Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lagi Sibuk Sebar CV? 5 Hal Positif Yang bisa dilakukan saat mencari kerja

Mencari Pekerjaan

Penamorf -  Habis lulus dari kuliah rasanya pasti menyenangkan bukan? Sayangnya lulus kuliah bukanlah akhir perjuangan, tapi sebuah permulaan dari hidup yang penuh dengan tantangan. 

Prosesi wisuda yang menandakan lulus kuliah memang memberikan kelegaan tersendiri.  Bayang-bayang perjuangan skripsi yang berat dan panjang prosesnya  akhirnya terselesaikan. 

Setelah lulus,  diluar sana banyak sarjana juga yang siap bersaing. Masing-masing memiliki senjatanya sendiri. 

Ada yang bermodal prestasi kampus, ada yang bermodal bootcamp,  ada yang bermodal orang dalam. Memang rada ngeselin yang pakai orang dalam, tapi inilah Indonesia. 

Supaya waktumu lebih bermanfaat disaat menyebar CV ke berbagai perusahaan. Berikut adalah 5 hal positif yang bisa dilakukan saat mencari kerja. 

1.  Nambah Portofolio 

Bagi pekerja kreatif seperti social media specialist, graphic designer, SEO Specialist, dll.  Portofolio merupakan salah satu bagian yang akan dinilai oleh seorang recruitter

Disaat mencari pekerjaan dan menunggu panggilan interview, boleh lah membuat fake project portofolio  atau real portofolio juga bisa. 

Portofolio tersebut sangat berguna untuk mengasah kemampuan sekaligus menjadi bukti atas skill yang dimiliki. 

2.  Mengikuti career preparation  

Biasanya disetiap kampus ada biro pekerjaan yang mewadahi berbagai lowongan pekerjaan yang ditujukan pada mahasiswa semester akhir atau alumni. 

Kadang ada yang mengadakan seminar khusus  career preparation atau biasanya diadakan oleh jurusan masing-masing. 

Salah satus kelas career preparation  yang admin rekomendasikan adalah kelas career preparation milik habiskerja.com

3. Branding di Sosial Media

Sosial media saat ini menjadi salah satu alat efektif dalam marketing online. Bukan hanya menjual suatu produk, melainkan menjual diri dengan skill yang dimiliki. 

Bisa kan membuat conten tentang bidang pekerjaan yang diinginkan. Misal membuat kontent tentang jurusan kuliah yang dulu tempuh, buat konten tentang skill desain, dan masih banyak lagi. 

Banyak orang yang berhasil karena branding yang dibangun di sosial media.  Beberapa dari mereka berhasil mendapatkan karir yang diinginkan, memperbesar bisnis, dan kerjasama dengan berbagai perusahaan. 

4.  Berolahraga 

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Sebelum mental kamu digojlok dengan pertanyaan menohok oleh seorang recruitter. Olahraga bisa menjadi sarana untuk membuat pribadi lebih percaya diri. 

5. Mantengin LinkedIn + Nambah Koneksi

Salah satu sosial media yang kerap kali digunakan oleh recruitter  adalah  LinkedIn. Dimana LinkedIn sendiri merupakan sosial media yang diperuntukan bagi kalangan pekerja profesional. 

Disana ada banyak orang dengan berbagi macam pekerjaan yang bisa dipilih dan dikepoin. 

Nah itu dia 5 pekerjaanxx yang bisa dilakukan saat mencari kerja.