Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tahapan mencapai FIRE

Tahapan mencapai FIRE


Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga sehat selalu dan tetap upgrade diri ya. Beberapa waktu yang lalu admin pena membahas mengenai FIRE. Bagi yang belum tahu apa itu FIRE, kalian bisa baca artikel "Mengenal FIRE : Financial Independent Retire Early"

Kalau dirangkum, FIRE sendiri adalah gerakan mencapai bebas finansial dan pensiun dini.  Gerakan ini mulai populer pada tahun 2010an. Namun istilah FIRE terlahir pada tahun 1920an melalui buku  Your Money or Your Life

Siapa si yang nggak mau mencapai pensiun dini dan bebas finansial? Semua pasti mau kan. Kalau kamu mau mencapai FIRE, berikut adalah tahapan mencapai FIRE : 

1. Tahap Financial Preparation

Tahap financial preparation , pada tahap ini kita harus mempersiapkan kondisi finansial dalam posisi yang tumbuh positif. Yang dimaksud dengan tumbuh positif artinya dana proteksi dan tabungan mulai dipenuhi. 

Untuk tahap financial preparation  minimal hutang jangka pendek dan panjang sudah lunas. Selain hutang dana proteksi seperti asuransi, dana pendidikan, dana darurat sudah mulai dipenuhi. 

2. Tahap penentuan F.I Number

Apa itu F.I Number? F.I Number kepanjangan dari Financial Independence Number, yaitu penentuan biaya hidup perbulan dimasa pensiun yang diinginkan. Misal saat penisun setiap bulan biaya hidup  10 juta.  Dalam setahun berarti 120 juta. Selanjutnya 120 juta ini dikalikan 25, dan totalnya adalah  3 Miliar. 

3 Miliar ini kamu kelola lagi ke dalam beberapa pos investasi. Misalkan ke saham 20%, reksadana 40%, P2P Lending 10%, dan Obligasi 30%. 

3. Tahap Saving Power 

Tahap ketiga adalah tahap Saving Power. Tahap ini fokus pada peningkantan saving power. Saving power ini bukan hanya menabung saja, melainkan juga fokus pada disiplin mengikuti budgeting yang sudah ditentukan. 

Gaya hidup juga harus dirubah menadi gaya minimalis. Gaya minimalis lebih mementingkan value daripada hal-hal yang mewah atau tidak dibutuhkan.

4. Tahap Earning Power

Tahap terakhir adalah tahap earning power. Disamping menerapkan pada tahap saving power, earning power akan membantu lebih cepat mencapai FIRE.  Earning power merupakan tahap mendapat pendapatan ekstra. 

Kamu bisa mendapatkannya daru usaha sampingan, bisnis, atau investasi. Untuk investasi sendiri sebaiknya letakan di instrumen investasi jangka panjang.

Yap itu dia tahap untuk mencapai FIRE. Untuk mencapainya ada tahapan yang harus dipenuhi. Dan semua itu membutuhkan konsistensi. Sekian dan Terimakasih. Keep Invest