Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah sukses CEO FTX

 

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Kali ini admin pena akan membahas salah satu tokoh terkenal di dunia crypto. Dulu admin Pena pernah membahas Vitalik Buterin. Salah satu pendiri Ethereum. 

Emang ada lagi tokoh sukses di dunia crypto? Jawabannya tentu saja ada. Dia adalah seorang CEO FTX. FTX sendiri merupakan sebuah tempat jual beli crypto di Amerika Serikat. Hebatnya perusahaan ini mencapai status decacorn dalam waktu 2 tahun saja. 

Siapakah CEO FTX yang dimaksud? Namanya adalah Sam Bankman Freid. Berikut adalah kisah sukses Sam !

Profil Singkat Sam Bankman Fried 

Sam Bankman Freid merupakan seorang pria kelahiran 6 Maret 1992 di California, Amerika Serikat. Sam saat ini menjadi founder dan juga CEO dari perusahaan FTX. Dia juga menjabat sebagai bagian dari managemen aset di Alameda Reaserch.

Kedua orang tuanya bukanlah orang biasa. Ibu  dari Sam sendiri bernama Barbara Fried, serang professor di sekolah hukum Stanford. Ayahnya, Joseph Bankman merupakan professor di tempat yang sama bersama istrinya. 

Masa kecil Sam Bankman Fried

Lahir dari keluarga dengan latar belakang pendidikan yang tinggi. Sam Bankman tentu mendapat pola didik yang sangat bagus. Di usianya yang ke-14 tahun, ibu Sam sudah tahu bahwa anaknya sangat tertarik dengan kesejahteraan sosial, matematika, dan fisika. 

Dengan ketertarikan yang begitu besar pada dunia sains dan matematika. Ibunya mengirim ke sebuah camp matematika terbaik di negaranya.

Pendidikan

Dengan bakat matematika, Sam akhirnya memutuskan kuliah yang tidak jauh dari ilmu matematika yaitu Fisika.  Sam kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dari 2010 sampai 2014. Gelar yang didapat adalah Bachelor Degree in Arts / Science

Karir

Setelah lulus kuliah. Layaknya fresh graduate lainnya, Sam juga memutuskan untuk bekerja. Meskipun kedua orang tuanya kaya raya, Sam  pada akhrnya memulai karirnya sebagai seornag Trader di perusahaan Jane Street. 

Disana Sam menghabiskan waktu 3,5 tahun. Sam memutuskan keluar perusahaan pada September 2017. Dari pengalamannya, Sam belajar mengenai analisa finansial. Selepas dari Jene Street, Sam gabung di Centre for Effective Altruism sebagai Direktur Pengembangan. 

Sayangnya hanya bertahan dua bulan saja. Dan setelah itu membuat perusahaan Alameda Research. Alameda Research mengelola lebih dari 100 juta aset digital dengan transaksi sekitar 1.5 miliar USD perhari.

Mendirikan FTX.com

Berkembangnya Alameda Research menjadi platform jual beli aset digital membuat Sam tertantang. Tahun 2019 dengan pengalaman Sam di Alameda, Sam memutuskan mendirikan perusahaan crypto yaitu FTX. 

FTX sendiris saat ini menjadi perusahaan crypto excange yang menyediakan banyak koin crypto. Dalam waktu satu tahun saja, FTX sudah berhasil meraih status Unicorn.

Masuk  Forbes 30 under 30

Keberhasilannya dalam bekerja dan membangun FTX membuatnya berhasil masuk 10 orang terkaya dibidang crypto. Kekayaannya saat ini ditaksir sekitar 9 Miliar USD diusianya yang masih dibawah 30 tahun

Dengan kekayaannya tersebut. Sam memanfaatkan kekayaannya dengan menyumbangkan ke berbagai organisasi kemanusiaan. Tentunya menjadi filantropis ini dipengaruhi pengalaamannya saat bergabung di The Centre for Effective Altruism