Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Aplikasi Kitabisa, Kekurangan, Kelebihan, dan Fitur

Review Aplikasi Kitabisa, Kekurangan, Kelebihan, dan Fitur

 Penamorf - Halo sobat Pena! Kali ini admin Pena akan mereview aplikasi Kitabisa dari sisi fitur, kelebihan dan kekurangan. 

Di era yang serba elektronik saat ini, sedekah saja sudah bisa online. Dulu sedekah sering kali dilakukan secara offline. Entah langsung ke yayasan, melalui rumah ibadah, atau bisa juga sedekah lewat penggalangan dana yang turun ke jalan.

Kitabisa dulunya sejenis situs yang mempertemukan pihak donatur dan pihak yang membutuhkan dana. Pihak yang membutuhkan dana ini bermacam-macam, mulai dari organisasi hingga individu. 

Indonesia sebagai salah satu negara paling dermawan di dunia sudah pasti membutuhkan platform seperti Kitabisa. 

Jujur semenjak menggunakan Kitabisa, masalah sedekah atau donasi jadi tidak bingung. Berikut adalah review aplikasi Kitabisa, kekurangan, kelebihan, dan fitur. 

Tentang Kitabisa

Kitabisa merupakan sebuah platform yang dikelola oleh Yayasan Kitabisa sebagai operator kegiatan galang dana dan donasi, serta didukung oleh PT Kita Bisa Indonesia yang memberikan support teknologi dan subsidi biaya operasional. 

Saat ini Kitabisa sudah membantu 6 juta orang baik untuk berdonasi kepada 100.000 galang dana, 3000 lembaga sosial, dan 250  program perusahaan. 

Kitabisa sudah berdiri pada tahun  2013. Artinya sudah lebih dari 9 tahun Kitabisa  menjembatani donatur dengan berbagai kegiatan sosial. 

Fitur Kitabisa

Aplikasi Kitabisa saat ini bisa diunduh di Playstore bagi pengguna Android dan juga iOS untuk pengguna Apple.  Jadi kedua ios dengan jumlah pengguna terbanyak sudah bisa install aplikasi Kitabisa. Bagaimana dari sisi UI/UX? Apakah aplikasi Kitabisa nyaman digunakan? 

Dari sisi UI, aplikasi Kitabisa sangat nyaman digunakan. Latar belakang warna  yang mendominasi adalah putih dan biru. Cukup membuat  "adem" mata penggunanya. 

Dari sisi UX, aplikasi Kitabisa tidak memberatkan penggunanya. Tidak ada bug ataupun error  yang menjengkelkan 

Saat membuka aplikasi Kitabisa, user langsung disodorkan dengan 4 menu utama yaitu donasi, donasi saya, inbox, dan akun. 
  • Donasi 
Pada menu donasi  terdapat banyak sekali fitur. Mulai dari kantong donasi, zakat, galang dana, dan saling bantu. 

Dibawahnya terdapat penggalangan dana yang mendesak, program spesial Kitabisa, pilihann kita bisa, doa  orang baik, dan doa dari yang terbantu. 
  • Donasi Saya
Pada menu "donasi saya" terdapat jumlah berapa kali donasi yang dilakukan. Lengkap dengan kalender dan juga statistik jenis donasi apa yang sering dilakukan. 
  • Inbox
Untuk menu inbox sendiri terdapat fitur berita dan pesan. Berita mengabarkan tentang pencairan dana terbaru. Sedangkan fitur pesan fungsinya untuk menerima dan berkirim pesan. 
  • Akun
Pada bagian akun terdapat informasi pribadi, pengaturan, bantuan, dan lain-lain. 

Kelebihan Aplikasi Kitabisa 

Sebagai aplikasi donasi, Kitabisa memang cukup unggul. Jujur selain dari UI/UX yang nyaman, fiturnya cukup lengkap. Berikut adalah kelebihan dari aplikasi Kitabisa : 

1. Memiliki dompet donasi yang bisa diisi dengan berbagai metode pembayaran 
2.  Ada prioritass untuk penggalangan dana yang mendesak
3. Adanya fitur "Saling Bantu" untuk mendapatkan biaya rumah sakit
4. Statistik donasi cukup lengkap
5. Bisa mulai sedekah atau donasi mulai dari Rp 1000
6. Adanya fitur yang bisa digunakan untuk sedekah subuh

Kekurangan Aplikasi Kitabisa

Aplikasi Kitabisa  memang memiliki banyak sekali kelebihan. Dan hanya ada beberapa yang membuat admin merasa kurang puas. Berikut adalah kekurangan aplikasi Kitabisa : 

1. Adanya  biaya admin untuk setiap isi dompet donasi
2. Bagi donatur apabila salah transfer saat isi dompet donasi makauntuk  pencairan dana kembali  perlu waktu lama. 

Pertanyaan tentang aplikasi Kitabisa

Apakah Kitabisa penipu?

Jawabannya adalah tidak. Kitabisa merupakan lembaga penyelenggara amal yang diawasi oleh badan pemerintah

Apakah dana donasi Kitabisa  mudah untuk dicairkan?

Jawabannya tidak mudah. Perlu proses yang cukup memakan waktu karena harus kontak dengan pihak kitabisa. 

Kesimpulan 

Sejauh ini aplikasi Kitabisa merupakan aplikasi donasi yang paling bagus. Dari sisi fitur maupun UI/UX cukup memuaskan.Dan bagi pegiat sedekah subuh, aplikasi Kitabisa wajib digunakan.