Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu bisnis afiliasi?

Penamorf - Halo sobat Pena! Semoga sehat dan dalam lindungan selalu. Kali ini admin Pena akan membahas sebuah bisnis yang sedang ramai dibicarakan. Bisnis ini dinilai menjadi tumbuh pesat karena adanya kemajuan teknologi informasi. 

Banyak orang diluar sana yang merekomendasikan untuk terjun di bisnis ini. Mulai dari seleb TikTok, selebgram, artis papan atas juga mempopulerkan ini. Makannya banyak juga orang awam yang mulai ikutan bisnis afiliasi. 

Terus apa bisnis afiliasi itu? Bagaimana cara kerjanya? Apakah masih menguntungkan? Ini dia pembahasan detailnya : 

Pengertian Afiliasi : 

Afiliasi berasal dari bahasa Inggris yaitu affiliate. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, afiliasi memiliki arti menghubungkan. Jadi definisi afiliasi tidak hanya sekedar kerjasama belaka, tetapi ada unsur saling menguntungkan. 

Afiliasi dalam segi bisnis adalah metode bisnis yang menghubungkan antara pemilik bisnis (perusahaan jasa atau produk) dengan perusahaan, individu, atau agensi dengan tujuan promosi atau marketing produk pemilik bisnis. 

Dengan maraknya internet dan sosial media, bisnis afiliasi tentu saja berkembang pesat. Ada banyak perusahaan diluar sana yang membuka afiliasi agar produk mereka bisa mendapat marketnya sendiri. 

Kamu bisa memanfaatkan ini untuk bisnis sampingan. Kamu bisa mendapat komisi ratusan ribu sampai puluhan juta. Kira-kira bagaimana cara kerjanya ya? 

Cara kerja bisnis Afiliasi : 

 Bisnis afiliasi ini menuntut kamu untuk mempromosikan produk perusahaan. Nah pertama kamu bisa mencari situs afiliasi atau perusahaan yang membuka afiliasi. Kamu akan mendapat kode khusus atau link khusus. 

Kode khusus atau link khusus ini digunakan kamu untuk promosi. Nanti siapapun yang tertarik bisa mendapat keuntungan dari kode khusus atau link khusus yang kamu punya. Setiap kamu berhasil mengajak orang menggunakan kode atau link khusus, kamu akan mendapat komisi. 

Komisi ini bisa kamu carikan ke rekening kamu. Tergantung kebijakan perusahaan apakah setiap bulan atau setiap minggu. 

Cara agar berhasil di bisnsi Afiliasi : 

Cara ampuh agar berhasil di bisnis afiliasi adalah dengan mempromosikan produk afiliasi dengan link atau kode khusus yang kamu punya ke banyak orang. Ada beberapa media yang bisa kamu coba  : 

A. Sosial Media

Sosial media bisa menjadi tempat untuk mempromosikan produk afiliasi. Kamu bisa membuat ulasan di instagram atau di TikTok sekalgius.  Sosial media mempermudah marketing karena bisa menjangkau banyak orang. Dan perlu diingat gunakan ulasan yang natural dan tidak terkesan promosi. 

B. Blog

Selanjutnya ada blog. Sedari dulu blog digunakan untuk berbagi informasi atau cerita. Kamu bisa memulai blog dengan membuat review produk afiliasi. Selain itu bisa memasang banner produk afiliasi di blogmu. 

C. Forum atau komunitas 

Orang bergabung dengan suatu forum pasti punya alasan tersendiri. Biasanya forum dibentuk karena ketertarikan atau membahas suatu hal yang sama. Dengan begitu kamu bisa promosi langsung ke target market yang jelas.  Kamu bisa memulai dengan membahas produk afiliasi dan menyematkan kode atau link khusus afiliasi. 

Manfaat bisnis Afiliasi 

Bisnis afiliasi masih dinilai menggiurkan. Apalagi dipermudah dengan kemajuan teknologi informasi. Kamu bisa menjadi afiliator sukses asalkan konsisten dan mau bekerja keras. Kenapa harus kerja keras? Karena diluar sana banyak juga menjadi afiliator. 

Menjadi afiliator punya banyak manfaatnya loh! Berikut adalah manfaat dari menjalani bisnis afiliasi : 

A. Modal Minimalis

Bisnis afiliasi bisa dimulai dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Beberapa perusahaan mewajibkan pembelian produk sebelum bergabung dengan program afiliasi mereka. Tapi ada juga beberapa perusahaan yang menggratiskan alias tanpa modal.  Artinya bisnis afiliasi ini worth it karena modal awalnya saja bisa gratis. 

B. Passive Income 

Pendapatan pasif juga bisa didapat dari bisnis afiliasi. Kamu tidak perlu bekerja terlalu keras seperti di kantor. Tinggal cerdik saja untuk marketing, biarkan bekerja, dan kamu bisa mendapatkan keuntungan dari komisi. Bisnismu bisa berjalan meskipun kamu sedang tidur siang. 

C. Tidak kenal jam kerja 

Kamu tidak ditentukan jam kerjanya oleh perusahaan. Justru kamulah yang menentukan kapan memulai bisnis afiliasi.  Jadi kamu bisa mulai di malam hari untuk membuat review atau konten produk afiliasi, lalu mempostingnya di siang hari. Di malam hari kamu bisa aktif di forum atau memulai promosi di blog yang kamu buat. Dan kamu bisa santai semaumu. 

Yap itu dia  bisnis afiliasi. Kamu bisa menggunakannya untuk mendapatkan penghasilan disamping kesibukanmu. Thx, keep invest :)