Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review dan Pengalaman Memperpanjang masa STNK dengan aplikasi Signal

 

Review dan Pengalaman Memperpanjang masa STNK dengan aplikasi Signal

Penamorf - Setiap orang pada dasarnya memiliki kesibukan sendiri. Saking sibuknya kadang beberapa hal penting harus tergeser dengan prioritas lain. 

Beberapa waktu yang lalu admin Pena mengurus paspor di imigrasi Cilacap. Kebetulan bersamaan dengan  perpanjang STNK. Ya bahasa lainnya harus bayar pajak kendaraan bermotor. 

Daripada ribet, harus ke imigrasi terus dilanjut ke samsat hanya sekedar membayar. Akhirnya searching lah cara memperpanjang STNK secara online. 

Dan ketemu jawabannya kalau bisa memperpanjang STNK secara online dengan aplikasi SIGNAL .

Apa itu aplikasi SIGNAL 

Bye The Way  aplikasi SIGNAL yang dimaksud adalah aplikasi Samsat Digital Nasional. Bukan aplikasi SIGNAL sebagai aplikasi chat. 

Dilansir dari samsatdigital.id,  SIGNAL merupakan aplikasi yang digunakan Kepolisian Repubil Indonesia untuk melayani pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), dan SWDKLLJ (Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Lalu Lintas Angkutan Jalan). 

Pengalaman Mendaftar Aplikasi SIGNAL 

Frist impression (Kesan pertama) mengunduh aplikasi SIGNAL adalah takjub. Yap! Untuk pertama kalinya admin melihat aplikasi buatan pemerintah bagus tanpa cacat. 

UI/UX aplikasi SIGNAL sangat bagus. Dari sisi tampilan enak dipandang, tidak berat dipakai di smartphone. 

Lalu bagaimana dengan pendaftaran aplikasi SIGNAL? Menurut admin sendiri pendaftaran aplikasi SIGNAL cukup ribet.

Tapi bisa ditoleransi, alasannya karena menyoal kepemilikan kendaraan dan kewajiban kita untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Jadi wajar cukup ribet, harus input banyak data. Bukan sekedar NIK saja. 

Canggihnya Integrasi Data Aplikasi SIGNAL 

Dilansir dari samsatdigital.id,  SIGNAL menggunakan Artificial Intellegent  untuk mengawasi dan menghimpun data kendaraan bermotor.

Kabarnya integrasi melibatkan 3 data besar. Yaitu data kendaraan bermotor dari POLRI, data Dindukcapil milik Kemendagri,  dan pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh Bapenda daerah masing-masing. 

Support bayar dengan berbagai metode

Kelebihan SIGNAL adalah menyediakan fitur pembayaran yang sangat lengkap.  Kamu bisa menggunakan transfer, e-wallet, bahkan minimarket. 

Kalau admin bilang apakah hal biasa seperti ini harus diapresiasi? Jawabannya  adalah IYA. Kenapa? Karena jarang sekali institusi pemerintah mau menggandeng swasta sekelas e-wallet atau minimarket. 

Penerbitan Dokumen Digital dan Pengiriman dokumen ke rumah 

Satu hal lain yang harus diapresiasi adalah proses penerbitan dokumen digital dan pengiriman dokumen ke rumah.

Setelah data dokumen digital keluar, maka selanjutnya adalah melakukan pembayaran.Pembayaran bebas dilakukan menggunakan cara apapun. 

Selanjutnya tinggal menunggu pengiriman dokumen ke rumah. Memang ekspedisi yang bsia dipilih hanya POS Indonesia. 

Bagi admin, Samsat Digital Nasional merupakan salah satu inovasi yang harusnya hadir 5 tahun yang lalu.