Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu NFT ?

 

Apa itu NFT

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Di era digital karya seni juga bertransformasi ke berbagai bentuk. 

Kita bisa menikmati karya seni dalam bentuk foto, gambar, kartun, bahkan iklan juga bisa masuk ke ranah seni. Dulu kita hanya bisa melihat karya seni langsung. Bisa melihat secara visual dan benar-benar ada wujud nyatanya. 

Sekarang ada lagi salah satu karya seni yang sedang viral. Namanya adalah NFT. NFT sendiri di Indonesia viral pada awal tahun 2022. Coba tebak kenapa? 

Karena ada salah satu orang Indonesia yang menggunakan foto selfie sebagai NFT yang dijual belikan di marketplace NFT (Opensea). Namanya Ghozali dengan akun opensea Ghozali everyday.

Ghozali upload hampir 1000 foto selfie yang diambil sejak tahun 2017. Konsistensinya ini terbayar saat foto selfienya total terjual dengan nilai puluhan milyar. Alhasil royalti yang didapat Ghozali mencapai 1.5 M. 

Trendingnya Ghozali yang kaya mendadak berkat NFT tentu saja membuat banyak ikut-ikutan jual NFT di Opensea. Terus apa itu NFT? Ini dia pembahasannya : 

Apa itu NFT?

NFT merupakan kepanjangan dari Non Fungible Token.   Bisa dilihat bahwa ada kosakata fungible. Nah disini fungible sendiri memiliki pengertian tersendiri. Fungible maksudnya adalah memiliki deskripsi sama

Contoh ilustrasi fungible  adalah 1 lembar 5000 bisa dipecah jadi 5 lembar 10000. Kalau non fungible  berarti kebalikannya yaitu tidak bisa disamakan. Non Fungible  erat dengan identitas kepemilikan. 

JNFT adalah aset digital dalam bentuk karya yang mewakili objek seni didunia nyata seperti gambar, musik, item game dan video, serta bagian dari blockchain dan diperjualbelikan secara online. 

Kegunaan NFT

Beberapa orang masih belum paham esensi dari membeli sebuah NFT.  Padahal NFT sendiri ada beberapa kegunaan. Berikut adalah kegunaan dari NFT : 

A. Kepemilikan karya seni 

NFT sendiri saat ini booming karena menjadi sarana jual beli karya seni berupa ilustrasi. Karya seni NFT ini harganya bisa tinggi. Seperti kasusnya Ghozali, satu foto yang dijadikan NFT bisa seharga motor. 

Karya seni yang dijual sebagai NFT memberi jaminan kepemilikan karya. Sistem smart contract pada NFT memungkinkan seniman menuliskan persentase royalti saat karya berpindah.

B. Game NFT 

Game berbasis NFT saat ini sudah menjamur. Ada Axie Infinity, CryptoKitties,  Townstar, dan lain-lain. Game NFT sangat menjanjikan karena ada yang menggunakan skema pay to earn. Yaitu game NFT yang membayar para pemainnya. Namun pembayaran berupa uang krypto yang bisa dicairkan ke uang asli

Sebenarnya kegunaan NFT masih ada lagi. Yaitu sebagai kepemilikan bukti anggota dan juga aset properti digital. Saat ini keduanya masih dikembangkan dan belum begitu populer. 

Kelebihan dan Kekurangan NFT

Sebelum masuk ke dunia NFT. Ada baiknya kamu memahami dan mengerti mengenai kelebihan dan kekurangan NFT. Berikut adalah penjelasannya 

Kekurangan NFT 

  • Nilai mutlak dan harus dibayar sesuai nominal
  • Adanya kasus penipuan
  • Belum ada aturan hukumnya
  • Sifatnya masih spekulatif 

Kelebihan NFT

  • Unik dan bisa jadi koleksi di dunia digital
  • Tidak bisa direkayasa, dihancurkan, dan berpindah bebas
  • Smart contract
  • Harganya bisa naik begitu tinggi
Yap itu dia pembahasan mengenai NFT. Sebelum terjun kesana, pastikan kamu tahu seluk beluk NFT. Sekian dan Terimakasih