Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Beasiswa S1 yang wajib diketahui bagi calon Maba


Penamorf - Halo sobat Pena! Bagi kawan yang masih duduk di bangku SMA  tentu mempersiapkan langkah selanjutnya setelah lulus. Ada yang memilih berwirausaha, bekerja, dan keliah. Bisa juga kombinasi seperti kerja sambil kuliah, kuliah sambil wirausaha, dan lain-lain.

Bagi kamu yang sudah mantap memilih lanjut kuliah maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Misalkan informasi jurusan dan prospek kerja, universitas tujuan, biaya hidup disekitar kampus, biaya kuliah, dan lain-lain. 

Untuk biaya kuliah kamu bisa apply beasiswa. Selain meringankan orang tua, kamu bisa ikutan program menarik yang mengadakan beasiswa.  Berikut adalah daftar beasiswa S1 yang wajib diketahui calon maba : 

1. KIP Kuliah (Kartu  Indonesia Pintar) 

Semenjak presiden RI ke-7 Indonesia menjabat. Salah satu programnya yang populer bagi kalangan pelajar dan institusi pendidikan adalah program Kartu Indonesia Pintar (KIP).  KIP Kuliah ini merupakan pengganti dari Beasiswa Bidikmisi yang disediakan oleh Direktoran Jenderal Pendidikan Tinggi

Program KIP ini menyasar golongan mahasiswa belum mampu secara ekonomi. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya buku kuliah, dan uang saku  setiap semester. Untuk mahasiswa S1 diberikan secara penuh selama 8 semester dan D3 selama 6 semester. 

2. Beasiswa Teladan Tanoto Foundation

Salah satu beasiswa dari perusahaan swasta yang favorit adalah beasiswa teladan Tanoto Foundation. Setiap tahunnya khusus mahasiswa S1 kampus mitra diberi kesempatan untuk mendapatkan biaya kuliah dari Tanoto Foundation. 

Manfaat mendapatkan beasiswa ini cukup banyak. Bagi kamu yang memiliki prestasi dan pengalaman kepemimpinan, beasiswa Teladan Tanoto Founcation  wajib dicoba.
Dengan beasiswa ini, Tanoto Foundation memberikan dukungan pengembangan diri. 

Dukungan tersebut berupa pengembangan kepemimpinan berjenjang, pengabdian masyarakat, sarana kolaborasi dan networking. Jadi yang didapat bukan hanya biaya kuliah dan biaya hidup, tapi yang lebih valuable lagi yaitu pengembangan diri. 

3. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 

Dari ranah perusahaan milik negara (BUMN) juga ada loh. Salah satu kontribusi BUMN dibidang pendidikan adalah melalui beasiswa yang diperuntukan bagi mahasiswa di beberapa universitas. 

Salah satu beasiswa yang disediakan BUMN adalah beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi Indonesia Barat dan Tengah. 

Khusus untuk  mahasisa yang ada di Perguran Tinggi Indonesia Timur, Pertamina menyediakan Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur. Siapa target beasiswa Pertamina Sobat Bumi?

Target beasiswa ini adalah mahasiswa kurang mampu dengan catatan prestasi dan aktif di organisasi.  Benefit yang didapat adalah biaya kuliah (maks Rp. 5 Jt) dan biaya hidup (Rp. 500.000)

4. Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek

Beasiswa selanjutnya datang dari Kemendikbud Ristek. Beasiswa unggulan khusus mahasiswa berprestasi memberikan biaya kuliah gratis dan uang saku setiap buln. Beasiswa ini tidak diberikan secara sembarangan.  Kenapa? 

Karena beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik atau non-akademik di tingkat nasional atau internasonal. Untuk mendaftar beasiswa ini mahasiswa wajib membuat essay dengan topik yang sudah ditentukan.

5. Beasiswa Etos

Selanjutnya ada beasiswa Etis, Beasiswa ini merupakan beasiswa yang digalang oleh Yayasan Dompet Duafa. Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa di kampus mitra Yayasan Dompet Duafa.

Fasilitas yang didapat cukup variatif. Mulai dari uang saku bulannan (Rp 600.000/bulan) selama 8 semester. Biaya UKT selama 8 semester. Pendampingan mentor, persiapan karir, dan pengembangan diri.