Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal FIRE : Financial Independent Retire Early



Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam lindungan Tuhan dan tentunya sehat selalu.  Beberapa waktu yang lalu admin Pena mengikuti live instagram salah satu akun literasi finansial. 

Narasumbernya adalah seorang financial planner yang sudah ternama. Temanya cukup menarik mengenai kebebasan finansial. Dan setelah ada kebebasan finansial, pembahasan lebih mendalam yaitu pensiun usia dini.  Maka dari itu munculah istilah FIRE movement. Apa itu? 

Pengertian FIRE

Menurut situs sikapiuangmu.ojk.go.id, istilah FIRE populer pada tahun 2010. Beberapa blog, podcast, dan forum mebahas mengenai FIRE. Jauh sebelum tahun 2010, ternyata seorang Vicki Robin (penulis) dan Joe Dominguez (analis keaungan Wall Street) sudah membahasnya dalam sebuah buku berjudul Your Money or Your Life . Buku itu membahas gerakan FIRE secara lengkap.. 

FIRE sendiri akronim dari Financial Independent Retire Early. FIRE Movement berarti sebuah gerakan keuangan yang mengajak untuk berhemat dengan menabung dan berinvestasi yang ekstrem guna mencapai kebebasan finansial dan pensiun dini.

Prinsip FIRE Movement

Sebenarnya tidak ada prinsip baku untuk menjalani FIRE movement. Namun dilansir dari Investopedia.com, gerakan ini menerapkan beberapa hal agar kondisi FIRE ini tercapai. 
Biasanya orang yang megejar FIRE akan tetap bekerja selama tahun-tahun sebelum target finansial tercapai.

Supaya lebih cepat mencapai FIRE, mereka mengharuskan 70% pendapatan dialokasikan ke tabungan atau investasi. Dan  saat memutuskan usia berapa mereka pensiun mereka harus punya minimal 30 kali pendapatan tahunan mereka. 

Jenis-Jenis FIRE Movement

Ternyata gerakan FIRE movement terbagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenisnya memiliki ciri khasnya masing-masing. 

A. Lean FIRE

Lean FIRE merupakan cara untuk mencapai FIRE (Financial Independent Retire Early) dengan cara hidup lebih sederhana dengan mengorbankan kemewahan. Penganut Lean Fire mereka sebisa mungkin meminimalisir pengeluaran. Rata-rata mereka rajin menabung dan investasi dengan resiko rendah;

B. Fat FIRE

Fat Fire merupakan cara untuk mencapai FIRE dengan pola hidup yang tidak seekstrem Lean Fire. Kaum yang mengejar dengan cara Fat FIRE memiliki pendapatan yang tinggi. Biasanya setelah pensiun mereka masih memiliki pendapatan meskipun jumlahnya kecil. Kelompok profesi yang bisa menerapka Fat FIRE contohnya PNS, guru, dokter, dan lain-lain

C. Barista FIRE 

Barista FIRE merupakan cara untuk mencapai FIRE terlonggar dibanding Fat FIRE dan Lea FIRE. Mereka berhenti dari pekerjaan pola nine to five dan beralih ke pekerjaan paruh waktu atau bisnis pribadi.

Hal penting untuk mencapai gerakan FIRE :

A. Merencanakan Pensiun 

Merencanakan pensiun dini bukanlah hal yang mudah. FIRE akan membuat kita sebagai kaum muda untuk berpikir cerdas dan keras bagaimana mengelola aset, liabilitas, dan ekuitas yang dipunya. 

Di Indonesia sendiri masih sedikit orang yang sadar kalau dana pensiun itu penting.  Nah mulai sekarang rencanakanlah dana pensiunmu selagi masih muda. 

B. Menekan pengeluaran bulanan 

FIRE sendiri dikenal dengan hemat yang ketat. Maka dari itu pastikanlah pos-pos pengeluaran tercatat rapi. Mulai dari pos pengeluaran konsumsi, pos pengeluaran untuk traveling, dan pos pengeluaran tidak terduga. 

Pengeluaran tersebut jangan sampai membengkak atau lebih dari target pengeluaran bulanan.D Dengan menekan pengeluaran, setidaknya kamu berhasil memperbanyak dana untuk ditabung atau di investasikan. 

C. Meningkatkan penghasilan 

Selain menekan pengeluaran, cara yang paling berhasil untuk mencapai FIRE adalah dengan meningkatkan penghasilan. Meningkatkan penghasilan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari naik jabatan di perusahaan, menjual produk, menjual jasa, atau punya passive income. 

Di era digital saat ini kamu bisa mempunyai passive income  dengan berbagai cara. Mulai dari bisnis affiliate, blog, youtube, atau bahkan NFT. 

D. Konsistensi Menabung

Menabung bukanlah hal yang mudah bagi beberapa orang. Apalagi di era saat ini banyak sekali godaan. Mulai dari nongkrong mahal di sbux, beli barang branded, dan lain-lain.  Agar segera berada di posisi Financial Independent Retire Early , konsisten menabung akan membantumu kelak. 

E. Mencari Investasi yang tepat

Investasi ada banyak jenisnya, mau risiko tinggi sampai minim risiko juga ada. Untuk mempersiapkan FIRE, kamu harus  bisa memilih investasi yang  sesuai. Mau high return?  maka harus siap dengan high risk. Mau yang untung dan pasti, maka jangan kaget untungnya tidak banyak.  Jangan lupa untuk diversifikasi saat berinvestasi ya!

Itu dia pembahasan mengenai FIRE. Keep invest :)