Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah sukses Wang Xing pendiri Meituan Dianping

Kisah sukses Wang Xing

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Pertumbuhan startup memang menarik untuk dibahas. Kenapa? Karena rata-rata perusahaan dengan inovasi tinggi berasal dari perusahaan startup. 

Sebagai informasi saja negara dengan startup terbanyak dipimpin oleh Amerika Serikat dan selanjutnya disusul oleh Tiongkok. Kali ini admin Pena akan membawa cerita inspiratif dari pengusaha Tiongkok yang bernama mr. Wang Xing

Selain ada nama Jack Ma, Zhong Shanshan, nama Wang Xing juga terkenal loh. Meskipun di Indonesia sendiri namanya tidak pernah didengar, tapi cerita kesuksesannya cukup menarik loh. 

Biografi singkat Wang Xing

Wang Xing merupakan seorang enterpreneur yang lahir pada tahun 1979 di kota Longyan, provinsi Fujian, Tiongkok. Ayah Wang Xing bernama Wang Miao, merupakan seorang pebisnis sukses di kota Longyan

Bisnis yang digeluti oleh ayah  Wang Xing adalah bisnis semen. Ibunya merupakan seorang ibu rumah tangga biasa. Bisa dibilang kehidupan Wang Xing berkecukupan. Ayahnya juga bukan orang biasa di kota Longyan, melainkan orang terpandang. 

Pendidikan 

Dengan latar belakang keluarga berada, Wang Xing tumbuh menjadi orang yang penuh kerja keras. Setelah lulus SMA, Wang Xing melanjutkan pendidikan S1 di Tsinghua University. Tempatnya menempuh pendidikan S1 bukanlah tempat biasa. 

Pasalnya Tsinghua Universuty merupakan universitas terbaik di Tiongkok. Ada puluhan juta siswa SMA yang besaing ketat supaya masuk ke kampus ini.  Di kampus Tsinghua, Wang Xing  menempuh studi di jurusan teknik elektronika. 

Semenjak di bangku SMA, Wang Xing memiliki ketertarikan pada komputer. Bakat tersebut diteruskan saat kuliah. Meskipun kuliah  di jurusan teknik elektro, wang tetap mempelajari perkodingan dan komputer

Perjalanan bisnis

Pada tahun 2001 Wang Xing dinyatakan lulus dari Tsinghua University. Setelah lulus dari Tsinghua, Wang Xing pergi ke Amerika Serikat. Disana , Wang Xing menempuh pendidikan di Universitas Delaware jurusan teknik komputer. Sayangnya pada tahun 2004, Wang Xing memilih drop out.

Keputusan dropout Wang Xing  tentu memiliki dasar. Di tahun 2004, Facebook sedang tumbuh pesat di Amerika Serikat. Melihat hal itu Wang Xing tentu menemukan peluang bila membuka Facebook versi Tiongkok mungkin akan sukses juga. 

Dan benar saja dibantu dengan temannya dari Tsinghua, Wang Xing mendirikan sosial media versi Tiongkok. Sosial media pertama yang dibuat Wang Xing adalah Duoduoyou. Sasarannya adalah mahasiswa (hampir mirip dengan Friendster). Dan akhirnya sosial media buatannya gagal. 

Tidak kapok dengan Duoduoyou, Wang Xing membuat Youzitu. Situs buatannya fokus pada mahasiswa Tionkok yang kuliah diluar negeri. Sayangnya ditutup karena kurang peminat. 

Ditahun 2005, Wang Xing merintis  sosial media bernama Xiaonei. Sosial media ini sukses karena berhasil membuat ratusan ribu pelajar Tiongkok bergabung. Lagi dan lagi, Xiaonnei dinyatakan gagal karena kendala finansial.

Xiaonei dijual dan berubah nama menjadi RenRen pada tahun 2011.  Setelah mendapatkan dana, Wang Xing mendirikan microblog seperti Twitter bernama FanFou. Tapi ditutup pemerintah Tiongkok dan dibuka  kembali setelah negosiasi panjang. 

Berdirinya Meituan dan masuk Forbes 40 under 40 


Deretan kegagalan Wang Xing tidak membuatnya merasa kapok. Tahun 2010, dengan tekadnya Wang Xing mednirikan Meituan. Meituan sendiri merupakan startup dibidang pengiriman  makanan lokal dan ritel. 

Startup Meituan akhirnya dilirik oleh pemodal Sequoia Capitals. Setidaknya 12 Juta USD digelontorkan Sequoia untuk pengembangan Meituan. Pendirian Meituan terinspirasi dari perusahaan Amerika Serikat bernama  Groupon yang bergerak dibidang layanan ritel dan voucher. 

Dengan kucuran dana dari Sequoia, Meituan berkembang dengan cepat. Di tahun 2014, startup ini mempekerjakan 5000 orang. Satu tahun selanjutnya, pengguna Meituan  mencapai 200 juta pengguna di seluruh daratan Tiongkok.

Tahun 2015 Meituan beroperasi di 2.800 kota di Tiongkok dan memiliki mitra bisnis sebanyak 400.000 mitra bisnis lokal. Bulan Oktober 2015, Meituan membeli perusahaan Dianping. 

Bergabungnya (merger) Meituan Dianping ini disambut dengan go public pada tahun 2019 di Bursa Efek Hongkong. Harga perlembar sahamnya pada tahun 2018 adalah HK$69 per saham. 

IPO perusahaan Meituan Dianping membuat Wang Xing masuk daftar 40 under 40 . Dan posisinya berada di peringkat 37  sebagai orang terkaya di Tiongkok

Kontroversi

Pada bulan Aprl 2021, Wang Xing membuat postingan blog yang menyindir pemerintah komunis Tiongkok. Postingan tersebut berupa puisi yang umurnya sekitar 1000 tahun. Isinya adalah membangkitkan sentimen anti pemerintah. 

Beberapa saat kemudian postingan tersebut membuat sosial media Tiongkok ramai dan heboh. Wang Xing segera menghapus postingan blog tersebut. 

Selang beberapa hari kemudian, pemerintah Tiongkok menyelidiki perusahaan Meituan Dianping dengan landasan Undang Undang Anti Kepercayaan Tiongkok. Langkah tersebut serupa dialami perusahaan Tiongkok lainnya yaitu Alibaba dan DiDi Chuxing. 

Akibat dari pemeriksaa tersebut. Meituan Dianping mengalami kerugian 16 Miliar USD. Angka tersebut diikuti dengan turunnya nilai saham Meituan Dianping sebesar 9.8%. 

Sobat Pena! Terlepas dar kontroversi Wang Xing. Wang Xing sendiri merupakan pribadi yang tidak pernah menyerah. Hal ini dibuktikan dengan tidak pernah kapok mendirikan sosial media di Tiongkok. 

Yap itu dia kisah Wang Xing, bos Meituan Dianping, sekaligus miliuner yang berasal dari Tiongkok. Sekian dan Terimakasih