Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review P2P Lending Easycash Terbaru : Kelebihan, Kekurangan, dan Referal

Review P2P Lending Easycash Terbaru

Penamorf - Halo sobat Pena! Salah satu cara untuk melipat gandakan tabungan yang kita miliki adalah dengan menginvestasikannya melalui instrumen P2P Lending.  Saat ini P2P Lending ada banyak aplikasinya. Salah satunya adalah P2P Lending Easycash

Bagi yang anti riba, jangan pernah investasi melalui P2P Lending konvensional. Pasalnya berbeda dengan P2P Lending Syariah. 

Pada kesempatan kali ini admin Pena akan membahas dan membuat review P2P Lending Easycash. Easycash merupakan aplikasi yang dikenal sebagai pinjaman online di Indonesia. 

(Baca : Review pinjaman online dan Kode Referal  Easycash)

Iklan Easycash kerap kali ditemukan di berbagai platform, seperti Youtube, TikTok, dan sosial media lainnya. 

Karena iklan inilah, admin Pena tertarik membuat review P2P Lending Easycash. 

Tentang Aplikasi P2P Lending Easycash : 

Easycash merupakan platform P2P Lending sekaligus pinjaman online konsumtif di Indonesia. Asal tahu saja, Easycash sendiri berada dibawah naungan PT. Indonesia Fintopia Technology bagian dari Fintopia.Inc yang berpusat di Beijing, Tiongkok. 

Jadi jelas perusahaan induknya bukan dari Indonesia, tapi dari Tiongkok. 

Easycash dari sisi UI/UX 

Review easycash dari sisi UI/UX. Jujur dari sisi UI, Easycash jauh lebih simple dari aplikasi P2P Lending lainnya seperti  Koinworks. 

BTW Koinworks merupakan aplikasi P2P Lending yang admin pakai pertama kali. Kamu bisa baca Review aplikasi Koinworks dengan klik link biru.

Easycash bisa dibilang "miskin" fitur secara UI. Meski miskin, tapi enak banget digunakan. Tidak bertele-tele. Infonya juga cukup jelas tanpa terganggu tampilan yang heboh. 

Dari segi UX bagaimana? Sejauh ini Easycash tidak ada bug ataupun hambatan yang membuat pengalaman pengguna menjadi buruk. 

Kelebihan investasi di P2P Lending Easycash 

Bagi pengguna yang tidak mempermasalahkan bunga (riba), Easycash bisa menjadi P2P Lending yang sangat menggiurkan. Berikut adalah keuntungan investasi di P2P Lending Easycash : 

1. P2P Lending Konsumtif

Easycash merupakan salah satu aplikasi P2P Lending konsumtif.  Artinya uang dari lender (pemberi modal) digunakan oleh borrower (peminjam) untuk kegiatan konsumsi. 

P2P Lending konsumtif lebih lancar arus  uangnya ketimbang P2P Lending produktif. Kenapa ? Hal ini karena P2P Lending produktif digunakan oleh perusahaan atau umkm untuk mengembangkan bisnis yang memerlukan waktu lebih lama dalam pengembalian modal.

Jadi P2P Lending konsumtif lebih cepat secara durasi waktu. Penagihan yang dilakukan easycash juga lebih cepat  yaitu selama 15 hari sekali. 

Berbeda dengan P2P Lending produktif yang mana paling cepat 30 hari.

2. Bunganya cukup besar 

Bunga dari Easycash sendiri cukup besar.  Admin membandingkan dengan P2P Produktif seperti Koinworks. 

Untuk pendanaan Rp 1 juta di Koinworks (program KoinRobo) dalam satu bulan hanya mendapat bunga Rp. 4.000

Sedangkan pendanaa Rp 1 juta di Easycash (program 1 bulan) mendapat bunga Rp.12.000. Nominal diatas belum dipotong pajak. 

3. Bisa melihat profil borrower  

Kelebihan P2P Lending Easycash adalah bisa melihat profil borrower.  Memang tidak diperlihatkan secara detail , tetapi informasi profil borrower  cukup membantu lender  dalam meminjamkan modal. Salah satunya adalah credit score, semakin tinggi credit score maka semakin besar peluang pengembalian dana + bunga. 

4. Support CS yang gercep + ramah

Salah satu hal yang paling disukai pengguna adalah CS yang fast respon. CS dari easycash  sendiri kualitasnya sudah ok. 

Admin mengalami saat kendala pada proses rekening bank, saat contact CS  langsung ditanggapi. Perlu digaris bawahi bahwa support CS hanya bisa diakses saat hari kerja pada jam kerja.

5. TKB90 = 100%

TKB90 maksudnya adalah  tingkat keberhasilan  platform P2P Lending selama 90 hari dalam menyelenggarakan pinjam meminjam. 

Dengan angka 100%, jujur saja itu angka yang menakjubkan. Artinya tidak ada kecacatan sama sekali selama 90 hari terakhir. Tidak ada kasus gagal bayar. 

Jadi kalau mau investasi di easycash, hanya dari melihat TKB90 harusnya si tidak ragu. 

6. Dicover Asuransi

Yaps, meskipun memiliki TKB90 sebesar 100%, bukan berarti pinjaman easycash  tidak ada yang mengalami gagal bayar.  Pasti ada saja yang mengalami gagal bayar. 

Easycash bekerja sama dengan asuransi supaya lender  tidak khawatir ketika borrower  mengalami gagal bayar. 

7. Withdraw cepat, tanpa dipotong biaya admin 

OK ini berdasarkan pengalaman pribadi.  Pendanaan sebesar Rp.1000.000 admin selesai dalam waktu 1 bulan dengan bunga  Rp.12.000. Besaran pajak sekitar Rp.2000. Jadi keseluran bersih Rp.1.010.000.

Penarikan dana total sebesar  Rp. 1.010.000 pada tanggal 21, dan besoknya pada tanggal 22 sudah masuk ke rekening Bank Neo Commerce tanpa dipotong biaya admin. 

Kekurangan P2P Lending Easycash 

P2P lending easycash sudah cukup bagus. Jujur aplikasinya cukup simple dan sejauh ini tidak ada masalah saat investasi P2P Lending di Easycash. Terus apa kekurangannya? berikut adalah kekurangan P2P Lending Easycash :

1. Support CS tidak 24 Jam

Salah satu kekurangan dari Easycash adalah tidak bisa support CS 24 Jam. Memang easycash bukanlah layanan perbankan, tetapi akan lebih baik bila support CS 24 jam juga.  Rata-rata pertanyaan diluar jam kerja malah dijawab oleh robot. 

Referall P2P Lending Easycash

Oh ya admin lupa! Kelebihan lainnya adalah easycash  memiliki program referal yang sangat menarik. Bagi kamu yang mau daftar easycash, bisa banget pakai kode referal  dibawah ini : 

Oqom7bUJ

Easycash sudah masuk daftar OJK sebagai platform yang aman.  Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat :)