Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips belanja tanpa boncos banyak duit

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Bagi beberapa orang mengeluarkan uang untuk membeli barang merupakan hal menyenangkan. 

Malah ada yang menggunakan hal tersebut dengan kedok "self healing". Tapi ada pula yang akhirnya menyesal karena membeli barang yang tidak perlu dan menguras dompet. Gaya hidup seperti ini harusnya kamu jauhi. 

Kalau admin Pena sendiri, beli barang itu yang dibutuhkan saja. Jangan beli barang hanya keinginan. Karena yang dibutuhkan sendiri lebih penting.  Keinginan hanya nafsu semata saja. 

Dibawah ini ada 5 tips belanja tanpa boncos banyak duit : 

1. Membuat daftar prioritas

Salah satu cara untuk tetap bisa belanja tanpa boncos duit adalah membuat daftar prioritas. Daftar prioritas ini bisa digunakan untuk menentukan mana yang akan kamu beli setelah gajian. Diluar daftar prioritas kamu bisa masukan ke prioritas di bulan selanjutnya. 

Usahakan prioritas barang yang akan kamu beli ini harus di research  terlebih dahulu. Entah mencari platfrom beli yang berdiskon atau pilih waktu waktu promo yang bisa kamu manfaatkan

2. Beli banyak untuk sekali

Tahukah kamu kalau membeli barang yang sifatnya konsumtif baiknya beli banyak sekalian. Contohnya adalah sabun batang. Kamu akan lebih hemat bila beli sabun batang 1 lusin sekaligus.

Kamu akan terhindar dari pembelian ulang yang bisa-bisa harganya dilain waktu sudah lebih mahal. Beli barang yang sifatnya konsumtif untuk jangka waktu 2 sampai 4 bulan mendatang. 

3. Membagi belanjaan online dan offline

Belanja online memang menyenangkan. Kita tinggal buka gadget lalu cari barang yang kita mau. Namun ternyata tidak semua barang direkomendasikan dibeli secara online. Beberapa barang seperti barang konsumsi yang mudah rusak baiknya dibeli secara offline. 

Sebut saja seperti telur, gelas dari kaca, makanan basah, cermin, dan masih banyak lagi. Barang yang direkomendasikan dibeli secara online adalah barang yang awet dan tidak mudah rusak.

4. Pilih metode pembayaran yang tepat

Saat ini banyak sekali opsi pembayaran. Mulai dari transfer mbanking, dompet digital, bayar via minimarket, atau menggunakan fitur paylatter. Usahakan menggunakan pembayaran yang tidak memiliki biaya transfer tinggi, ada promo, dan tidak riber. 

5. Memilih waktu belanja di saat yang tepat 

Ada banyak event besar besaran bagi e-comerce di tanggal tertentu. Biasanya event paling besar adalah harbolnas. Hari belanja nasional bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan waktu yang bisa dimaksimalkan untuk checkout belanjaan di keranjang. 

Diskon sendiri ada bermacam-macam. Namun salah satu kelemahan belanja di waktu promo ini adalah rebutan dengan pembeli yang lain.