Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Kenapa Kamu Jangan Dulu Investasi

Alasan Kenapa Kamu Jangan Dulu Investasi

Penamorf - Halo sobat Pena! Investasi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan passive income dan juga memperbanyak kekayaan yang bisa berguna dimasa depan. 

Namun diluar sana masih banyak orang-orang yang terjerumus ke investasi bodong. Atau mengalami kerugian besar karena minimnya pengetahuan. 

Berikut ini adalah alasan kenapa kamu jangan dulu investasi. Daripada salah langkah dan menderita kerugian yang nanti ditanggung. 

Dibawah ini adalah 5 alasan jangan dulu investasi :

1. Belum mempelajari Instrumennya Terlebih Dahulu

Kalau kamu investasi dengan harapan untung kedepannya, tapi disisi lain kamu belum memperlajari instrumennya, sama saja bohong. Sebelum memulai untuk investasi pelajari cara kerja dari instrumen invesatsi yang akan dipilih. 

Selain cara kerja, pelajari juga kelebihan dan kekurangan dari instrumen tersebut. Dengan mempelajari instrumen investasi seperti saham, reksadana,dan instrumen lainnya, keputusan yang diambil untuk invest akan lebih terarah. 

2. Belum punya penghasilan tetap

Supaya investasi lancar sebaiknya gunakan uang dingin. Maksud dari uang dingin adalah uang yang berasal dari penghasilan entah dari pekerjaan atau dari bisnis yang sudah dibangun. 

Investasi lebih baik menggunakan uang dingin. Jangan sampai menggunakan uang dari utang bank atau pinjol.

3. Tidak ada tujuan yang jelas

Investasi itu harus punya tujuan. Benar atau tidak, investasi yang ada tujuanna ternyata akan dilakukan lebih konsisten oleh investornya dibanding dengan yang tidak bertujuan.

Karena dengan target, manusia akan fokus untuk memenuhi target tersebut. Kamu bisa investasi RDPU untuk dana pensiun, bisa juga invest saham untuk pendidikan anak, dan lain-lain.

4. Hanya berharap untung

Beberapa influencer diluar sana kerap kali memamerkan manisnya saja seperti keuntungan dari investasi. Tidak salah memang, karena bisa jadi bagian dari edukasi. 

Tapi kalau penyampaian salah bisa-bisa audien seperti kita malah mengharapkan keuntungannya saja. Perlu diketahui tidak semua instrumen investasi membawa keuntungan. 

Setiap instrumen baik emas, p2p lending, saham, reksadana bergerak naik dan turun. jadi tidak menjamin 100% untung.

5. Belum memiliki rencana 

Untuk mencapai tujuan investasi tentu saja harus memiliki rencana untuk segera mencapainya. Mulai dari sumber dana yang akan diinvestasikan, diversifikasi, melihat trend market (saham), dan lain-lain. 


Itu dia alasan kenapa kamu jangan dulu investasi. BTW admin Pena ada nih emas gratis yang disediakan oleh OneAset. Kamu bisa dapatkan emasnya disini!