Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Pelajaran Hidup Yang Telat Dipelajari Banyak Orang

Pelajaran Hidup Yang Telat Dipelajari Banyak Orang

Penamorf - Halo sobat Pena! Pelajaran hidup apa yang sudah kamu pelajari setelah lulus sekolah? Jawaban masing-masing orang pasti berbeda-beda. 

Admin pena sering nongkrong di Quora, sebuah situs yang digunakan untuk tanya-jawab. Hebatnya Quora adalah sebagai pengguna bebas bertanya apapun. 

Kemarin admin Pena menemukan pertanyaan, tentang pelajaran hidup yang telar dipelajari banyak orang. Dan jawabannya cukup membantu mental seseorang yang sedang kacau. 

Berikut adalah 7 pelajaran hidup yang telat dipelajari banyak orang : 

1. Risiko Terbesar adalah Tidak Mengambil Risiko

Di era modern yang serba canggih, hidup sudah pasti semakin maju hari demi hari.  Dan mau tidak mau kita juga harus mengikutinya bukan. Mengambil risiko sudah pasti menjadi makanan sehari-hari. 

Risiko terbesar dalam hidup adalah tidak mengambil risiko. Artinya kamu berada di kondisi itu terus menerus. Tidak ada kemajuan.

2. Kebanyakan masalah berasal dari pikiran

Overthinking adalah pikiran berlebihan terhadap sesuatu . Apapun itu tentang perasaan, tentang ekspektasi, tentang masa lalu, masa depan, intinya yang membuatmu berpikir tentang itu. 

Overthinking merupakan sumber masalah karena identik dengan negativitas. Ujung dari overthinking bisa saja membuatmu merasa rendah diri dan kehilangan motivasi. 

3. Jangan Pedulikan Omongan Orang 

Sebagai makhluk sosial tentu kebutuhan memiliki koneksi itu penting. Di Indonesia,  kehidupan sosial terlalu komunal. 

Saking komunalnya, ruang privasi menjadi sangat tipis bila dibandingkan dengan kehidupan orang Barat. 

Hasilnya tentu saja hidup jadi sering mendengar komentar atau judge dari orang lain. Untuk omongan negatif jangan dimasukan ke hati, tapi cukup difilter saja. 

4. Bahagia itu Pilihan 

Bahagia itu pada dasarnya datang dari dalam diri kita sendiri. Semakin dewasa semakin tahu bahwasanya menggantungkan kebahagiaan diluar diri kita adalah kesalahan. 

Bila kebahagiaan yang ada diluar diri kita pergi, kita menjadi pribadi yang tentu tidak bahagia. Jadi bahagiakanlah dirimu, dalam kondisi apapun. 

5. Kamu tidak bisa puas

Manusia pada dasarnya adalah  makhluk yang serakah.  Untuk memuaskan sifat serakah tersebut, manusia wajib hukumnya untuk  bekerja keras. 

Bila membandingkan diri dengan orang lain akan membuatmu merasa kurang. Mungkin cara yang paling tepat adalah dengan membandingkan diri di masa yang lalu. 

6. Hidup ini tidak adil

Hal ke-6 mengenai pelajaran hidup yang telat dipelajari adalah bahwasanya hidup  tidak pernah adil. Kita harus paham bahwa tidak ada yang sempurna. 

Dan bila kita menginginkan hidup lebih baik, maka mau tidak mau harus bekerja keras. Yang membuat hidup ini adil atau tidak adalah dirimu sendiri. 

7. Semua itu hanya sementara

Hal yang harus diketahui dan dipelajari semua orang adalah tidak ada kepribadian, kondisi, situasi hidup yang permanen. Apapun itu!

Entah hubungan pertemanan, kekayaan, kondisi terpuruk, kesedihan, kebahagiaan. kesuksesan, semua sifatnya sementara. 

Pelajaran hidup hendaknya membuat kita mengetahui sedikit ilmu dari semesta yang luas ini. Sekian dan Terimakasih. Semoga bermanfaat.