Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku-buku yang wajib dibaca di usia 20an

Buku-buku yang wajib dibaca di usia 20an

Penamorf -  Buku. beberapa orang menganggap buku bukanlah hal menarik. Padahal sejak zaman dahulu buku merupakan sebuah media yang digunakan untuk berbagi ilmu pengetahuan.

Di usia 20an memang bagusnya membaca banyak buku. Apapun itu bukunya. Mulai dari buku keuangan, buku self improvement, atau kalau niat boleh banget baca buku filosofi. 

Tapi minimal banget si baca buku keuangan dan baca buku self improvement. Buku filosofi kadang cukup berat (berat isinya). Jadi untuk mendapatkan isinya, perlu waktu untuk mencerna lembar demi lembar. 

Buku apa aja si yang wajib dibaca bagi sobat yang umurnya 20an? Hmm ini nih rekomendasi buku buat sobat  dari Penamorf

1. Filosofi Teras by Henry Manampiring

Tenang guys! Meski ada kata "Filosofi" pada judul buku. Isinya mudah banget dipahami kok. Nggak berat-berat banget!

 Buku "Filosofi Teras" cocok untuk menemani sobat dalam proses mencari jati diri. Didalamnya terdapat beberapa kiat-kiat untuk menjalani hidup, mengatur emosi, dan juga menjadikan diri kita pribadi yang baik. 

2. Selimut Debu by Agustinus Wibowo

Biasanya sobat kalau traveling  itu kemana? Ke pantai ? Gunung? ke Singapura? ke Vietnam? ke Bali? atau ke rumah pacar? wkkw

Selimut Debu merupakan buah tangan dari Agustinus Wibowo. Seorang  mahasiswa TsingHua University yang melakukan perjalanan ke berbagai negara. 

Isi buku ini mengajarkan tentang perjalanan hidup di negara konflik seperti Afganisthan. Dibalik bom yang meledak, suara tembakan dari senjata api, Afganisthan memiliki keindahan dibalik debu yang tebal. 

Cocok buat pengganti traveling, buku Selimut Debu dilengkapi foto asli jepretan Agustinus Wibowo.

Baca buku ini jadi menambah insight, bahwa mereka yang hidup di negara konflik masih ada harapan, masih ada hidup, masih ada senyum. Meskipun satu negara luluh lantah

3. The Subtle Art of Not Giving a Fxck by Mark Manson

Buku karya Mark Manson yang satu ini memang viral. Di toko buku Gram buku ini cukup lama berada di rak best seller. 

Saking viralnya, buku ini dijual bajakan di marketplace warna oren dan warna hijau.  Isinya memang tentang apa si? 

Buku ini penyampaian cukup frontal tapi benar-benar jujur. Isinya tentang bagaimana untuk tidak terlalu fokus pada kelemahan, bagaimana cara menyikapi hidup, bagaimana menyikapi kegagalan. 

Bagus buat sobat yang lagi down atau mengalami demotivasi. 

4. Why  The Rich Are Getting Richer by Robert Kiyosaki

Robert Kiyosaki merupakan seorang business man, motivator, dan juga seorang penulis. Karya tulisannya saat ini berhasil membuka mata banyak orang. 

Banyak insight menarik tentang literasi keuangan dalam buku ini. Isinya adalah bagaimana memahami tentang tabungan, hutang, dan pajak. Habit orang kaya disini juga dikupas tuntas, mereka yang kaya tidak bekerja untuk uang. Uanglah yang bekerja untuk mereka.

Why The  merupakan kelanjutan dari seri Rich Dad Poor Dad. Wajib dibaca banyak  wawasan tentang keuangan. 

5. Rich Dad Poor Dad by Robert Kiyosaki

Rich Dad Poor Dad lahir pada tahun 1997. Artinya sudah lebih dari 20 tahun buku ini ada dan merupakan kakak dari "Why The Rich Are Getting Richer"

Buku ini tentang apa si? Isinya cukup kompleks. Robert Kiyosaki menjelaskan bahwa hutang itu bukan sesuatu yang buruk bila digunakan untuk hal produktif. Disisi lain buku ini merupakan kisah hidup tentang bagaimana ayah kaya mendidik dan bagaimana ayah miskin mendidik.


Ada ribuan buku  menarik diluar sana. Menurut admin, 5 buku diatas merupakan buku yang wajib dibaca di usia 20an. 

Di usia 20an, dimana jati diri mulai dibentuk. Kondisi mental, finansial,  benar-benar ditumbuk., dicampur dan memiliki tantangan atau tekanan. Buku-buku diatas memberikan solusi, insight, dan tips untuk menjalani hidup lebih baik.

Sekian,,,