Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Kenapa Kamu Susah Berkembang secara Finansial

5 Alasan Kenapa  Kamu Susah Berkembang secara Finansial

Penamorf -  Semakin dewasa maka hidup harus lebih mandiri. Mandiri dalam hal apapun, termasuk dalam hal finansial. 

Mandiri secara finansial  bukanlah hal yang mudah. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Diluar sana ada yang sudah mandiri secara finansial sedari dini. 

Memang privelege dan faktor lainnya sangat mendukung agar seseorang bisa mandiri secara finansial. Tapi pada dasarnya kembali lagi pada konsep kerja keras dan kerja cerdas. Siapapun yang bekerja dan tidak malas, maka uang bisa mengalir ke rekeningnya. 

Semakin dewasa ada target finansial juga yang ingin dicapai.  Hambatan finansial juga pasti datang. Yang mana bisa datang dari internal diri kita sendiri. Dan hambatan itu bisa menyebabkaan  diri kita susah berkembang secara finansial. 

Berikut adalah alasan kenapa kamu susah berkembang secara finansial : 

1.  Mengandalkan satu sumber income  

Sumber penghasilan bisa kita ibaratkan sebagai kran air yang mengalir.  Dimana air tersebut kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. 

Semakin dewasa, kebutuhan hidup tentunya semakin meningkat. Mulai dari melengkapi kebutuhan pokok, jalan-jalan, sampai transfer ke orang tua. 

Dan bagi sebagian orang tidak cukup mengandalkan satu sumber income . Maka dari itu mengandalkan satu sumber income bisa membuat kita susah berkembang secara finansial. 

Kamu bisa menambah sumber income dengan freelance, membangun bisnis, atau mengerjakan hal lainnya yang  bisa menambah income .

2. Menuruti nafsu dan boros

Gempuran iklan datangnya saat ini sudah dimana saja. Termasuk dari smartphone yang kita miliki. Buka sosmed isinya iklan, buka aps juga bisa isinya iklan. 

Bagi yang lapar mata dan tidak bisa menahan nafsu, pasti langsung checkout ini dan itu setelah gajian . Belanja tanpa  mengontrol diri, yang akhirnya berujung kantong kering. 

Uang yang harusnya  ditabung malah habis untuk menuruti gaya hidup yang konsumtif.  Untuk itu kontrol nafsu kita untuk membeli sesuatu.

3. Lupa untuk investasi 

Investasi adalah salah satu cara mengembangkan uang. Dan bisa dibilang rugi kalau hanya menabung di bank. Kenapa? Karena ketika uang yang hanya ditabung di bank. Maka uangnya akan habis kemakan biaya bank. 

Dengan investasi,  uang dingin yang diam bisa berkembang. Entah itu investasi di saham, obligasi, reksadana, emas. Yang penting sama-sama bisa menumbuhkan uang. 

Intinya jangan lupa untuk investasi, karena bila kelupaan berinvestasi uang akan tergerus inflasi. Tapi, sebelum berinvestasi, gali dulu informasi tentang investasi. 

4. Salah pilih gaya hidup 

Gaya hidup pada dasarnya merupakan kebiasaan hidup yang terus dilakukan berulang-ulang hingga akhirnya menjadi rutinitas yang sering dilakukan. 

Gaya hidup yang tidak sehat merupakan  salah satu penyebab dari sekian faktor penyebab susah berkembang secara finansial. 
 
Gaya hidup yang tidak sehat diantaranya makan junk food, tidak olahraga, dan masih banyak lagi. Yang mana berujung pada pengeluaran kesehatan dengan jumlah besar. 

5. Tidak punya target finansial

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang tidak bisa berkembang secara finansial adalah tidak punya target finansial sama sekali. 

Target finansial orang itu beda-beda.  Bisa pertahun, per 5 tahun, bahkan perbulan juga ada. Setiap target bisa dikerjar dan diusahakan satu persatu

Orang yang tidak punya target finansial, sama saja bunuh diri. Kenapa? Karena tidak ada target untuk maju secara finansial. 

Yap itu dia 5 alasan kenapa kamu susah berkembang secara finansial.  Harapannya dengan adanya artikel ini, kamu jadi tahu bahwa memperjuangkan kondisi finansial yang lebih baik punya perjuangan. 

Salah satunya menghindari kelima hal tadi diatas.