Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Aplikasi Bank Jago, Fitur, Kelebihan, Cara Daftar, dan Kode Referal

Review Aplikasi Bank Jago

Penamorf - Halo sobat Pena! Pada kesempatan kali ini, admin Pena berkesempatan mereview Bank Jago. Bank Jago sendiri pada dasarnya sudah ada sejak tahun 1992. 

Di tahun 2020,  aplikasi Bank Jago diluncurkan. Kabarnya per Juli 2022, Bank Jago tembus lebih dari 3 juta pengguna yang tersebar di Indonesia. 

Terus bagaimana dengan fitur aplikasi Bank Jago? Apa kelebihan aplikasi Bank Jago? Apa kekurangan bank Jago? Berikut adalah detailnya : 

Tentang Bank Jago 

Bank Jago dulunya adalah Bank Artos Indonesia


PT. Bank Artos Indonesia merupakan awal dari Bank Jago. Didirikan pada tahun 1992 di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. 

 26 tahun kemudian, PT Bank Artos Indonesia Tbk menawarkan saham kepada publik dengan melantai di Bursa Saham Indonesia. Kode emiten  PT Bank Artos Indonesia Tbk adalah ARTO. 

Akhir tahun 2020,  PT Dompet Karya Anak Bangsa (GoPay) memiliki kepemilikan Bank Jago  sebesar 22,16%

Bank Jago dari Segi UI/UX 

Bank Jago. Meskipun namanya Bank Jago, tapi tidak ada logo bergambar ayam jago. Wajar, karena jago disini adalah kata sifat. Sesuai tagline Bank Jago : #Selangkah Lebih Jago. 

Saat membuka aplikasi ini, logo Bank Jago terpampang dengan warna kuning tua.  Dari segi tampilan, Bank Jago jauh lebih baik ketimbang bank digital lainnya. 

Alasannya karena mudah dipahami, tidak terlalu ramai dengan icon. Dan fitur-fiturnya juga tidak kalah lengkap dengan digital bank lainnya. 

Bagaimana dari segi UX? Aplikasi bank Jago tidak gampang mengalami lag. Semuanya lancar jaya dan tidak ada kendala. Mungkin bila signal provider tidak bagus, baru aplikasi susah diakses. 

Fitur -Fitur  Aplikasi Bank Jago 

Fitur Aplikasi Bank Jago


Bank Jago sebagai salah satu bank digital yang hadir di Indonesia tentunya tidak mau kalah dengan digital bank  lain. 

Bank Jago menghadirkan berbagai fitur yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Berikut adalah fitur Bank Jago : 

A. Fitur Kirim dan Bayar

Layaknya  bank lain, Bank Jago menyediakan fitur kirim dan bayar . Namun, Bank Jago memiliki programnya sendiri.  Sebut saja seperti : 

A1. Transfer antar Bank

Untuk fitur transfer antar bank, Bank Jago meenyediakan 25-150 kali transfer gratis tanpa biaya. Tergantung dari jenis level akun. 

A2.  Bayar tagihan 

Tagihan listrik, tagihan air, kartu kredit, dan internet disediakan oleh Bank Jago.

A3.  Top Up E-Wallet

Bank Jago juga mendukung fitur untuk top up dompet digital.  Dompet digital yang bisa langsung diisi adalah  Gopay, Dana, LinkAja, dan OVO. 

B. Fitur Kontak 

Fitur kontak merupakan fitur yang memudahkan untuk menyimpan nomor rekening bank atau e-wallet milik saudara / sahabat / keluarga dengan menggunakan buku telepon.

C. Personalisasi 

Fitur ini mempermudah pengguna untuk mempersonalisasikan akun Bank Jago supaya lebih mudah digunakan. Mulai dari ganti foto, edit ID Bank Jago, atur bahasa, atur emoji, dan lain-lain.

D. Shortcuts

Shortcuts  atau jalan pintas menjadi salah satu fitur andalan Bank Jago. Bank Jago paham betul bahwa penggunanya bisa sibuk. Jadi dengan adanya shortcuts, pengguna bisa melakukan personalisasi  seperti menghubungkan fitur, menghubungkan kantong, dan lain-lain.

E. Kartu Debit VISA

Salah satu keunggulan dari Bank Jago adalah menghadirkan kartu debit VISA yang bisa diajukan secara online melalui aplikasi Bank Jago. 

Kartu debit Bank Jago bisa digunakan untuk bertransaksi secara offline di ATM berlogo ATM Bersama, Alto, dan VISA di seluruh dunia 

F. Analisis Pengeluaran

Bagi pengguna Bank Jago yang kesulitan memantau pengeluaran, tenang ada fitur analisis pengeluaran.  Pengeluaran bisa dipantau dengan adanya chart pie dan kategorisasi pengeluaran. Analisis pengeluaran di Bank Jago juga sudah dibantu dengan Artificial Intelegent, sehingga sudah 

G. Kantong 

Bila Bank BCA Digital (BLU : Baca Review Aplikasi BLU)  menggunakan kata saving untuk budgeting, maka Bank Jago menggunakan nama lain yaitu  fitur pocket atau kantong. Fungsinya sama sebagai fasilitas  dalam budgeting. 

Batas maksimal pocket atau kantong yang bisa dibuat hanya 40 kantong saja.  Dengan kantong, pengguna bisa membuat tabungan khusus terpisah. Misalkan untuk traveling, untuk beli gadget, dan lain-lain. 

I. Kantong Terkunci

Kantong terkunci adalah produk deposito milik Bank Jago.  Bunga yang ditawarkan sendiri hanya berkisar 4% saja. Buat kamu yang mau invest jangka pendek with Bank Jago, bisa banget nih pakai fitur kantong terkunci.

J. Kantong Bersama 

Punya pasangan yang lagi nabung buat rumah? atau punya plan umroh bareng keluarga. Bank Jago memberikan  fasilitas kantong bersama. Pengguna bisa menabung bersama dengan pengguna lainnya. 
Lumayan memudahkan karena bisa nabung bareng + meraih goals bareng. 

K. Kantong Berbagi 

Punya temen lagi ulang tahun atau punya temen lagi resepsi pernikahan? kantong berbagi dari Bank Jago ini cocok buat kamu yang mau kirim uang dalam rangka acara tertentu. Selain itu sudah disediakan kartu ucapan yang tinggal diedit saja. 

L. Fitur Tagihan 

Menagih lewat WhatsApp sudah biasa. Nah Bank Jago memberikan fasilitas  tagihan, yang mana bisa digunakan pengguna untuk menagih uang ke pengguna lainnya. 

M. Fitur Keamanan 

Bank Jago memberikan fitur keamanan yang mumpuni.  Mulai dari autentifikasi dua faktor, login fingerprint,  PIN, gadget terhubung, dan lain-lain. 

Kelebihan Aplikasi Bank Jago 

Dengan persaingan  bank digital yang cukup besar di Indonesa, Bank Jago tentu melengkapi berbagai fitur dan memberikan kelebihan bagi penggunanya.

Apa saja kelebihan Aplikasi Bank Jago ? 

1. Bisa dihubungkan dengan PayPal 

PayPal merupakan dompet digital yang biasa digunakan oleh freelancer  dalam bertransaksi mata uang asing. 

Bank Jago bisa digunakan untuk verifikasi PayPal.  Jadi bukan hanya transaksi dalam negeri saja, dengan PayPal untuk transaksi luar neger juga bisa. 

2. Membuat rekening secara online dan cepat 

Pengguna Bank Jago bisa membuka rekening secara online dimanapun dan kapanpun. Pengalaman admin, membuka rekening Bank Jago tidak lebih dari 60 menit.  Setelah isi data diri dan video call, rekening langsung jadi. 

3. Bisa transfer bebas biaya 

Bank Jago memberikan kelebihan berupa transfer bebas biaya. Batas untuk transfer bebas biaya adalah 25-150 kali.  Jumlah batas transfer biaya tergantung dari level akun Bank Jago. 

4. Personalisasi tanpa batas

Bank Jago membebaskan penggunanya untuk membuat tampilan UI lebih nyaman dan praktis. Misalkan membuat shortcuts versi sendiri dengan membuang menu yang tidak pernah dipakai. 

5. Bisa tarik tunai via ATM 

Bank Jago menyediakan fasilitas tarik tunai di ATM berlogo ATM Bersama, VISA, dan juga Alto. Artinya Bank Jago  tidak sebatas transaksi online saja, melainkan bisa  transaksi secara offline.

6.  Langsung Terhubung dengan GoPay dan Bibit

Salah satu alasan admin Pena menginstal Bank Jago adalah bisa dikoneksikan langsung dengan Bibit. Yang mana Bibit membuat fitur pencairan cepat bagi  2 produk reksadananya khusus pengguna Bank Jago. 

Dana darurat cocok banget untuk pakai fitur ini. Bila sewaktu-waktu membutuhkan , bisa tarik cepat ke akun Bank Jago

Cara Daftar Bank Jago 

  • Unduh aplikasi Bank Jago di PlayStore dan AppStore
  • Pilih daftar akun
  • Gunakan nomor HP dan Email yang masih aktif
  • Lakukan pengisian data 
  • Jangan lupa siapkan KTP dan NPWP (NPWP tidak wajib)
  • Setelah pengisian data selesai biasanya Video Call untuk aktivasi rekening
  • Tunggu sekitar 15 menit hingga verifikasi selesai. 
  • Jangan lupa verifikasi email. 

Kode Referal Bank Jago

Kode Referal Bank Jago

Dengan menggunakan referal Bank Jago, pengguna baru bisa mendapatkan Rp25.000.  

Gunakan Kode Referal : SAL5C26

Yap! Itu dia review mengenai Bank Jago. Kamu belum pakai Bank Jago? Gunakan referal diatas :)