Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Skill Seorang Digital Marketer yang wajib dikuasai bisnis UMKM

skill digital marketer

Penamorf - Digital Marketer merupakan sebuah profesi yang cukup menjanjikan saat ini. Apalagi dengan adanya pandemi covid, hampir semua bisnis bertransisi dari offline pindah ke online. 

Beberapa dari bisnis yang melakukan transisi, ada yang berhasil bertahan tapi tidak sedikit juga yang akhirnya gulung tikar. 

Mau tidak mau, pebisnis juga harus bisa belajar skill digital marketer. Apalagi kalau bisnisnya masih kecil dan punya keinginan mengembangkan bisnis di tingkat yang lebih besar, skill digital marketer wajib dipelajari. 

Apa saja skill digital marketer yang wajib dikuasai?  Ini jawabannya : 

1. Tahu cara mengenalkan produk

Sebagai seorang digital marketer, pengenalan produk adalah tugas utama.  Mulai dari mengenalkan kelebihan produk, harga produk, cara menggunakan produk, dan lain lain. 

Pengenalan produk melalui bentuk konten video atau foto bisa dilakukan di sosial media. Banyak teknik yang bisa membuat produk itu semakin dikenal. 

Metode story telling melalui konten instagram cocok untuk mengenalkan produk  dan mengembangkan bisnis. 

2. Desain

Skill seorang digital marketer selanjutnya adalah desain. Yap desain untuk marketing di sosial media memang perlu banget untuk menarik follower. 

Pengguna sosmed seperti instagram menikmati konten konten yang menarik. Dari segi desain yang bisa bikin nyaman mata dan juga isi konten yang bisa menambah wawasan. 

3. Copywriting 

Copywriting merupakan salah satu bagian dari divisi marketing. Dan biasanya seorang copywriting juga bekerja bersama team. 

Bagi yang belum tau, copywriting merupakan teknik menulis yang sifatnya persuasif untuk meningkatkan penjualan. 

Digital marketer juga harus punya sense mengenai skill yang satu ini. Jadi bukan hanya sekedar memikirkan sosial media, tapi ke tingkat yang lebih tinggi untuk meningkatkan penjualan. 

4. Sosial Media 

Sosial media merupakan salah satu tempat yang digunakan digital marketer untuk memasarkan dan mengenalkan produknya. Selain website, marketplace, sosial media dinilai lebih menjangkau audiens. 

Skill digital marketer yang dibutuhkan tentu saja menumbuhkan sosial media. Mulai dari meningkatkan engagement, meningkatkan follower, dan lain-lain. 

5. E-Comerce

E-comerce atau toko online di Indonesia sendiri ada banyak jenisnya. Skill seorang digital marketer adalah memahami dan meningkatkan penjualan  melalui e-comerce. 

Biasanya e-comerce memiliki metode promosinya sendiri menggunakan iklan di dalam platform marketplce. 

Itu dia skill seorang digital marketer yang wajib dikuasai. Entah bisnis sekelas umkm atau franchise sekalipun.