Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Jenis Search Intent

Pengertian dan Jenis Search Intent

Penamorf - Halo sobat Pena! Hari ini kita  akan upgrade pengetahuan tentang search intent. Sebagai blogger yang ilmunya harus ditambah, sepertinya  wajib hukumnya memahami search intent. 

Search intent sendiri memiliki keterkaitan dengan keyword atau kata kunci. Kata kunci bagi pengguna saat googling memang tidak begitu penting.

Karena ketika keyword diketikan di Google maka hasilnya akan muncul dengan sendirinya. 

Tapi dimata seorang blogger profesional, kata kunci ternyata  penting dan menjadi tombak utama saat artikel meluncur di mesin pencari Google. 

Setiap kata kunci yang dicari oleh pengguna di search engine (Google, Bing, dan yang lain), pengguna pasti memiliki tujuan dan maksud tersendiri. 

Sebagai blogger, ternyata mengetahui tujuan dari pengguna saat mencari informasi di search engine  itu cukup penting karena ada alasan khusus.

Alasannya yaitu berusaha menyediakan konten yang relevan dan juga membantu pengguna atau pengunjung dari search engine. 

Hal diatas erat kaitannya  dengan yang namanya search intent. Jadi apa itu search intent? Ini dia penjelasannya :

Pengertian Search Intent 

Dilansir Penamorf melalui laman yoast.com, search intent adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan tujuan pencarian online. 

Penjelasan lain dari Aherf.com yang ditulis oleh Joshua Hardwick, search intent merupakan alasan dibalik pencarian kata kunci. 

Dengan mengetahui alasan pencarian, seorang blogger bisa memberikan konten yang relevan dan tidak melenceng dari kata kunci yang sedang dicari. 

Alasan Paham Search Intent itu penting 

Mesin pencari Google menganggap relevansi konten terhadap keyword adalah suatu keutamaan  bagi kepuasan pengguna.

Mengetahui tujuan dibalik kata kunci yang dicari user akan memudahkan blogger dalam menentukan konten relevan serta keberhasilan SEO suatu blog.

Bila konten relevan dan berkualitas, pengunjung pasti puas dan Google akan merekomendasikan blog dengan menampilkannya di page one Google.

Jenis-Jenis Search Intent 

Sudah diketahui tadi bahwasanya search intent adalah  tujuan  pengguna dibalik pencarian kata kunci  di mesin pencari. 

Dan faktanya search intent terbagi menjadi 4 menurut situs semrush.com. Apa saja? ini dia jenis search intent yang wajib diketahui : 

A. Transactional

Sesuai dengan namanya transactional memiliki arti transaksi. Jadi  jelas bahwa pencarian keyword dengan tujuan transaksi mengarah pada pembelian atau penjualan. 

User setidaknya sudah tahu mengenai barang atau jasa yang akan dibeli. Keyword yang digunakan dengan tujuan transaksi contohnya : jual xiaomi redmi 10A, booking hotel, beli tiket KA, dan keyword lainnya.

B. Informational 

Pada dasarnya semua user yang mengetikan keyword  di kolom pencarian Google memiliki tujuan untuk mencari informasi.

Informational memiliki arti bahwa orang yang mengetikan keyword mencari informasi berupa definisi, penjelasan, atau keterangan tertentu. 

Contoh  keyword yang berkaitan dengan tujuan informational misalnya kisah sukses Jack Ma, museum yang ada di Jakarta, dan keyword lainnya. 

C. Navigational

Berbeda dengan jenis informational  dan transactional, jenis navigational  memiliki arti navigasi. Apa maksudnya?

Maksudnya user  ingin mengunjungi situs tertentu tanpa mengetahui nama domainnya.

Misalkan user  mencari situs saungwriter, maka pengguna mengetik saungwriter di google search dan hasilnya langsung mengarah ke saungwriter. 

4. Commercial Investigation

Kalau dilihat secara umum, jenis search intent  yang satu ini sangat mirip dengan transactional.
Kenapa begitu? Karena mengarah pada pembelian. 

Terus apa bedanya dengan transactional? Bedanya adalah pada investigasi, user  melakukan research  kecil atas produk atau jasa

Contoh keyword untuk tujuan commercial investigation misalnya spesifikasi iPhone 13 Pro Max, Harga  sepatu Nike Air Jordan, dan lain-lain. 

Itu dia pembahasan mengenai pengertian dan jenis search intent. Sebagai blogger, pengetahuan search intent cukup penting.



Sumber tulisan diambil dari Yoast.com