Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Yang Harus Dimiliki di Usia 30 Tahun

5 Hal Yang Harus Dimiliki di Usia 30 Tahun

Penamorf - Pernah buka Twitter terus ketemu tweet "Usia 25 harusnya punya tabungan sekian" "Usia 30 minimal udah punya rumah plus tabungan 1 M" 

Tweet yang modelnya begitu biasanya bakal dibalas dengan netizen yang meradang. Mungkin karena banyak yang tidak relate dengan standar tersebut, jadi wajar banyak yang emosi. 

Kalau dipikir-pikir lagi, pada dasarnya setiap orang boleh kok punya target di usia  25 harus punya x, di usia 30 harus punya z. Tidak ada yang salah.  Karena target seperti itu dibuat untuk diri sendiri, bukan  untuk orang lain. 

Karena setiap orang punya garis start yang berbeda dan punya prievelegnya masing-masing. Hasil dan pencapaiaan juga pasti beda, tidak ada yang sama. 

Sekitar beberapa hari yang lalu, melalui kanal Youtube ci Felicia Putri Tjiasaka ada video yang cukup menarik. Judulnya "5 hal yang harus dimiliki di usia 30 tahun" 

Berikut adalah daftarnya : 

1. Memiliki Network 

Usia 30-an setidaknya harus memiliki jaringan. Jaringan disini bukan jaringan internet ya! Tapi koneksi dalam bidang apapun itu. 

Mulai koneksi kantor, koneksi kawan lama, koneksi satu hobi, atau koneksi open trip buat traveling bareng random people. 

Semakin muda maka semakin bagus untuk memulai network. Bila memiliki banyak kawan dari berbagai background maka bisa membantu dibanyak hal. 

Salah satu faktor supaya memiliki koneksi yang bagus adalah dengan memiliki dan memberikan value lebih. 

2. Punya Super Power atau Skill

Tidak ada yang namanya jalan pintas. Skill baik itu hardskill ataupun softskill semua dibangun dari yang namanya kebiasaan. Tidak bisa dibangun hanya dengan satu malam saja. 

Sebelum usai 30, lakukan eksplorasi sebanyak mungkin. Apapun itu mulai dari ketertarikan, hobi, hingga passion. 

Ketika menemukan sebuah skill yang cocok dan merasa bisa berkembang didalamnya, tinggal fokus saja. Jadilah expert pada suatu skill, yang mana bisa membayarmu dengan mahal. 

3. Memiliki Purpose of Life

Tujuan hidup merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki di usia  30 tahun.  Menurut Stephen Covey, sebagai manusia harus hidup dengan "Start With The End". 

Artinya kita harus memiliki gambaran tentang hidup kita di masa depan. Entah 5 tahun lagi atau 10 tahun lagi. 

Adanya tujuan hidup membuat kita lebih semangat dalam menjalani hidup.  Perlu diketahui, tujuan hidup beda dengan tujuan finansial. 

Jadi tujuan hidup lebih luas, misalkan memiliki anak di usia Z, menikah di usia N, dan lain-lain. 

4. Punya Kegagalan

Takut gagal merupakan hal yang tidak baik. Bila di sekolah diminta untuk tidak gagal, maka di kehidupan harus bisa dan menghabiskan jatah kegagalan. 

Kegagalan dalam bidang yang ditekuni bisa jadi pelajaran yang memiliki makna tersendiri. Selagi muda, maka bagus bila punya banyak pengalaman gagal. 

Daripada takut mencoba, lebih baik berani mencoba. Meski gagal, setidaknya masih ada banyak hal yang bisa dicoba sebelum usia 30 tahun. 

5. Punya hobi menabung

Hobi menabung mungkin terkesan simple dan sepele. Namun dengan habbit menabung yang dipupuk sejak dini, maka  kedepannya tidak akan menjadi beban bagi orang lain (terutama orang tua). 

Usahakan setiap bulan memiliki paling minim 10% uang untuk ditabung. Lebih bagus lagi punya budget juga untuk investasi. 

Sayang kan uang kalau cuma ditabung saja, dibiarkan  tanpa berkembang dengan sendirinya. 

Untuk masalah investasi kamu bisa banget belajar tentang dunia  finansial di aplikasi OneAset. Disana ada komunitas yang isinya teman-teman influencer keuangan. 

Kamu bisa sedot ilmu mereka dengan follow dan membaca artikel terbaru mereka. Untuk daftar OneAset bisa daftar disini : Daftar OneAset.  Untuk mengaktifkan komunitas gunakan kode 7RM6.