Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bedanya Bootcamp dan Video Learning, Worth It mana?

 

Bedanya Bootcamp dan Video Learning, Worth It mana?

Penamorf - Saat ini ada banyak sumber belajar yang bisa kita gunakan untuk upgrade skill.  Mulai dari ikut kursus secara offline dengan pergi ke tempat kursus, mengikuti pelatihan yang diadakan disnaker (dinas tenaga kerja), dan masih banyak lagi. 

Saat ini sumber belajar untuk improve skill  paling banyak diikuti oleh kalangan muda adalah melalui bootcamp dan melalui video learning. 

Keduanya  hampir mirip tapi pada dasarnya berbeda. Kesamaannya adalah diakses secara online dan  ketika peserta sudah menyelesaikan akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti pernah belajar dan memiliki skill tertentu. 

Sebagian besar skill yang diajarkan di bootcamp dan video learning adalah skill digital.  Sebut saja seperti programming, copywriting, design grafis,  dan skill digital lainnya.

Terus apa bedanya Bootcamp dan Video Learning? Berikut adalah detailnya : 

Pengertian Bootcamp dan Video Learning

Keduanya adalah sumber belajar. Video learning merupakan media yang digunakan untuk belajar berbagai skill secara digital. Biasanya dalam bentuk kelas online. Yang mana penggunanya harus membeli kelas tersebut dan baru bisa mengaksesnya secara online. 

Contoh video learning : Zenius.com; Ruangguru.com; Habiskerja.com; Udemy.com; dan lain-lain. 

Bootcamp merupakan media yang digunakan untuk mempelajari skill secara digital dengan akses langsung melalui daring seperti zoom meeting, google meet, dan platform lain. 

Contoh bootcamp :  Harisenin.com ; Revou ; Digital Skola; dan masih banyak lagi. 

Kelebihan Video Learning dibanding Bootcamp : 

Sama-sama diakses dengan internet. Video learning sebagian besar memiliki harga yang lebih miring bila dibanding dengan harga bootcamp. 

Banyak platform yang memiliki kelas dibawah 200 ribu. Dengan harga semiring itu, sudah bisa menambah skill dan juga sertifikat. 

Video learning bisa diakses secara lifetime. Jadi berlaku selamanya dan tidak terbatas aksesnya setelah kita membeli. 

Kelebihan Bootcamp dibanding Video Learning : 

Bootcamp memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan video learning .  Tapi menurut admin sendiri bootcamp sangat worth it . Meski lebih  mahal tapi banyak benefit yang didapart. Misalkan : 

1. Materi yang lebih update 

Bootcamp biasanya memiliki materi yang lebih fresh dibandingkan dengan video learning. Kita semua sendiri paham bahwa teknologi berkembang cepat. Terutama proggraming, digital marketing, design, dan lain-lain. 

Materi bootcamp selalu update dari waktu ke waktu. Sisanya tinggal diri kita yang inisiatif mencari perkembangan materi tersebut. 

2. Diajari dari mentor yang ahli

Latar belakang pengajar menurut admin sendiri cukup penting. Biasanya bootcamp mengadatangkan pengajar dari  paraktisi atau profesional. 

Contohnya beberapa waktu yang lalu admin mengikuti bootcamp SEO specialist dari Digital Skola. Digital Skola menggunakan pengajar SEO Specialist dari Tokopedia langsung. 

3. Mengerjakan project

Berbeda dengan video learning dimana kita tinggal menonton tanpa mengerjakan project. Bootcamp biasanya mewajibkan peserta untuk mengerjakan project. 

Yang mana project tersebut bisa dikerjakan secara individu ataupun kelompok. Project ini biasanya memiliki durasi pengerjaan lebih dari 2 minggu. 

Setiap tahapan project nanti dievaluasi hingga project tersebut selesai.  Dan project yang selesai itu bisa digunakan sebagai portofolio ketika melamar pekerjaan. 

4. Networking dengan teman satu tujuan 

Bootcamp merupakan tempat belajar yang dibilang cukup asik. Alasannya karena ada banyak kenalan baru yang sama-sama ingin belajar mengenai suatu bidang. 

Selain bisa networking dengan teman-teman. Bisa juga networking langsung dengan  mentor yang mana seorang profesional atau praktisi di perusahaan. 

5. Program disalurkan kerja 

Beberapa bootcamp menawarkan adanya kerjasama dengan perusahaan rekanan. Yang mana perusahaan rekanan akan menerima peserta bootcamp yang sudah menyelesaikan project bootcamp. 

Akan tetapi biasanya harga bootcamp dengan program penyaluran kerja harganya lebih mahal.  Namun kelebihannya bisa mendapatkan kesempatan magang atau kerja langsung. 


Nah itu dia bedanya bootcamp dan video learning. Keduanya sama-sama worthit. Tinggal menyesuaikan isi kantong. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.