Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Marketplace NFT terpopuler! Yuk jadikan karya digital jadi uang

Marketplace NFT terpopuler

Penamorf - Halo sobat Pena! Beberapa waktu yang lalu admin Pena membahas tentang  apa itu NFT. NFT saat ini mendadak populer berkat fenomena Ghozali Everyday. Tapi sayangnya netizen Indonesia terlalu latah. 

Gara-gara satu orang foto selfie dari tahun 2017 dan dalam kurun waktu 3 hari terjual semua, ditambah cuan 1 M lebih, semuanya heboh. Banyak netizen Indonesia yang posting aneh-aneh di marketplace NFT Opensea. 

Alhasil pihak Opensea membuat kebijakan. Yang mana semua akun dibatasi maksimal upload hanya 50 karya. Lebih dari 50 karya maka harus bayar. Buat kamu yang ingin melebarkan sayap di dunia NFT, kamu bisa memilih beberapa marketplace NFT terpopuler dibawah ini : 

1. OpenSea

OpenSea merupakan marketplace NFT terbesar di dunia. Disini kamu bukan hanya bisa membeli NFT saja tapi juga bisa menjualnya. Saat ini pengguna OpenSea mencapai 300.000 pengguna di seluruh dunia. 

Dan total NFT yang sudah di upload berkisar 34 juta NFT. Platorm ini juga digunakan oleh banyak orang terkenal. Sebut saja CEO Twitter, Justin Bieber, bahkan sekelas Eminem juga membeli NFT di OpenSea. 

Pendapatan OpenSea tergantung pada transaksi berhasil. Jika NFT berhasil terjual maka OpenSea mendapat uang sebesar 2.5% Sedangkan para kreator NFT akan mendapat royalti dari penjualan karyanya. 

2. Rarible

Selanjutnya adalah Rarible. Rarble menjadi pasar NFT dengan pertumbuhan pengguna tercepat . Kenapa memiliki pertumbuhan cepat, karena Rarible memiliki inovasi yang tidak dimiliki marketplace NFT lain. 

Basis marketplace Rarible sendiri merupakan koin Ethereum. Rarible memiliki dua standar token NFT.  ERC-721 untuk pembuatan item 1 kali dan ERC-1155 untuk pembuatan item beredisi. 

3. Axie Marketplace 

Siapa yang tidak kenal dengan Axie Infinity? Axie Infinity sendiri merupakan salah satu game NFT yang cukup terkenal di dunia. Bisa dibilang Axie Infinity ini menjadi pelopor dibidang  game NFT.

Ternyata Axie Infinity juga memiliki toko digital sendiri lo. Namanya adalah Axie Marketplace. Namun disini bukan untuk mengupload karya NFT. Melainkan untuk membeli NFT game Axie Infinity. 

4. SuperRare 

SuperRare merupakan marketplace NFT yang didirikan pada tahun 2017. Marketplace ini didirikan oleh John Crain, Charles Crain, dan Johnathan Perkins. Induk dari SuperRare sendiri adalah Pixura. Pixura merupakan perusahaan yang mengembangkan teknologi enkripsi tertagih  yang menjalakan SuperRare. 

Sama layaknya marketplace OpenSea. SuperRare bekerja sama dengan seniman untuk menghasilkan koleksi digital disertai kriptografi dalam blockchain yang aman. 

5. Atomic Market 

Jumlah pengguna Atomic Market memang tidak sebanyak OpenSea. Namun kamu bisa juga menggunakan platfrom ini untuk berjualan karyamu. Marketplace NFT yang sat ini terbuka dan memungkinkan pengguna untuk membuat, membeli, dan menjual aset digital dnegan mudah. 

Saat ini pengguna Atomic Market masih berkisar 50.000 orang yang tersebar di seluruh dunia. Tercatat ada 11 juta karya NFT yang berhasil dibuat di platfrom ini. 

Dengan adanya revolusi industri 4.0, dunia digital semakin menarik. Mulai dari dunia Metavers, koin Crypto, game NFT, marketplace NFT. Kalau kamu pilih mana nih? Tertarik jualan NFT?