya  : 

Pengertian UI UX  Design

  • UI Design (User Interface Design), merupakan sebuah istilah untuk desain antarmuka yang difokuskan pada estetika tampilan dan pemilihan warna yang dipertimbangkan agar menarik dan nyaman digunakan oleh seorang pengguna (user). 
  • UX Design ( User Experience Design), merupakan istilah dalam membangun suatu situs atau aplikasi yang difokuskan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam berinteraksi dengan produk
Ada fakta bahwa istilah UI UX merupakan istilah baru. Istilah UI UX dicetuskan oleh seorang cognitive scientist  yang bekerja di Apple. Nama pencetusnya adalah Don Norman.

Apakah UI UX Design begitu penting ?

Penggunaan teknologi saat ini sangat erat . Berbagai aktivitas mulai dari pekerjaan hingga hiburan juga hampir 100% berkaitan dengan teknologi. Peran UI UX sangatlah penting untuk sebuah produk, baik itu situs atau aplikasi. 

Menurut beberapa survei. Banyak pengguna (user) yang pindah ke kompetitor karena desain UI UX terlaku jelek. Alhasil banyak perusahaan besar akhirnya fokus  pada UI UX produk yang akan diluncurkan

Perbedaan UI UX dari beberapa sudut pandang

Berbeda namun berkaitan. UI UX bisa dibilang saling melengkapi satu sama lain. Ibarat kecantikan tanpa kenyamanan, sama saja nilainya kosong.  Terus apa bedanya, ini dia penjelasannya : 

A. Fokus 

UI sudah jelas memiliki fokus pada teknis untuk menghasilkan desain antarmuka yang bagus.  Sedangkan UX lebih fokus pada manajemen dan analisa proyek melalui fase ideation, development, dan  delivery

B. Tujuan 

Tujuan UI UX beda. Sesuai dengan fokusnya, tujuan UI adalah menampilkan desain antarmuka yang bagus. Mulai dari pemilihan warna, font, gambar, gradasi, dan lain-lain. Initinya melalui UI, pengguna dibuat nyaman karena tampilannya menarik. 

Bagaimana dengan UX?  UX sendiri fokus pada experience user. Dimana UX Design dituntut agar bisa menjadi perantara UI design mampu kerja sama dengan sistem. 

C. Cakupan

UX memiliki ranah jauh lebih luas dibanding dengan UI. Sebelum penciptaan suatu produk baik itu situs atau aplikasi. UX harus melakukan riset mengenai audiens yang mana hasilnya nanti baru bisa menentukan langkah UI Design. 

Intinya UX Design menjadi latar belakang UI Design dalam menciptakan  tampilan suatu produk baik itu aplikasi atau situs. 

Berapa gaji UI UX Designer ?

Gaji UI UX Designer sendiri menurut situs ZipRecruiter cukup tinggi. Untuk kalangan junior berkisar 34.000 USD per tahun dan kalangan senior sekitar 109.500 USD. Angka tersebut merupakan angka yang dihasilkan dari survei pekerja UI UX Designer yang ada di Amerika serikat. 

Bagaimana dengan Indonesia?  Di Indonesia sendiri kembali lagi pada daerah dan juga perusahaan. Di Jakarta, penghasilan minimal seorang UI/UX Designer berkisar 7.000.000 sampai 14.000.000 dalam satu bulan.