Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Layanan Paylater dan Kelebihannya

Mengenal Layanan Paylater dan Kelebihannya

Penamorf - BNPL  atau Buy Now Paylater merupakan istilah dalam beberapa tahun ini cukup ramai dibicarakan.

Paylater  beberapa kali muncul di sosial media. Rata-rata konten tentang paylater muncul dengan keluhan  karena gaji yang mereka dapat  digunakan untuk mencicil paylater

Sebenarnya apakah paylater ini bermanfaat? Jawabannya bisa bermanfaat dan bisa juga bikin orang stress. Tergantung penggunaanya. Kalau bijak, akan baik-baik aja. Tapi kalau penggunaan paylater brutal, bisa nambah masalah.

Nah dibawah ini merupakan penjelasan mengenai paylater dan juga kelebihannya

Pengertian Paylater

Paylater adalah istilah untuk metode pembayaran yang digunakan konsumen tanpa mengeluarkan uang langsung karena sudah dibayarkan oleh perusahaan yang memberikan utang dalam jangka waktu yang ditentukan. Dimana konsumen berkewajiban mencicil kepada penyelenggara paylater.

Sejarah Paylater

Di Indonesia  Paylater sendiri mulai marak  sejak tahun 2018.  Sobat tahu gak si? Sebenarnya paylater itu sudah ada sejak abad 19. Artinya tahun 1800an sudah ada sistem paylater  tradisional. 

Menurut Wikipedia bahasa Inggris, BNPL awalnya ada di India dengan nama Udhar Khata. Udhar Khata  merupakan sistem paylater  tradisional berbasis kertas. 

Dimana udhar khata  digunakan oleh kiranas (toko kelontong ) untuk menyediakan layanan pembelian dengan kredit instan. 

Sekarang paylater menjelma menjadi layanan yang disediakan oleh e-commerce dan e-wallet. Lebih canggih, instan, dan juga tidak ribet. 

Apakah Paylater dan Kartu Kredit itu sama? 

Keduanya memang sama-sama masuk ke ranah utang. Tapi pada dasarnya kartu kredit dan paylater  memiliki banyak perbedaan. 

Secara fungsi, kartu kredit memiliki fungsi yang lebih fleksibel. Kartu kredit bisa digunakan untuk berbagai macam pembayaran. Bisa digunakan untuk  belanja konsumtif hingga membayar biaya rumah sakit juga bisa loh. 

Kalau paylater  biasanya hanya bisa digunakan untuk membayar sesuatu di platform marketplace

Perbedaan keduanya juga terletak pada limit. Limit paylater tergantung pada skor kredit. Sedangkan limit kartu kredit tergantung kebijakan bank yang mengeluarkannya. Misalkan tergantung jenis kartu kreditnya.

Kartu kredit dan paylater  memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tetapi ada sebuah fakta menarik, ternyata paylater lebih diminati ketimbang kartu kredit. 

Kira-kira apa alasannya ya? berikut ini merupakan kelebihan dari paylater  

Kelebihan Layanan Paylater

1. Proses pendaftaran yang cepat 

Layanan paylater saat ini sudah bisa dinikmati masyarakat di berbagai platform. Mulai dari dompet digital, marketplace, atau aplikasi pinjaman online seperti Akulaku dan Julo. 

Proses pendaftaran paylater tidak sesulit mendaftar kartu kredit yang mengharuskan seseorang pergi ke bank. Cukup dengan internet, gawai, dan juga mengisi beberapa persyaratan. Dalam waktu kurang dari 24 jam bisa di-approve.

2. Cocok untuk membeli sesuatu sebelum gajian 

 Ketika budget konsumsi sudah habis, paylater bisa menalangi dana untuk membeli barang yang sedang dibutuhkan. 

Di waktu yang mepet sebelum mendapatkan transferan gaji dari pekerjaan. Paylater bisa menjadi opsi pembayaran saat membeli suatu barang ditanggal akhir bulan. 

3. Promo Paylater beragam 

Paylater memang cukup menarik. Apalagi paylater yang disediakan oleh marketplace. Ada saja promo yang membuat pembeli terpikat. 

Misalkan dengan menggunakan paylater akan bisa menikmati buy 1 get 1. Bisa juga bila menggunakan paylater dari wallet X saat beli barang di marketplace Z akan dapat  diskon sampai 30% untuk minimum pembelian Rp.sekian

Dengan promo yang menarik, konsumen akan tergiur 

4. Bisa digunakan banyak kalangan 

Paylater memang beda dengan kartu kredit. Sifatnya lebih menjangkau banyak kalangan, membuat paylater disukai banyak orang. Tidak perlu memiliki tabungan sebesar XYZ atau penghasilan minimal Rp sekian. Semua kalangan bisa menggunakan paylater

Bijak menggunakan paylater 

Paylater menyajikan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Tapi dibalik itu semua pada dasarnya lebih bagus bayar full langsung. 

Tahu kan alasannya? Selain terhindar dari cicil-mencicil. Penggunaan paylater yang berulang bisa menjadi kebiasaan. 

Selain itu kebahagiaan juga bisa turun.  Siapa juga yang suka kalau dapat duit bukannya diinvestasikan atau ditabung malah digunakan buat nyicil paylater. 

Jadi baik-baik deh sama penggunaan Paylater.