Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Aplikasi P2P Lending Koinworks, dapat uang tambahan dari uang tabungan

Koinworks

     Dalam dunia investasi, kita bakal mengenal banyak sekali jenis jenis dari investasi. Mulai dari investasi fisik seperti tanah, property, emas. Atau investasi non fisik seperti saham, reksadana, cryptocurrency, dan P2P lending.

     Kali ini penamorf akan membahas salah satu aplikasi financial technology (fintech) yang bergerak dibidang P2P Lending.  Dasar dari pembuatan artikel ini adalah, untuk memberi wawasan kepada teman-teman pembaca, kalau menganggurkan uang itu kurang berarti. Lebih baik uang tersebut di investasikan. Salah satu investasi yang cocok untuk uang yang menganggur adalah P2P lending.

     Apa itu P2P Lending?  P2P Lending merupakan  praktik atau metode memberikan pinjaman uang kepada individu/bisnis dan juga sebaliknya; mengajukan pinjaman untuk keperluan individu/bisnis. Pada intinya, P2P Lending yaitu menghubungkan antara pemberi pinjaman (pendana/pendana) dengan peminjam secara online.

     Intinya banyak deh aplikasi P2P Lending, misalnya Investree,  Amertha, dan lain-lain. Yang akan penamorf review adalah Aplikasi Koinworks.

Latar Belakang Koinworks


     Sobat Penamorf mungkin sering melihat iklan Koinworks di iklan google yang tampil di website. Dulu admin pena sendiri cukup tertarik mengingat investasi P2P Lending belum begitu massif. Jadi Koinworks didirikan dengan induk perusahaan bernama PT Lunaria Annua Kapital.

     CEO dan Co-Founder dari Koinworks adalah Benedicto Haryono. Admin pena tahu informasi eksekutif Koinworks dari link berikut  https://koinworks.com/super-app/tentang-kami. Dalam link tersebut tercantum informasi lengkap mulai dari CEO, Executive Chairmain, hingga Investment and Finance Director semua ada informasinya.

Pendaftaran Aplikasi Koinworks 



     Pendaftaran Koinworks ini sangat mudah. Bisa dilakukan untuk individua tau bahkan bisa dilakukan untuk perusahaan atau CV.  Untuk pribadi cukup memasukan  Nama Lengkap, Tangal Lahir, Nomor telepon, alamat email, dan kode referral (bersifat oposional).

     Sementara itu untuk akun bisnis (perusahaan, CV, atau bisnis rumah tangga). Pendaftaran dilakukan dengan pengisisan nama usaha, nama pemilik, nomor telephone, nama email bisnis, dan juga kode referral yang bersifat opposional.

     Selanjutnya akan dimintai informasi atau link verifikasi melalui email. Informasi tersebut biasanya berkaitan dengan identitas. Misalnya penguploadan KTP, informasi rekening, informasi penghasilan, dan yang lain.

Pinjaman dan Pendanaan yang ada di Koinworks


Koinworks

     Koinworks sendiri membagi dua pinjaman yaitu KoinBisnis dan KoinPintar. KoinBisnis diperuntukan untuk usaha yang sedang membutuhkan dana.  Sedangkan KoinPintar diperuntuksn untuk pinjaman pendidikan. Sayangnya pendidikan ini hanya diperuntukan untuk kursus IT yang sangat terbatas.

     Kursus IT itu hanya diberikan kepada dua lembaga.  Dua lembaga Kurusu IT itu adalah Hacktive  dan juga Algoritma. Hactive merupakan tempat khusus untuk kursus web developer. Dan Algoritma merupakan tempat khusus untuk belajar data science.

     Sementara bagi pihak pendana ada 2 opsi saat ini yaitu KoinRobo dan KoinP2P. KoinRobo sendiri merupakan produk yang dikelola langsung oleh Koinworks dan bakal disalurkan ke perusahaan yang masuk kategori Best Performing,  Female Led, Lokal support Lokal, Top Up Loan.

     Koin P2P merupakan produk Koinworks yang bisa dibeli oleh pendana, yang mana hasil pendanaan tersebut langsung disalurkan ke perusahaan yang mengajukan pinjaman. Pinjaman Koin P2P sendiri dibagi mulai dari grade A sampai grade E.

Koinworks apakah penipu? 


Admin pena disini tegaskan lagi kalau Koinworks tidak melakukan penipuan. Apalagi Koinworks merupakan salah satu P2P Lending yang benar-benar di awasi oleh OJK.  Jadi tentu saja Koinworks tidak melakukan penipuan.

Namun kadang pendana selalu merasa dirugikan. Hal ini dikarenakan uang pendana yang disetorkan ke peminjam kadang lama diserahkan. Alhasil dana tersebut mengendap di tangan Koinwork. Kadang juga ada perusahaan yang sudah didanai, namun dikembalikan dengan status pinjaman dibatalkan.

Kualitas Customer Service Koinworks


Disini admin pena hanya pernah menghubungi pihak Koinwork. Waktu itu admin merasa nilai total akun admin menurun. Padahal keuntungan sebelumnya ada dan tidak menunjukan perusahaan yang gagal bayar ke admin.

Akhirnya Admin melaporkan kejadian tersebut kepada customer service Koinworks. Dan benar direspon sehari sesudahnya. Admin penamorf rasa tidak ada masalah dengan kualitas Koinworks.

 Kelebihan Koinworks

Menawarkan pinjaman yang cukup banyak variasinya. Mulai dari pendidikan, bisnis, baik untuk personal maupun perusahaan
Tenor tersedia mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, bahkan ada yang 24 bulan
Memiliki berbagai macam Grade pendanaan mulai dari Grade A (keuntungan kecil tetapi dana proteksi 100%) hingga Grade E (keuntungan besar
Investasi sudah bisa dimulai RP.100.000,00
Bisa diakses melalui website dan aplikasi
Ada fitur robo lending

Kekurangan Koinworks

Kadang nilai total akun turun dengan sendirinya
Aplikasinya cukup ribet secara UI (tampilan), menurut admin lebih bagusan yang versi dulu
Tidak ada pemberitahuan mengenai pinjaman yang mempunyai masalah

Posting Komentar untuk "Review Aplikasi P2P Lending Koinworks, dapat uang tambahan dari uang tabungan"