Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tools Keyword Research terbaik

Tools Keyword Research terbaik

Penamorf -  Keyword Research merupakan salah satu aktivitas meriset kata kunci dengan tools keyword research dimana hasilnya nanti akan digunakan untuk membuat suatu konten.  

Tujuan dari melakukan riset keyword adalah untuk memiliki konten berkualitas dan bisa bersaing dengan sempurna di mesin pencari. Dengan bersaing dengan baik di mesin pencari, tentu saja akan mendapat trafic yang besar.

Kembali ke tools keyword research, saat ini terbagi menjadi dua tools. Tools keyword research yang pertama adalah yang gratis dan yang kedua adalah yang berbayar. 

Berikut adalah 7 tools keyword research terbaik :

1. Aherfs Keyword Generator

Tools Keyword Research terbaaik di nomor satu adalah Aherfs Keyword Generator. Tools ini merupakan tools riset kata kunci yang bisa digunakan secara gratis. 

Informasi  terkait dengan volyme pencarian, tingkat kompetisi, tanggal update, dan semua hal yang terkait dengan keyword akan ditampilkan.

Selain untuk riset keyword, Aherf juga menyediakan alat untuk mengecek trafic, backlink. Namun untuk mengakses alat tersebut harus upgrade berbayar. 

2. SEMrush Keyword Magic Tool 

SEMrush keyword magic tool merupakan salah satu tools keyword research terbaik selanjutnya.  Supaya bisa mengakses secara gratis, maka harus mendaftar akun dengan gmail.

Informasi yang disajikan tools ini cukup basik yaitu volume pencarian bulanan, tingkat kepadatan kompetisi untuk iklan, dan tingkat kompetisi keyword.

Supaya lebih leluasa dalam menggunakan tools SEO yang satu ini, harus upgrade ke fitur premium atau berbayar. 

3. MOZ Keyword Explorer

Keyword tools selanjutnya adalah MOZ Keyword Explorer. MOZ sudah menjadi tools SEO yang cukup dikenal dan dipercaya banyak orang. 

Informasi yang didapat berupa keyword terkait, CTR organik, dan lain-lain. Untuk versi gratis, pengguna bisa menggunakan masa percobaan selama 10 hari. 

4. Ubersugest

Tool SEO selanjutnya adalah tool yang dibuat oleh ahli SEO  yaitu Neil Patel. Bila digunakan secara gratis, tool ini sangat direkomendasikan. 

Alasannya karena informasi yang didapat cukup banyak, sebut saja seperti volume pencarian, tren keyword, CPC, tingkat kompetisi berbayar dan organik, dan rekomendasi judul konten.

Dalam satu hari bisa digunakan secara gratis sebanyak 3 kali, Namun karena gratis jadi akses cukup terbatas. 

5. Google Trends

Google juga memiliki tools keyword researchnya sendiri.  Anda bisa menggunakan tool ini secara gratis tanpa perlu bayar apapun. 

Informasi yang didapat berupa volume pencarian keyword,  keyword yang trending, wilayah atau daearah yang mencari suatu kata kunci, dan topik terkait.

6. Keywordtool.io

Tools selanjutnya yang menjadi tool riset keyword adalah keywordtool.io .  Sangat cocok untuk mencari long tail keyword. 

Kabarnya tool yang satu ini dipercaya oleh perusahaan besar seperti Uber dan Philip. Bukan hanya keyword di Google, tapi bisa juga ditempat yang lain.

Untuk mendapatkan akses kesemua fitur, pengguna bisa membayar seharga 69USD sampao 159USD setiap bulannya. 

7. Google Keyword Planner 

Bukan hanya google trend, Google juga menghadirkan Google Keyword Planner yang bisa membantu anda mendapatkan kata kunci yang tepat dari Google.

Namun tools keyword research yang satu ini cocok untuk mencari kata kunci untuk iklan. Tools ini merupakan bagian dari Google Ads. 

Fitur Discover New Keyword bisa digunakan  untuk mencari kata kunci yang saling berhubungan. Fitur Get Search Volume Forecast bisa digunakan untuk mencari performa keyword