Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memilih kartu kredit yang tepat

Cara memilih kartu kredit



Penamorf -  Sobat Pena, saat ini produk keuangan sudah banyak jenisnya. Dan salah satu produk keuangan dari perbankan yang ada sejak lama adalah kartu kredit. Beberapa orang memang tidak merekomendasikan penggunaan kartu kredit. Karena ada beberapa faktor. 

Tapi pada dasarnya produk kartu kredit diluncurkan untuk memberikan fasilitas bagi orang yang tidak mau repot  menggunakan uang tunai. Sebelum dompet digital muncul seperti sekarang, kartu kredit memiliki banyak peminat.

Dan sekarang setelah maraknya dompet digital, produk kredit berubah menjadi paylater. Namun paylater ini kebanyakan non perbankan. Kalau kamu mau memilih kartu kredit yang memudahkan kamu ketika transaksi pembayaran ada beberapa hal yang dipertimbangkan. Berikut adalah cara memilih kartu kredit yang tepat :  

1. Pahami biaya yang akan dikenakan 

Salah satu faktor yang wajib dipertimbangkan dalam memilih kartu kredit adalah biaya. Biaya kartu kredit ada berbagai macam. Biaya kredit mencakup iuran tahunan, biaya administrasi, bunga, biaya keterlambatan, dan biaya lainnya.

Kartu kredit dengan suku bunga tinggi sangat cocok bagi kamu yang memilih kartu kredit sebagai pengganti uang. Kartu kredit itu bisa digunakan untuk belanja atau keperluan lainnya. Kartu kredit dengan suku bunga rendah cocok bagi kamu yang sedang mencicil atau membayar tagihan. 

Keduanya memiliki kelebihan sendiri. Kartu kredit dengan suku bunga tinggi biasanya menawarkan diskon, cashback, atau point reward.  Kalau bunga rendah, sudah pasti memiliki bunga yang rendah tanpa memberatkan pemilik kartu.

2. Perhatikan juga Reward dan program lainnya

Setiap bank memiliki program kartu kreditnya masing-masing. Jadi bank yang satu dengan bank yang lain jelas berbeda. Biasanya bank yang menerbitkan kartu kredit akan menawarkan hadiah kepada nasabahnya. Hadiahnya berupa bentuk apa? 

Hadiah yang diberikan bank kepada nasabah kartu kredit  bisa berupa barang, diskon belanja, poin, atau lainnya. Apakah hanya itu? beberapa bank juga ada yang memberikan fasilitas tambahan. Sebut saja berupa asuransi perjalanan, executive loungue bandara, dan lainnya. 

Jadi  sebelum mengajukan kartu kredit, bandingkan reward dan program lainnya. Supaya kamu bisa memanfaatkan kartu kredit dengan maksimal. 

3. Perhatikan jaringan bank penerbit kartu kredit

Kalau kamu aktivitasnya sibuk sampai sering bolak-balik ke luar negeri. Sebaiknya melihat jangkauan bank saat memilih kartu kredit. Semakin luas jangkauan bank maka semakin bagus dan wajib kamu pilih.

Kamu bisa menikmati fasilitas kartu kredit di negara yang akan kamu kunjungi. Dan kamu bisa menikmati perjalanan tanpa harus banyak-banyak membawa uang tunai

4. Pilih kartu kredit sesuai dengan kebutuhan

Kartu kredit memiliki beberapa pilihan. Ada kartu kredit klasik (classic), emas (gold), atau platinum. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Kalau kamu seorang pengusaha atau apapun itu yang memiliki penghasilan tinggi, alangkah baiknya menggunakan kartu kredit platinum

Kartu kredit platinum memiliki limit yang tinggi. Selain itu juga memiliki banyak manfaat ekslusif. Sebut saja seperti asuransi, airport lounge, asuransi kecelakaan, dan lainnya. Kalau kamu bukan golongan penghasilan tinggi, bisa banget pilih klasik atau gold.

5. Kredibilitas Bank 

Perlu diketahui bank juga harus diperhatikan kredibilitasnya. Sebagai calon nasabah kartu kredit, jangan sampai kamu terjebak dengan program fiktif  yang menawarkan keuntungan berlebihan. Ujungnya bisa saja kamu malah dikenakan biaya bunga yang tinggi.

Pastikan kredibilitas bank penerbit kartu kredit memiliki reputasi yang baik. Sebagai calon nasabah kamu akan aman dan nyaman saat menggunakan kartu kredit dari bank dengan reputasi yang baik.

Yap itu dia cara memilih kartu kredit yang tepat. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih