Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Money Parenting dan Investasi demi Financial Freedom di Masa Depan

Money Parenting dan Investasi Invesnow

Penamorf - Halo sobat ! Bagaimana kabarmu? Semoga keadaannya sehat dan dalam lindungan Tuhan. Akhir-akhir ini pendidikan literasi keuangan bisa dibilang semakin meningkat.  Di sosial media seperti TikTok dan  Instagram banyak yang membahas dunia finansial dan investasi.

Banyak juga blogger dan youtuber yang ikut membahas literasi keuangan di plarform mereka. Mereka semua tentu memiliki satu tujuan yaitu untuk berbagi ilmu dan tips di dunia finansial. 

Artinya apa? Artinya semakin banyak peluang masyarakat yang melek keuangan saat ini. Meskipun kenyataannya masih ada saja korban yang terjebak investasi bodong, bukan berarti masyarakat kesulitan mengakses pendidikan  keuangan. 

Justru dengan adanya kasus investasi bodong, masyarakat menjadi waspada dan mecari tahu lebih banyak mengenai kasus-kasus berkaitan dengan investasi dan keuangan lainnya.

Kalau dilihat dari sudut pandang korban investasi bodong, sudah pasti mereka belum melek  keuangan. Artinya pendidikan keuangan mereka kurang.

Lalu dari manakah pendidikan keuangan  dimulai? Apakah harus dari sosial media? Atau harus dari institusi keuangan?

Sebenarnya peran pendidikan literasi keuangan bisa dimulai dengan "Money Parenting"  Apa itu "Money Parenting"?

Definisi Money Parenting 

sumber : Pixabay.com

Sobat ! istilah money parenting memiliki pengertian tersendiri. Money Parenting adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya agar kedepannya bisa bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan mereka sendiri. 

Betul adanya jika ada yang bilang kalau pendidikan utama berasal dari keluarga bukan dari sekolah atau lingkungan lain. Jadi apakah money parenting  dari keluarga itu penting? Jawabanya sangat penting. 

Sebagai orang tua, pasti tidak mau anaknya tidak bisa bertanggung jawab dengan keuangannya. Bahaya loh! mau punya aset sebanyak apapun kalau tidak bisa mengaturnya, keuangannya kelak bisa-bisa berantakan atau  habis tak bersisa. 

Bagaimana cara Money Parenting ?

Pentingnya Money Parenting
Sumber : www. Eatspring.com

Pada dasarnya masing-masing keluarga punya cara tersendiri untuk mengajarkan keuangan anaknya. Dan tujuannya sama yaitu agar anak-anak bisa mengelola keuangan kelak ketika dewasa. Menurut Presiden Direktur Eatspring Investments Indonesia,  Money Parenting  harus diajarkan kepada anak-anak sehingga saat  dewasa bisa membuat keputusan finansial yang lebih baik.

Ini dia daftar money parenting  yang bisa kamu ajarkan kepada anak-anak dengan cara sederhana : 

A. Ajarkan anak-anak untuk mendapatkan sesuatu harus berusaha.

Suka memanjakan anak dengan memenuhi seluruh permintaannya bisa jadi bumerang. Kenapa? Karena takutnya ketika dewasa nanti masih ada pola meminta  kepada orang tua. Ajarkan mulai dari memenuhi permintaan anak dengan beberapa syarat. 

Misalkan anak harus ikut aktif membantu ibu mencuci piring atau membereskan mainan setelah bermain. Bisa juga dengan cara membuat tantangan seperti kalau nilai rapot rata-rata naik, nanti dibelikan buku keren.

B. Mengenalkan anak dengan menabung 

Biasanya anak-anak dapat angpao saat Chinese New Year atau dapat salam tempel saat Idul Fitri. Disiplinkan anak untuk menabungkan uang tersebut. Caranya jangan diminta langsung, tapi ajak anak ke bank. Beberapa bank juga mengadakan tabungan bagi anak-anak. 

Atau paling mudah gunakan piggy bank. Cara tradisional dengan menggunakan celengan. Ajarkan anakmu menyisakan uang yang didapatnya  ke celengan. 

C.  Membagi  uang ke beberapa pos

Kebutuhan anak memang tidak sebanyak kita sebagai orang dewasa. Ajarkan anak juga mengenai pembagian tabungan ke beberapa pos keuangan. Misalkan uang angpao dipecah ke beberapa celengan (piggy bank). Celengan khusus untuk belanja, celengan untuk tabungan, dan celengan untuk sedekah. 

Dengan pembagian uang ke beberapa pos, anak pasti akan paham kalau uang tidak boleh dimasukan kedalam satu bentuk tabungan. 

Alasan harus paham mengenai Money Parenting?

Pengetahuan mengenai ilmu Money Parenting  ini bisa kamu ulik lebih  lengkap di situs   Eatspring Investment, kamu pasti akan  sadar betul kenapa harus paham mengenai Money Parenting. Ini dia alasan kenapa harus tau money parenting : 
  1. Anak jadi tahu bahwa uang disimpan menjadi beberapa pos keuangan 
  2. Mengajarkan kalau uang didapat dengan berusaha
  3. Mengajarkan untuk tidak menjadi pribadi yang boros
  4. Anak terbiasa dengan menyisihkan uang saku 
  5. Anak akan menghargai uang yang dimiliki

Perbedaan Menabung dan Invesatsi

Menabung dan Invesatsi memang sama-sama untung. Tapi apakah keduanya sama? Jelas tidak. Menabung  itu sama halnya menyimpan dan mengumpulkan uang di bank. Bagaimana dengan investasi? Investasi yaitu penyaluran modal dengan harapan mendapat keuntungan dari modal yang ditanam.

Lebih baik punya investasi atau tabungan? Jawabanya keduanya harus punya. Kenapa? Karena tabungan bisa kamu gunakan disaat kamu membutuhkan. Sedangkan investasi bisa digunakan untuk jangka panjang. Misalkan untuk dana pensiun atau rencana lainnya.

Mengenalkan anak dengan dunia investasi, why not?!

sumber : canva.com

Menginjak usia remaja , alangkah baiknya anak-anak dikenalkan dengan investasi. Apa itu Investasi? 

Investasi adalah penanaman modal (uang atau aset berharga) dalam jangka waktu tertentu dengan harapan kedepannya pemilik modal mendapat keuntungan. 

Di Indonesia ada beberapa instrumen investasi yang tersedia di berbagai platform. Kamu bisa memilih investasi dimanapun asal tahu risiko dan paham cara kerjanya. Berikut adalah daftar instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang : 

Instrumen Investasi
sumber : canva.com

Dengan mengenalkan investasi kepada anak-anak, mereka akan mendapat wawasan menarik. Mereka jadi tahu betul bahwa uang sebaiknya dibelanjakan pada instrumen invesatasi. Jadi kedepannya ketika dewasa sudah tidak asing lagi dengan yang namanya invesatsi.

Investasi yang cocok buat berbagai kalangan? Emang ada?

Jawabannya tentu saja  ada! Apalagi investasi yang satu ini risikonya rendah dan tidak dikenakan pajak.
Jadi investasi yang cocok adalah investasi yang tingkatan risikonya rendah seperti reksadana.

Buat anak-anak, kawula muda, atau orang tua, jelas reksadana boleh banget jadi portofolio investasi.
 Dibandingkan dengan saham, reksadana lebih cocok . Kenapa? Karena tidak terlalu fluktuatif.  

Apasih reksadana itu?

Reksadana adalah suatu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat (investor) yang selnjutnya dikelola manajer investasi dan diinvestasikan ke beberapa portofolio efek. 

Kira-kira apa untungnya investasi reksadana?

sumber : Pixabay.com
Masing-masing instrumen investasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Menurut situs Insvestnow ada beberapa keuntungan investasi reksadana :

A.  Bisa investasi sesuai profil risiko

Dalam berinvestasi, semua orang memiliki karakternya sendiri.  Ada yang suka dengan kepastian, ada yang suka juga untung tinggi dan risiko tinggi. Kamu bisa memilih profil  risiko konservatif, moderate, atau agresif. 

B.  Investasi reksadana bisa dimulai dari  dana minim

Dana minim susah investasi? Siapa bilang!? Salah satu instrumen investasi paling murah meriah ya jelas reksadana namanya. Bayangkan kamu bisa investasi seharga nasi rames yang ada di warteg. Kamu bisa beli reksadana mulai dari Rp. 10.000

C. Keuntungan maksimal tanpa dikenai pajak 

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang tidak akan dikenakan pajak. Jadi keuntungan yang kamu dapat benar-benar bisa dinikmati penuh.  Berbeda dengan emas, properti, P2P Lending, keuntungan akan  dikenakan biaya pajak. 

Capai Financial Freedom dengan menerapkan Money Parenting  dan rutin investasi Reksadana

sumber : canva.com

Money Parenting  akan sangat membantu dalam pembentukan karakter anak saat berurusan dengan keuangannya. Jadi apakah Money Parenting  bisa membantu mencapai financial freedom? Jawabannya YA,tentu saja. 

Anak-anak yang didik dengan diajarkan pengelolaan keuangan tentu peluang menuju kebebasan finansial akan lebih besar dibanding yang tidak diajarkan money parenting.  Anak-anak bisa upgrade ilmu hingga dewasa nanti mengenai pengelolaan finansial yang baik.

Seperti yang kita tahu financial freedom merupakan mimpi semua orang. Untuk anak-anak kita dukung dengan menerapkan money parenting  yang tepat. Bagi kita yang menginjak dewasa bagaimana? 

Bagi kita tentu saja salah satunya rutin investasi reksadana. Reksadana sangat membantu kita meraih financial freedom. Daripada uang diendapkan di tabungan bank atau dideposito, reksadana memberikan return  yang lebih besar. 

Money parenting dan investasi
sumber : Invesnow.id

Supaya nambah portofolio investasi, kamu bisa banget beli reksadana di Invesnow.id. Kenapa harus di Invesnow.id?

Karena memiliki  108 produk reksadana  dengan 21 Manajer Investasi terverifikasi. Selain itu mereka juga memegang Lisensi APERD OJK sejak 2017. Jadi jelas keamanannya dan banyak pilihannya :)

Penutup

Demikian pembahasan mengenai money parenting  dan reksadana. Keduanya bisa mengantarkan kita semua pada titik bebas finansial. Tentunya dengan syarat harus rutin dan konsisten mempraktikanya. Sekian dan Terimakasih

Semoga bermanfaat :)