Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tanda Bahwa Kamu Hidup Bertambah Dewasa

Tanda Hidup Semakin Dewasa

Penamorf - Halo sobat Pena! Lama juga tidak bersua. Bun hidup berjalan seperti bajing*n........ Seperti landak yang tak punya teman. Btw penggalan kalimat tadi merupakan lirik lagu 'Bertaut' karya Nadin Amizah. 

Siapa yang ngga kenal Nadin? Dara cantik berusia 20 tahunan. Penyanyi yang memiliki lagu-lagu paling relate bagi generasi kelahiran 1995-2003 saat ini. 

Berjalannya waktu, seiring bertambahnya usia mau tidak mau harus dipaksa menjadi  "dewasa" . Kata dipaksa itu pasti sangat sesuai bagi kita yang akan menginjak kepala dua. 

Angka 20 menandakan selamat tinggal pada masa anak-anak dan remaja. Kata 'dewasa' tidak bisa dihindari, dan harus dijalani. 'Mendewasakan diri" baik itu mental, finansial, spiritual menjadi PR besar. 

Kelak tahap 'mendewasakan diri' ini akan menjadi bekal saat kita menjadi orang tua.

5 Tanda bahwa kamu hidup bertambah dewasa ini dijamin relate bagi yang sedang berproses : 

1. Circle Pertemanan Mengecil

Teman-teman yang dulu selalu ada disisimu sekarang sudah pergi dengan jalannya masing-masing. Dulu bisa saja main bareng, curhat ngobrol ngalor ngidul, pergi kemanapun bareng. Sekarang hanya sekedar teman yang lihat status WA saja. 

2. Pusing dengan pekerjaan dan kuliah.

Usia 20an bagi yang kuliah mungkin sudah tahap akhir. Atau bisa  saja usia 20an baru memulai kuliah dan bekerja. 

Tanda usia semakin dewasa adalah sibuk dengan kesibukan. Entah kuliah atau pekerjaan, intinya mulai banyak menabung dan menambah  income. 

3. Punya target hidup

Namanya hidup pasti ada target-target yang ingin dicapai. Dan target itu juga ingin sesegera mungkin didapat selama orang tua masih hidup. 

Bisa dibilang fase mewujudkan target hidup ini perlu yang namanya kesabaran dan juga konsistensi yang cukup tinggi. 

4. Sudah bosan dengan drama kehidupan

Salah satu hal yang dihindari orang dewasa adalah drama. Entah drama kantor, drama di lingkungan pertemanan, atau drama di lingkungan keluarga. 

Semakin dewasa tentu saja drama hanya menguras tenaga. Bukan sesuatu yang bagus dalam hidup. Kecuali drama korea, yang bisa menjadi hiburan. 

5. Lebih berempati

Pikiran orang dewasa berbeda dengan pikiran remaja atau anak-anak.  Semakin dewasa semakin tidak banyak menuntut ini itu yang berlebihan. Mereka semakin mengerti kenapa berbagai hal terjadi di dalam hidupnya, kenapa orang datang dan pergi, kenapa masalah banyak yang datang, dan banyak lagi. 

Semakin dewasa semoga semakin bertumbuh. Menjadi jiwa yang baik dan kelak bahagia dihari tua nanti. Amin :)