Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik

Aplikasi Manajemen Proyek

Penamorf -  Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam keadaan sehat. Kalian sendiri saat bekerja lebih memilih kerja individual atau kerja secara tim? Tidak ada yang salah sih, mau kerja individu atau kerja secara tim. 

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.  Kerja individu akan membuat orang nyaman dan fokus dalam pekerjaannya. Kerja secara tim juga bagus untuk meminta masukan ide dari rekan satu tim. 

Bagi kamu yang kerja dengan tim meskipun online (terpisah jarak), kamu bisa menggunakan aplikasi manajemen proyek. Beberapa aplikasi dibawah ini bisa membantu kamu untuk berkomunikasi, ,membuat jadwal, hingga update  progress proyek yang sedang dikerjakan. 

Ini dia deretan aplikasi manajemen proyek terbaik yang siap membantu kamu dan tim kamu : 

A. Trello

Trello Aplikasi Manajemen Proyek

Trello merupakan aplikasi manajemen proyek yang cukup populer di kalangan pekerja.  Trello sendiri digagas oleh Fog Creek Software pada tahun 2010. Tahun 2011 aplikais Trello diluncurkan di berbagai OS.

Trello bisa diakses di beberapa sistem operasi seperti iOS, Windows, dan Android. Selain menggunakan aplikasi, Trello juga bisa diakses langsung menggunakan browser seperto Chrome, Safari, Microsoft Edge, Firefox. 

Trello terkenal dengan sistem Kanban board. Dimana setiap kartu bisa dipindah sesuai dengan stastus pekerjaan.

B. Asana

Asana aplikasi manajemen proyek

Selanjutnya adalah Asana. Asana merupakan aplikasi manajemen proyek yang digagas oleh Dustin Moskovitz. Asana tersedia dalam bentuk web juga sehingga kamu bisa mengaksesnya melalui browser. 

Apakah asana bisa didownload di berbagai OS? Jawabannya hanya Android, iOS, dan Windows saja. Asana memiliki fitur yang menarik dan membantu komunikasi realtime. Fitur An Assigned Customer Sucess Manager membantu pengguna mengerjakan proyek secara langsung. 

Kelebihan lain dari Asana adalah bisa membuat percakapan rahasia. Percakapan ini akan membatasi anggota tim yang bisa membaca pesan.

C. Notion

Notion Aplikasi Manajemen Proyek

Aplikasi Notion merupalan aplikasi manajemen proyek yang cukup hits di tahun 2022. Beberapa Youtuber juga merekomendasikan untuk menggunakan Notion, karena sangat bagus  fiturnya. 

Kamu bisa membuat jadwal, membuat web clipping  untuk mencatat ide, membuat roadmap proyek, dan bisa juga melakukan komunikasi secara realtime.  Notionbisa digunakan di iOS, Android, dan Windows

Notion sangat cocok bagi kamu konten kreator, pelajar, dan pekerja dibidang kreatif. Pasalnya kamu bisa menginstal extensi khusus untuk web clipping. Fungsinya untuk mendapat ide yang bertebaran di internet. 

D. Monday.com

Monday.com Aplikasi Manajemen Proyek

Bagi kamu yang sering membuk Youtube, biasanya ada iklan. Beberapa kali kamu pasti pernah melihat iklan Monday.com yang mampir di saat kamu asik menonton.  Monday.com memang aplikasi belum lama. Jadi mereka masih dalam proses pengembangan. 

Aplikasi ini hadir dengan tagline  "Best Way to Manage Any Team".   Di situsnya sendiri, jumlah penggunanya menyentuh 127.000 . Selain menyediakan fitur komunikasi realtime, mereka juga menyediakan berbagai template. 

Mulai dari template untuk tim marketing, tim developer. Fitur kanban card juga ada di  aplikasi Monday.com. Aplikasinya bisa diunduh di Android, iOS, dan Windows.

E. Slack 

Slack Aplikasi Manajemen Proyek

Aplikasi terakhir yang menjadi rekomendasi adalah Slack. Slack dalam situsnya bekerjasama dengan perusahaan raksasa seperti Spotify bahkan NASA juga loh. Tampilannya hampir mirip dengan Discord, jadi pengguna bisa membuat proyek layaknya dalam aplikasi chat.

Kelebihan Slack adalah dilengkapi dengan panggilan video. Selain itu bisa melakukan integrasi data atau dokumen menggunakan Google Drive dan Office 365. Slack menyediaka berbagai template dan juga roadmap yang akan mempermudah kinerjamu dengan teman satu tim.

Yap itu dia aplikasi manajemen proyek terbaik. Jadi tidak adalagi hambatan saat mengerjakan suatu proyek bersama teman-teman satu tim. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.