Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman membeli materai digital di Mekari

Pengalaman membeli materai digital di Mekari

Penamorf - Pandemi Covid-19 mengubah segalanya. Semua gaya hidup yang tadinya di dominasi dengan aktivitas luring (luar jaringan) menjadi daring (dalam jaringan). 

Sekolah yang tadinya harus datang di tempat, tiba-tiba berubah menjadi sekolah online yang membosankan. Semua terasa monoton. 

Aktifitas fisik sangat terbatas, keluar rumah  hanya sekedar membeli bahan pokok saja takutnya bukan main. 

Perubahan bukan hanya berubah dari aktifitas fisik, tapi adanya transformasi juga dalam pengiriman dokumen dan pengesahan dokumen.

Pertama mengenal Materai Digital 

Materai digital, awal mulanya mengenal jenis materai ini adalah saat pandemi covid sekitar 2020 pertengahan. 

Kala itu malas  pergi ke tempat fotocopy. Ya tahu sendiri, pasca pandemi semua bisnis hampir mati total kecuali bahan pokok seperti makanan. 

Jadi waktu itu iseng  cari di google pakai keyword "Materai Elektronik". Dan yang keluar dari pencarian keyword tersebut adalah materai digital  by Mekari.

Apakah Materai Digital itu  resmi dan sah ? 

Jawabannya adalah Ya, materai digital itu benar adanya dan tetap sah. Jadi bagi kamu pengguna materai digital , jangan khawatir karena tetap sah. 

Materai digital sendiri diatur dalam UU Nomor  10 Pasal 14 Tahun 2020 tentang Bea Materai. 

Definisi Materai Digital 

Materai Digital menurut PP no.86 tahun 2021 adalah materai yang dibubuhkan kepada dokumen elektronik dengan sistem tertentu.  Yang mana materai digital tidak memiliki bentuk fisik yang harus ditempel. 

Apa kelebihan Materai Digital ?

Berikut adalah beberaa benefit yang didapat dari menggunakan materai digital : 

  • Lebih Hemat
Yap Materai Digital bisa dibeli via smartphone ataupun web browser.  Kita tidak perlu keluar rumah, asalkan terkoneksi dengan internet, transaksi membeli materai elektronik bisa dilakukan. 

Beberapa pembayaran dengan e-wallet bahkan memberikan promo yang jumlahnya lumayan. Apalagi pembelian materai elektronik dalam jumlah besar. 
  • Kolaborasi Jarak Jauh 
Kelebihan lainnya adalah bisa melakukan kolaborasi jarak jauh. Ketika dokumen tersebut ditandatangani di atas materai lebih dari satu buah. 

Yang mana penandatangan terpisah jarak jauh, bila dilakukan secara konvensional tentu akan memakan waktu lama. Karena harus mengirim dokumen ke penandatangan dari satu ke selanjutnya.

Bila ditandatangani di atas materai secara digital, jarak antar benua sepertinya tidak akan menjadi masalah. 
  • Tidak bisa sembarangan dipalsukan 
Materai digital susah untuk dipalsukan. Hal ini dikarenakan menggunakan teknologi mutakhir. Pembeli bahkan bisa mengecek keabsahan melakui website perum peruri. 
  • Ramah Lingkungan 
Penggunaan kertas di era digital memang sedang dikurangi secara masif. Pelan tapi pasti catatan kuliah pun mulai beranjak ke arah penggunakan eletronik. 

Begitu pula materai. Materai digital bisa dibilang ramah lingkungan, karena mengurangi penggunaan tinta dan kertas. 
  • Pembelian yang praktis 
Pembelian materai deigital memang sangatlah praktris. Metode pembayar bisa dilakukan dengan berbagai cara. 

Mulai dari M-banking, e-wallet, QRIS, dan masih banyak lagi.  Bisa dilakukan dimanapun, kapanpun saat membutuhkan secara tiba-tiba. 

Alasan dan pengalaman membeli materai digital di Mekari 

Sebenarnya ada banyak tempat untuk bisa membeli materai digital. Ada dua opsi yang admin tahu, yaitu Mekari dan Privy. 

Namun setahu admin, membeli materai di Privy bisa dilakukan dengan catatan tertentu. Yaitu membeli materai dengan jumah tertentu dan dengan nama perusahaan. 

Membeli materai di Mekari sangatlah mudah. Pertama harus mendaftar akun, yang kedua  lakukan pembelian materai. Pilih atas nama individu. 

Setelah pembelian selelsai dengan pembayaran yang terkonfirmasi. Lalu upload dokumen dan masukan materai tadi dengan cara menyeretnya. Bubuhkan tanda tangan digital. 

Setelah itu tinggal unduh. Dokumen selesai ditandatangani di atas materai secara elektronik.