Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Harus Hindari Pinjaman Online Ilegal

Hindari Pinjaman Online

Penamorf - Halo sobat Pena! Kebutuhan hidup seiring berjalannya waktu sering bertambah. Mulai dari konsumsi, investasi, dan kebutuhan mendesak lainnya. Kalau kamu tidak ada dana saat ada kebutuhan mendesak lebih baik hindari pinjaman online apalagi pinjaman online ilegal.

Memang meminjam uang menggunakan pinjaman online cukup mudah. Rata rata prosedurnya mengisi identitas terus foto selfie dan foto KTP. Setelah itu bebas meminjam uang  dan langsung cair masuk rekening. 

Mudah karena tidak seribet minjem duit ke bank. Tapi kalau kamu salah pinjam apalagi pinjam di pinjaman online ilegal. Bisa jadi bumerang. Berikut adalah alasan harus hindari pinjaman online ilegal : 

1. Bunga cukup besar

Iming iming mudah cair memang cukup menggiurkan. Bayangkan ketika kamu sedang kepepet tinggal isi data jepret foto langsung dapat duit di rekening. Tapi kalau salah pinjam apalagi ke pinjaman online ilegal.

Pinjaman online ilegal memiliki bunga yang besar. Nilainya diatas 10% dari jumlah uang yang kamu pinjam. Angka itu merupakan angka yang cukup besar. 

2. Biaya administrasi 

Selain bunga yang persentasenya cukup besar. Pinjaman online ilegal juga punya biaya embel embel. Mereka biasanya menyebut dengan biaya administrasi. Jadi ketika kamu pinjam uang dengan nominal RP.x maka yang masuk RP.x dikurangi biaya administrasi. 

Jadi ibaratkan kamu meminjam terus membayar dengan bunga. Kamu juga dibebankan biaya administrasi. 

3. Denda yang mencekik

Selain bunga dan biaya administrasi yang diluar aturan, pinjaman online ilegal juga membuat aturan denda yang berbeda. Biasanya pinjol yang diawasi OJK memiliki batasan bunga dan denda 0.8%. Kalau pinjol ilegal mereka membuat aturan sendiri. 

Jadi kalau kamu pinjam dan telat pembayaran. Bisa bisa denda dan bunga terus terakumulasi. Utang sudah pasti akan membengkak dan uang yang harus dibalikan jumlahnya semakin besar. 

4. Penagihan diluar prosedur

Pernah melihat berita korban pinjaman online yang ditagih secara kasar?  Atau kasus bunuh diri karena diteror oleh oknum pinjaman online ilegal? Kasus kasus itu sering terjadi karena penagihan diluar prosedur. 

Mereka bisa saja melakukan teror terhadap peminjam, keluarga, teman, bahkan rekan kantor peminjam. 

5.  Data bocor hingga karir terancam

Pinjaman online ilegal kerap kali menggunakan data KTP dan data nomor telepon pengguna untuk mengancam dan mengintimidasi. Beberapa kasus juga membuat korban pinjol ilegal dipecat dari pekerjaannya. 

Kenapa? Karena rekan kerja dan atasan juga ikut diteror untuk menagihkan utang peminjam pinjol. Cara ini cukup ekstrem karena membunuh karir secara langsung