Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi ranking Alexa hilang

Mengatasi ranking Alexa hilang

Penamorf - Halo sobat Pena! Siapa disini yang hobi ngeblog?  Bagi beberapa orang menulis merupakan candu tersendiri yang tidak bisa dilewatkan. Termasuk admin Pena, rutinitas ngeblog tetap dijalankan meskipun ada kegiatan lain. 

Ngeblog bukan hal mudah. Apalagi berkaitan dengan SEO harus rajin-rajin gali pengetahuan. Selain cari referensi SEO, ilmu SEO juga harus dipraktikan. Apakah dengan SEO yang diajarkan di berbagai situs atau video langsung berhasil? Jawabanya belum tentu. 

Karena kadang algoritma Google juga sering update. Updatenya Google ini sering membuat blogger harus mengawasi blognya. Mulai dari trafik, ranking Alexa, hingga pendapatan AdSense. Nah kali ini admin Pena akan membahas ranking Alexa hilang pada blog. 

Apakah ranking Alexa masih penting

Pendapat mengenai ranking Alexa penting atau tidak memang sudah menjadi isu lama di kalangan blogger. Ada dua pihak dengan pendapatnya masing-masing

A. Golongan Ranking Alexa tidak penting 

Blogger yang menganggap ranking Alexa tidak penting memiliki alasan sendiri. Menurut mereka rangking alexa sudah tidak bisa menjadi patokan mengenai performa blog. Karena faktanya ranking Alexa juga bisa diakali.

Makanya admin Pena tidak heran jika ada blog yang baru berisi beberapa biji artikel tapi rank Alexa sudah bagus. Rank Alexa semakin sedikit angkanya semakin bagus. 

B. Golongan Rangking Alexa itu penting

Golongan kedua adalah golongan blogger yang menganggap rangking Alexa itu penting. Bagi mereka Rangkin Alexa merupakan indikator dari performa suatu blog. Semakin bagus rank Alexa maka trafic blog kemungkinan tinggi juga. 

Beberapa marketplace backlink juga mempertimbangkan mengenai ranking Alexa. Jadi wajar saja beberapa blogger mementingkan indikator ini. Semakin bagus rank Alexa, rate card juga semakin tinggi. 

Mengatasi ranking Alexa hilang 

Beberapa waktu terakhir admin Pena memang sedang rajin nulis di blog ini.  Tapi tidak dibarengi dengan audit SEO, jadi hasilnya ranking Alexa hilang melayang.  Selain itu DA (Domain Authority) juga turun. 

Tepat awal Februari, admin sadar kalau hal ini jangan dibiarkan begitu saja. Trafik turun drastis dan harus diatasi. Akhirnya admin putuskan untuk liat celah kesalahan kenapa ranking Alexa hilang. Dan berikut cara admin mengatasinya : 

1. Cek Tautan rusak (Broken Link)

Sebelum eksekusi, admin sendiri research  di google. Beberapa blogger merekomendasikan untuk mengecek tautan yang rusak pada blog. Caranya adalah dengan buka situs www.brokenlinkcheck.com. Kamu tinggal input link blog kamu. Tunggu beberapa menit dan bam! langsung muncul. 

2. Buang atau perbaiki link 

Setelah hasil muncul, kamu ada dua opsi  Pertama perbaiki link, bisa kamu lakukan kalau link yang ditautkan ganti domain dan artikel masih ada. Kedua buang link, bisa kamu lakukan kalau link  memang tidak bisa diakses. 

3. Update Artikel 

Selanjutnya adalah dengan mengupdate artikel lama. Ternyata memperbarui artikel lama bisa membuat blog dilirik Google loh. Google akan menganggap keseriusanmu sebagai blogger dengan mengupdate artikel lama. Kamu bisa update dari ganti gambar, menambah atau mengurangi paragraf. 

4. Link Building

Backlink menjadi salah satu elemen penting dalam performa SEO suatu blog. Dengan bertambahnya backlink berkualitas yang mengarah ke blog, maka Google perlahan akan meningkatkan posisi blogmu. Usahakan dapat backlink dari blog atau situs berkualitas. 

Yap itu dia cara mengatasi ranking Alexa yang hilang. Setidaknya dengan Alexa rank tersebut kamu tahu seberapa jauh situsmu di mata Google. Sekian dan Terimakasih