Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Dampak dari memendam emosi selama bertahun-tahun

 

5 Dampak dari memendam emosi selama bertahun-tahun

Penamorf -  Emosi merupakan salah satu bagian dari kejiwaan manusia yang tidak mungkin hilang. Emosi dan perasaan memang erat kaitannya, yang mana saling terhubung satu sama yang lain. Sayangnya orang tua di Indonesia sendiri memang tidak pernah diajarkan tentang pentingnya parenting. 

Jadi hasilnya anak yang kerap kali meluapkan emosi dengan berbagai cara kadang ditekan sedemikian rupa. Untuk diam dan seolah tidak memiliki hak untuk meluapkan emosinya. 

Apakah menekan emosi anak untuk diam adalah cara yang benar?  Jawabannya adalah salah besar. Kenapa ? karena ketika dewasa nanti ada banyak dampak yang akan diderita oleh si anak.  

5  Dampak dari memendam emosi selama bertahun tahun : 

1. Menjadi introvert / pemalu / pendiam 

Menjadi introvert bukanlah hal yang salah. Tetapi menjadi terlalu introvert / pendiam / pemalu  merupakan hal yang cukup mengganggu. 

Kenapa ? Karena untuk menjalin hubungan manusia dalam hal bekerja dan kehidupan sosial perlu interaksi yang bagus baik dari segi ekspresi maupun emosi yang ingin disampaikan.

2.  Menderita gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan salah satu penyakit mental yang saat ini banyak diidap oleh kawula muda. 

Beberapa waktu yang lalu admin Pena juga sempat mengecek kondisi kesehatan mental melalui Biro Psikolog. 

Dan hasilnya dinyatakan gangguan kecemasan. Sedikit kaget tetapi harus bisa menerima. 

3. Susah berekspresi

OK salah satu hal yang paling penting dalam hidup adalah harus bisa berekspresi.  Menjadi orang yang baik dan menarik adalah  prioritas saat ini.

Memendam emosi bisa berdampak pada kesulitan dalam berekspresi. Kenapa? Karena emosi yang terpendam akan berdampak pada ekspresi yang ditampilkan. 

4. Bisa meledak suatu ketika

Orang yang terbiasa memendam emosi biasanya mudah tertriger. Jadi  jangan kaget kalau orang yang sering memendam emosi biasanya bisa meledak. 

Meledaknya bisa bermacam-macam. Bisa berupa bentakan hingga sikap yang merugikan orang lain.  Admin pena pernah melihat kasus orang yang meledak dan emosional di tempat publik. Kasus ini pernah viral di TikTok. Dan solusi yang paling tepat memang harus dibawa ke profesional. 

5.  Susah berkembang

Orang yang hidup dengan memendam emosi dampaknya juga bisa berpengaruh pada perkembangan berbagai sisi. 

Mulai dari perkembangan sosial, perkembangan jiwa, hingga ke ranah ekonomi juga bisa terdampak. Susah berkembang bisa membuat orang yang mengalaminya terganggu akan kualitas hidupnya.