Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah sukses Sundar Pichai


Penamorf - Halo sobat Pena! Sudah lama admin Pena  tidak menulis tokoh inspiratif.  Tokoh inspiratif kali ini datang dari tanah Hindustan. Yap benar tokoh tersebut berasal dari India. Coba tebak kalau kita bicara India yang diingat selain Bollywood ya tokoh IT yang terkenal. 

Banyak loh orang India yang menjabat sebagai CEO di perusahaan teknologi ternama. Sebut saja beberapa nama seperti Parag Agrawal (CEO Twitter), Satya Nadella (CEO Microsoft),  Shantanu Narayen (CEO Adobe), Avind Krisna (CEO IBM), Anjali Sud (CEO Vimeo). Dan yang akan kita bahas adalah Sundar Pichai.

Sundar Pichai bukanlah penemu Google. Sergey Brin dan Larry Page lah yang menemukan Google. Posisi Sundar Pichai saat ini adalah sebagai CEO Google. Tugas  seorang CEO adalah memimpin perusahaan. 

Bagaimana bisa sosok Sundar Pichai yang lahir dari keluarga sederhana di India berhasil memimpin perusahaan nomor 1 dunia? Ini dia kisahnya : 

Biografi Singkat Sundar Pichai 

Pichai Sundrajan merupakan nama asli Sundar Pichai. Beliau lahir pada 2 Juli 1972 di Madurai, Tamil Nadu, India. Orang tuanya merupakan keluarga menengah kebawah. Ayahnya  bekerja di General  Electric Company dengan gaji kecil. 

Sundar dan keluarganya hidup di apartemen kecil.  Tidak ada televisi dan tidak ada radio. Yang dipunya oleh keluarga Sundar kala itu hanyalah telepon. 

Kehidupan masa kecil 

Sundar Pichai sudah menampilkan bakatnya. Di usia 12 tahun, Sundar sudah bisa menghafal seluruh nomor yang di putar di telefonnya.  Menurut tetangganya, Sundar kecil adalah anak pemalu. Meskipun pemalu kalau ditanya pendapat Sundar bisa bicara banyak. 

Selin bakat mengingat yang luar biasa. Sundar Pichai juga sudah memperlihatkan bakat matematika di sekolahnya. Semenjak kecil, Sundar pergi ke sekolah dengan bis kumuh yang penuh dengan manusia. 

Pendidikan 

Semenjak sekolah dasar, Sundar termasuk anak yang rajin. Saat kelas 10, Sundar menempuh pendidikannya di Sekolah Jawahar Vidyalaya. Di kelas 12 Sundar pindah ke Vana Vani School yang letaknya tidak jauh dari kampus IIT (Indian Institute of Technology) 

Setelah lulus SMA, kecerdasan Sundar Pichai dibuktikan dengan masuk salah satu kampus ternama di India. Kampus tersebut merupakan incaran puluhan juta pelajar SMA di India. Sundar berhasil masuk di Indian Institute of Technology Khargapur, jurusan metalurgi.

Meskipun berada di jurusan metalurgi yang mempelajari pemrograman, Sundar Pichai memiliki ketertarikan dunia koding dan matematika. Saat duduk di bangku kuliah, Sudar membuat game catur dan sukses diterima banyak orang. 

Pada tahun 1993, Sundar Pichai dinyatakan lulus dengan gelar Sarjana Teknik. Di saat kelulusan dengan gelar sarjana, Sundar mendpat penghargaan Institur Silver Medal. Selanjutnya Sundar Pichai melanjutkan pendidikan S2 di Stanford University. 

Mungkin bagi beberapa orang beranggapan kalau Sundar Pichai kuliah di Stanfrod karena punya uang. Padahal Sundar mendapatkan beasiswa dan untuk terbang ke Amerika harus pinjam uang terlebih dahulu.

Sundar Pichai juga dikabarkan pernah drop out. Hal ini terhadi karena kebutuhan biaya hidup. Sundar kala itu bekerja di bagian engineer dan produk manajer di perusahaan semi konduktor.

Awal karir di Google

Sebelum masuk Google, Sundar Pichai bekerja di perusahaan konsultan Mc Kinsey & Co. Dan tepat pada April Mop 2004,  Sundar bekerja di Google bagian inovasi perangkat lunak Google seperti Drive dan Chrome. 

Dari Sundar Pichai lah  yang berhasil meyakinkan Sergey Brin dan Larry Page untuk membuat  browser sendiri. Dan saat ini Google Chrome menjadi browser dengan pengguna terbanyak di dunia.

Pada tahun 2015, Larry Page menunjuk Sundar Pichai menjadi CEO Google. Larry percaya bahwa Sundar Pichai bisa membawa Google menjadi jauh lebih baik. 

Penghasilan fantastis

Dilansir dari Finansialku.com, Sundar Pichai mendapat penghasilan sekitar 650.000 USD. Penghasilan itu setara dengan 8.5 Miliar Rupiah. Penghasilan yang didapat bukan hanya gaji saja. Sundar Pichai juga mendapatkan saham Google yang jumlahnya tidak sedikit. 

Saham Google yang dimiliki Sundar Pichai berkisar 2.64 Triliun Rupiah.  Angka tersebut merupakan angka pada tahun 2015 dan dipastikan tahun berikutnya sudah lebih.

Kesuksesan sundar pichai tentu membawa sebuah inspirasi bagi kita semua. Karena dengan keterbatasannya dimasa lalu tidak menghambat semangatnya untuk menggunakan bakatnya dan menjadi pribadi lebih baik.