Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Keyword Research? Ini penjelasannya :

Apa itu Keyword Research?

Penamorf -  Keyword Research atau riset kata kunci bagi orang awam istilah tersebut pasti belum begitu familiar. Namun bagi blogger, praktisi SEO, dan digital marketer, keyword research merupakan hal sering dikerjakan.

Sebagai pemilik situs, harapan terbesar adalah mendapatkan pengunjung dalam jumlah yang banyak.  Dan untuk mendapatkannya harus memahami SEO.

Keuntungan dari trafic yang tinggi bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan potensi klik AdSense, dan tujuan lainnya. 

Dalam tahapan paling awal untuk SEO, tentu saja tahap keword research. Apa itu keyword research?  Bagaimana sejarahnya ? Apa manfaat keyword research untuk SEO Blog? dibawah ini adalah pembahasannya :

Pengertian Keyword Research 

Dilansir melalui situs conductor.com,  keyword research atau riset kata kunci adalah suatu proses dimana seseorang meneliti suatu istilah pencarian populer yang diketik orang ke mesin pencari dan hasilnya dimasukan kedalam konten, sehingga konten yang dibuat akan muncul lebih tinggi di halaman mesin pencari.

Maka dari itu untuk profesi yang berkaitan dengan website dan mengutamakan trafik, keyword research pasti penting. 

Entah itu blogger, SEO Writer, Content Writer, bahkan digital marketer sekalipun perlu yang namnya riset kata kunci.

3 Hal yang dipertimbangkan dalam riset kata kunci

Dalam riset kata kunci ada tools yang bisa digunakan. Entah itu tools premium (berbayar) atau tools gratis. Namun dalam penggunaanya, semua memiliki kesamaan. Apa kesamaannya?

Kesamaannya adalah untuk mencari 3 hal yang dipertimbangkan dalam riset kata kunci. Berikut adalah 3 hal tersebut :
  •  Volume Pencarian Kata Kunci yaitu volume dari pencarian kata kunci di mesin pencari setiap bulannya. 
  • Daya Saing / Kesulitan yaitu tingkat kesulitan suatu kata kunci didalam mesin pencari. Semakin banyak yang mencari suatu kata kunci
  • Biaya Per Klik . Atau disebut dengan PPC merupakan rentang biaya perklik bagi suatu brand untuk menganggarkan suatu kampanye.

Manfaat Melakukan Keyword Research

Apakah untuk membuat suatu konten harus melakukan riset kata kunci? Jawabannya tidak harus. 

Karena pada dasarnya riset kata kunci dilakukan untuk kalangan tertentu yang bertujuan agar kontennya berada di page satu mesin pencari. 

Berikut adalah manfaat melakukan keyword research : 

A. Membuat Konten yang memenuhi kebutuhan pembaca

Sebenarnya keyword research ini erat kaitannya dengan search intent.  Bagi yang belum tau, Search intent adalah tujuan dari pencarian keyword.

Dengan melakukan riset kata kunci maka sudah tahu apa search intent dari keyword yang dipilih. Sehingga sudah pasti bisa menemukan ide-ide yang bisa mendukung pembuatan konten.

B. Paham tentang topik yang dicari user 

Salah satu manfaat dari keyword research adalah  mengetahui topik yang dicari oleh user. Dengan memahami topik yang sedang dicari user, tentunya bisa membuat konten yang tepat sasaran. 

C. Meningkatkan Trafic

Riset kata kunci tentu saja bisa menemukan kata kunci populer yang banyak dicari. Dengan menggunakan kata kunci populer, ada peluang untuk meningkatkan trafic . Usahakan menggunakan kata kunci volume pencarian tinggi dan tingkat saingan rendah. 

D. Meningkatkan peringkat di mesin pencari

Keyword hasil research bisa diterapkan didalam konten.  Tentu pemilihak keyword yang tepat akan mendapatkan trafic yang tinggi. 

Dengan trafic yang tinggi, mesin pencari mendeteksi situs tersebut memiliki konten berkualitas. Dan akhirnya situs tersebut direkomendasikan mesin pencari dengan pringkat yang lebih baik.

Itu dia pembahasan mengenai keyword research. Riset kata kunci bisa diterapkan utntuk berbagai manfaat.